Mohon tunggu...
Dewi Lestari
Dewi Lestari Mohon Tunggu... Penulis - Writing Enthusiast

Lulus sebagai sarjana pendidikan ekonomi yang menyukai kegiatan menulis. Penyuka drama Korea dan mengikuti berita seputar perekonomian.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Pengalaman Baru, Terheran-Heran Saat Pertama Kali Bekerja di Startup

1 Maret 2023   15:03 Diperbarui: 1 Maret 2023   15:05 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Bekerja di Starup - Sumber: Pixabay.com

Saya adalah seorang perantau dari Bandung untuk mencari pekerjaan di Jakarta. Akhir Januari 2019, kontrak kerjaku di perusahaan penerbitan di Bandung selesai. 

Saya langsung bergerilya mencari lowongan pekerjaan, apapun itu asal bekerja. Kurang lebih dua minggu menganggur sembari mencari-cari pekerjaan.

Akhirnya saya menerima panggilan tes dan interview di salah satu startup di Jakarta.

Pergilah saya ke Jakarta menggunakan jasa travel. Tepat jam 10 pagi, aku langsung melakukan tes tulis.

Karena mengetahui saya berasal dari luar kota, kantor tersebut langsung menyelesaikan proses seleksi di hari yang sama.

Setelah menyelesaikan tes tertulis, saya langsung diwawancarai oleh 4 orang user secara bergantian.

Selesai mengikuti rangkaian proses rekrutmen, sore tersebut saya kembali ke Bandung.

Beberapa hari kemudian, saya menerima email berupa offering letter yang berisikan tawaran bekerja dengan sistem kontrak 6 bulan dan gaji yang sudah ditentukan.

Setelah berkonsultasi bersama keluarga, akhirnya saya diizinkan untuk merantau di Jakarta dan menerima offering letter tersebut.

Hari pertama bekerja di Jakarta lumayan menegangkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun