Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ojek Wisata Kawan bagi Pelancong Solo

19 Oktober 2019   00:20 Diperbarui: 19 Oktober 2019   00:31 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menyusuri kompleks Tamansari (dokpri)

Ada tidak enaknya menjadi pelancong solo. Minusnya itu salah satunya soal transportasi. Mau sewa mobil sendiri mahal, tapi gonta-ganti angkutan umum juga kurang fleksibel dan boros waktu. Untunglah aku mendapat bantuan menemukan solusinya oleh seorang kompasianer. Solusinya, sewa ojek wisata.

Ketika ada konferensi di Yogyakarta, aku terpaksa harus berangkat sendirian. Jumlah cuti pasangan sudah tinggal sedikit dan pekerjaan di kantornya sedang sibuk-sibuknya. Akhirnya aku melakukan perjalanan solo.

Agar tak jenuh mengikuti konferensi dan mumpung acaranya di Yogyakarta, maka aku berencana di sela-sela waktu acara untuk berwisata ke sekitaran Yogya. Awalnya aku ingin menggunakan jasa ojek daring. Tapi kemudian aku ragu, bagaimana jika ketika hendak balik dari lokasi wisata, ojek daring itu susah dijumpai atau malah susah sinyal. Sementara, angkutan umum di sekitar tempat wisata di Yogya umumnya terbatas.

Aku pun kemudian bertanya ke kompasianer Yogya. Yang langsung kuingat adalah Pak Ang Tek Khun yang beberapa kali bertemu di Jakarta. Beliau merekomendasikan ojek wisata agar aku bisa lebih fleksibel kemana-mana. Ojek wisata juga relatif aman bagi wisatawan perempuan. Ia kemudian memberiku beberapa pilihan operator. Setelah memeriksa jenis layanan dan tarifnya, maka aku pun memilih salah satu operator ojek wisata.

Ya, dengan waktuku yang tak banyak di Yogya maka aku pun menggunakan jasa ojek wisata. Sebelum giliranku tampil sebagai salah satu pemakalah di sebuah konferensi, maka aku pun mengunjungi obyek wisata yang tak jauh dari Bandara Adi Sucipto.

Di dekat bandara pilihan obyek wisatanya ada banyak, terutama candi-candi. Di antaranya ada Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Ijo, Tebing Breksi dan Situs Ratu Boko. Akhirnya aku memilih Candi Ijo dan Ratu Boko dan singgah sejenak ke Tebing Breksi.

Dari bandara menuju Candi Ijo hanya sekitaran 30 menit. Setelah puas melihat-lihat dan mengambil gambar di kompleks Candi Ijo (ceritanya di sini) maka kendaraan roda dua membawaku ke Situs Keraton Ratu Boko. Mumpung masih pagi dan agak sepi maka aku bisa lebih bebas menyusuri.

Situs Keraton Ratu Boko dekat dengan Tebing Breksi (dokpri)
Situs Keraton Ratu Boko dekat dengan Tebing Breksi (dokpri)

Rata-rata pengunjung hanya berfokus pada gapura. Banyak yang asyik berfoto-foto di gapura tersebut. Jarang wisatawan muda yang menjelajah hingga ke gua dan tempat lainnya.

Di bagian paseban ada belasan pekerja yang sibuk melakukan perbaikan. Aku jadi punya teman. Pasalnya sebelah kanan gapura menuju pendopo hingga di sekitar gua begitu sepi.

Ya, setelah lelah berkeliling maka aku pun siap mengikuti konferensi di kampus UGM. Setelah mengikuti beberapa sesi konferensi dan usai menyampaikan hasil penelitianku, maka aku kembali dijemput pengemudi ojek wisata yang ternyata baru kuketahui namanya Rusdi. Saat itu cuaca di Yogya begitu terang dan panas sehingga agak menguras tenaga sehingga kami berangkat agak sore. Akhirnya aku memilih jalan-jalan menyusuri lorong-lorong Tamansari.

Cerita pemandu wisatanya cukup panjang dan lama selama berkeliling kompleks Tamansari. Aku sampai berkeringat karena hawanya yang gerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun