Mohon tunggu...
Dewi Putri
Dewi Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobby shopping,konten favorit tentang makanan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Perkembangan Sosial yang Dikemukakan Howard Gardner Tentang Multiple

13 November 2024   15:53 Diperbarui: 14 November 2024   11:50 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori Perkembangan Sosial Howard Gardner tentang Multiple Intelligences mengacu pada konsep bahwa kecerdasan manusia tidak hanya terbatas pada kemampuan kognitif atau intelektual yang diukur oleh tes IQ tradisional, melainkan terdiri dari berbagai jenis kecerdasan yang mencakup berbagai aspek kehidupan sosial, emosional, dan praktis. Gardner mengemukakan teori ini pertama kali pada tahun 1983 dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences.

Multiple Intelligences menurut Howard Gardner

Menurut Gardner, setiap individu memiliki berbagai jenis kecerdasan yang bekerja secara independen namun saling terkait. Teori ini mengusulkan setidaknya delapan kecerdasan utama, yang masing-masing berhubungan dengan cara-cara berbeda dalam memahami dunia dan berinteraksi dengan orang lain. Berikut adalah delapan kecerdasan yang dikemukakan oleh Gardner:

1. Kecerdasan Linguistik (Verbal-Linguistic Intelligence)

Kemampuan untuk menggunakan kata-kata dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini terlihat pada orang-orang yang pandai berkomunikasi, menulis, atau mendengarkan.

2. Kecerdasan Logis-Matematis (Logical-Mathematical Intelligence)

Kemampuan untuk berpikir secara logis, memecahkan masalah, dan bekerja dengan angka atau konsep matematis. Ini adalah jenis kecerdasan yang paling dihargai dalam tes IQ tradisional.

3. Kecerdasan Spasial (Spatial Intelligence)

Kemampuan untuk memahami dunia visual dan ruang. Orang dengan kecerdasan ini cenderung mahir dalam menggambar, merancang, atau orientasi ruang.

4. Kecedasan Musik (Musical Intelligence)

Kemampuan untuk memahami, menciptakan, atau mengapresiasi musik. Ini termasuk kemampuan untuk mendengarkan, menyusun melodi, atau mengenali pola suara.

5. Kecerdasan Kinestetik (Bodily-Kinesthetic Intelligence)

Kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan terampil, baik dalam kegiatan fisik, olahraga, atau dalam keterampilan manual.

6. Kecerdasan Interpersonal (Interpersonal Intelligence)

Kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Ini termasuk kemampuan untuk mengenali perasaan, motivasi, dan kebutuhan orang lain serta bekerja dengan mereka dalam tim.

7. Kecerdasan Intrapersonal (Intrapersonal Intelligence)

Kemampuan untuk memahami diri sendiri, termasuk perasaan, motivasi, dan tujuan pribadi. Orang dengan kecerdasan ini cenderung reflektif dan memiliki kesadaran diri yang tinggi.

8. Kecerdasan Naturalis (Naturalistic Intelligence)

Kemampuan untuk memahami dunia alam dan berinteraksi dengan lingkungan alam. Ini termasuk kemampuan untuk mengenali pola dalam alam, seperti dalam hal flora, fauna, dan fenomena alam.

Tujuan dan Fungsi Teori Multiple Intelligences:

1. Meningkatkan Pemahaman Tentang Keberagaman Kemampuan Manusia

Teori Multiple Intelligences membantu kita memahami bahwa setiap individu memiliki potensi yang berbeda dalam berbagai bidang. Ini menantang pandangan tradisional yang hanya mengukur kecerdasan melalui tes IQ atau kemampuan akademik saja.

2. Memberikan Pendekatan Pendidikan yang Lebih Inklusif

Dalam konteks pendidikan, teori ini mendorong guru untuk menghargai berbagai jenis kecerdasan yang ada pada setiap siswa dan memberikan pembelajaran yang disesuaikan dengan kekuatan mereka. Misalnya, seorang siswa dengan kecerdasan musik dapat belajar lebih efektif dengan menggunakan alat musik atau melodi.

3. Mendorong Pengembangan Potensi Secara Holistik

Teori ini menekankan pentingnya mengembangkan seluruh aspek kecerdasan manusia, tidak hanya keterampilan kognitif tetapi juga keterampilan sosial, emosional, dan fisik. Ini berfungsi untuk memberikan lebih banyak ruang bagi individu untuk berkembang sesuai dengan bakat atau kecerdasan mereka.

4. Membantu Meningkatkan Interaksi Sosial dan Emosional

Kecerdasan interpersonal dan intrapersonal sangat penting dalam pengembangan hubungan sosial. Kecerdasan interpersonal memungkinkan individu berinteraksi dengan baik dalam kelompok sosial, sementara kecerdasan intrapersonal membantu mereka memahami diri mereka sendiri, yang keduanya sangat penting dalam perkembangan sosial dan emosional.

5. Mengadaptasi Pendidikan pada Kebutuhan Anak

Teori ini mendorong pendekatan pendidikan yang lebih personal dan fleksibel, yang mengakui bahwa setiap anak belajar dengan cara yang berbeda. Pendekatan berbasis Multiple Intelligences mengajak pendidik untuk mengenali kekuatan siswa dan menyesuaikan metode pengajaran dengan kecerdasan yang dominan pada individu tersebut.

Aplikasi dalam Kehidupan Sosial dan Pendidikan

Pendidikan: Pendekatan ini telah diterapkan dalam kelas untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih beragam dan menarik, dengan menggunakan berbagai alat, metode, dan pendekatan yang beragam untuk mengakomodasi berbagai jenis kecerdasan siswa.

Pekerjaan: Dalam dunia kerja, teori Multiple Intelligences juga dapat membantu organisasi mengenali beragam kecerdasan yang dimiliki karyawan mereka, yang memungkinkan penempatan pekerjaan yang lebih sesuai dengan kekuatan dan keahlian masing-masing.

Kesimpulan

Teori Multiple Intelligences yang dikemukakan oleh Howard Gardner memperkenalkan pandangan bahwa kecerdasan manusia lebih luas daripada yang tercermin dalam tes IQ tradisional. Dengan mengenali dan menghargai beragam bentuk kecerdasan, teori ini tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan pemahaman kita tentang individu, tetapi juga dapat mengubah cara kita mendekati pendidikan dan interaksi sosial di masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun