Salah satu usaha yang dituntut untuk lincah dan tangkas dalam menghadapi berbagai perubahan adalah perbankan. Selama lima tahun terakhir perbankan di Indonesia rajin berinovasi agar tetap eksis. Bank Ganesha pun paham akan perubahan kebutuhan masyarakat tersebut. Aplikasi mobile bernama Bangga pun jadi jawabannya, sebuah aplikasi yang bukan sekedar memberikan layanan perbankan, melainkan juga lifestyle. Oleh karena perbankan masa kini adalah bagian dari lifestyle.
Jasa perbankan selalu menarik untuk diamati karena usaha ini sangat dinamis, termasuk di Indonesia. Cara perbankan dalam menggaet calon nasabah dulu dan kini tentunya berbeda. Kebutuhan masyarakat terhadap perbankan pada sepuluh tahun lalu dan zaman milenial ini juga terasa perbedaannya.
Sebelum penetrasi internet yang mudah dan cepat di Indonesia, bank-bank mengandalkan kantor cabang yang tersebar dimana-mana dan juga keberadaan anjungan tunai mandiri (ATM) yang banyak. Mereka pun banyak berinvestasi di sana. Ada rasa bangga bagi sebuah bank jika ATM-nya mudah ditemui dimana-mana. Namun, perkembangan teknologi informasi komunikasi (TIK) dan penetrasi internet cepat mengubah semuanya dalam waktu cepat.
Setelah era internet cepat maka bermunculan internet banking. Dengan mengetik alamat e-banking maka nasabah sebuah bank tidak perlu lagi mengantri panjang di counter bank. Cukup dengan klik, klik, klik, maka uang pun terkirim dengan cepat. Beli pulsa, bayar tagihan listrik, bayar biaya pendidikan pun semuanya cukup dengan sambungan internet dan alamat e-banking.
Pada era internet banking, pola perilaku masyarakat mulai berubah, terutama di kalangan usia 25-40 tahun, yang kegiatannya di kantor sering terpapar dengan internet. Namun pada masa-masa awal penggunaan internet banking, kebutuhan untuk mengambil uang tunai di ATM masih besar dan sering. Aku dulu biasanya mengambil uang seminggu sekali terutama pada Jumat sore untuk kebutuhan seminggu ke depan.
Pesaing bank masa kini bukan hanya bank-bank yang teknologinya canggih, melainkan juga fintech yang jumlahnya makin banyak meski aturannya belum fix. Kini tak penting lagi punya banyak kantor cabang dan ATM dimana-mana. Â Masyarakat perlu bank yang mampu memberikan layanan lewat ponsel kesayangannya. Agar sebuah bank eksis maka layanan perbankan saja tak cukup. Aplikasi mobile juga dituntut mampu memenuhi lifestyle penggunanya seperti Bangga dari Bank Ganesha yang dirilis resmi pada 3 April 2018.
Bank Ganesha patut berbangga dengan pencapaiannya meraih penghargaan Indonesia Excellent Quality Award 2018 untuk kategori The Most Improvement Banking in Service & Customer Satisfaction serta Indonesia Information & Technology Award - I - 2018 untuk kategori Platinum dan The Big 10. Penghargaan ini membuktikan bahwa bank Ganesha sadar dan paham bagaimana memanfaatkan teknologi infomasi untuk meningkatkan layanannya dan mendekatkan diri ke nasabahnya.
Coba dulu yuk apps Bangga!
Tak kenal maka tak sayang. Ehm saya tak serta-merta percaya dengan keunggulan aplikasi mobile yang dipromosikan tersebut. Cara terbaik adalah dengan langsung mencobanya.
Oke tak lama aplikasi ini pun berhasil diunduh dan terinstal. Desain aplikasinya lumayan oke dengan unsur warna jingga cerah dan penataan layout-nya yang ramah di mata.
Saya pun menjelajah fitur-fiturnya. Fitur utamanya adalah 'G-Online', 'G-Money', 'Feed', 'Games', 'Contact Us', dan 'Info'. 'G-Online' berkaitan dengan transaksi perbankan dan hanya bisa digunakan oleh mereka yang telah menjadi nasabah dan sudah melakukan aktivasi. 'G-Money' merupakan layanan untuk mempermudah aktivitas sehari-hari dengan ponsel, seperti makan di restoran, belanja dan sebagainya (uang elektronik).Â
Menurutku fitur-fiturnya oke. Aku jadi tertarik untuk menjadi nasabahnya. Apalagi cara pendaftarannya mudah dan tidak harus datang ke kantor cabang. Calon nasabah hanya perlu mengisi formulir pendaftaran dan menyiapkan dokumen seperti kartu identitas. Petugas Bank Ganesha kemudian akan menghubungi dan melakukan janji pertemuan untuk melakukan verifikasi pendaftaran tersebut. Apalagi saat ini sedang ada promo, ada hadiah berupa tumbler dan voucher belanja untuk menjadi nasabah baru.
Oh ya Bank Ganesha ini baru saja merayakan ulang tahun yang ke-26. Bank ini berdiri pada 30 April 1992. Saat ini Bank Ganesha memiliki kantor cabang di Jakarta, Tangerang, Medan dan Surabaya. Bank dengan tagline Everyday Bank ini terdaftar dan diawasi oleh OJK.
Mau hidupmu berubah dengan Bangga?Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H