6.Teori Belajar Sosial Albert Bandura.
Teori Belajar Sosial Albert Bandura adalah sebuah konsep yang menjelaskan bagaimana manusia belajar melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain. Teori ini menekankan pentingnya proses kognitif dalam pembelajaran, di mana individu tidak hanya secara pasif menerima informasi, tetapi juga secara aktif memproses dan menginterpretasikannya.
-Konsep Utama:
 * Pembelajaran Observasional: Inti dari teori ini adalah kita belajar dengan mengamati perilaku orang lain, terutama mereka yang kita anggap sebagai model yang baik. Contohnya, anak-anak belajar berbicara dengan meniru orang dewasa di sekitarnya.
 * Proses Mediasi: Antara stimulus dan respons, terdapat proses kognitif yang melibatkan perhatian, retensi, reproduksi, dan motivasi.
 * Peran Model: Model adalah individu yang perilakunya diamati dan ditiru. Model dapat berupa orang tua, guru, teman, atau tokoh publik.
 -Empat Proses Pembelajaran Observasional:
  * Perhatian: Individu harus memperhatikan perilaku model agar dapat ditiru.
  * Retensi: Perilaku yang diamati harus diingat agar dapat ditiru di kemudian hari.
  * Reproduksi: Individu harus memiliki kemampuan untuk mereproduksi perilaku yang diamati.
  * Motivasi: Individu harus memiliki motivasi untuk melakukan perilaku tersebut.
-Implikasi Teori:
 *Pendidikan: Teori ini memiliki implikasi yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru dapat menjadi model yang baik bagi siswa dan menggunakan teknik pembelajaran yang melibatkan pengamatan dan peniruan.
 *Periklanan: Iklan sering menggunakan model yang menarik untuk mempengaruhi perilaku konsumen.
 * Psikologi Klinis: Teori ini digunakan untuk memahami dan mengatasi berbagai masalah psikologis, seperti agresivitas dan fobia.
-Contoh Penerapan:
 * Anak-anak belajar berbagi mainan dengan mengamati teman-temannya yang berbagi.
 * Remaja belajar cara berpakaian dengan mengikuti tren yang ada.
 * Karyawan baru belajar tugasnya dengan mengamati rekan kerja yang lebih berpengalaman.Teori belajar sosial Albert Bandura menyatakan bahwa manusia belajar melalui observasi dan pemodelan, yaitu dengan mengamati dan meniru perilaku orang lain. Teori ini juga dikenal sebagai teori kognitif sosial.
Teori ini menjelaskan bahwa perilaku manusia dipengaruhi oleh interaksi antara lingkungan, kognitif, dan perilaku. Perilaku yang terbentuk pada seseorang dipengaruhi oleh perilaku yang ditampilkan oleh tokoh-tokoh di sekitarnya.
Berikut ini adalah beberapa hal yang dijelaskan dalam teori belajar sosial Albert Bandura:
- Belajar merupakan kegiatan aktif yang dilakukan dengan sengaja.Â
- Belajar dapat terjadi melalui observasi dan pemodelan.Â
- Belajar tidak hanya terjadi di lingkungan tertentu, tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari.Â
- Perilaku yang ditampilkan oleh tokoh-tokoh di sekitar seseorang akan memengaruhi perilaku yang terbentuk pada dirinya.Â
- Perhatian, motivasi, sikap, dan emosi merupakan faktor-faktor yang memengaruhi kemungkinan seseorang meniru perilaku orang lain.Â
- Perilaku manusia tidak hanya dipengaruhi oleh stimulus respon (S-R).
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI