Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Konsultan - Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, dan nonton film unik. Juga nulis di blog: https://dewipuspasari.net; www.keblingerbuku.com; dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Usia Makin Matang, Pelni Andalkan Wisata

9 Mei 2018   09:35 Diperbarui: 9 Mei 2018   09:52 495
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Naik kapal laut di dalamnya ada tempat tidur yang berjajar. Kurang privasi sih, sebaiknya ada tutupnya (dokpri)

Saat  ini posisi kapal laut sebagai mode transportasi telah melewati masa  kejayaannya. Dengan semakin banyaknya armada pesawat terbang dan godaan  promo tiket pesawat murah maka masyarakat, terutama generasi muda, makin  kurang tertarik dengan berlayar. Bahkan, nama Pelni sendiri bisa jadi  makin asing di telinga kalangan milenial dan generasi Z. Lantas apa yang  harus dilakukan Pelni agar tetap bertahan dan dibutuhkan masyarakat?

Belasan  tahun silam aku beberapa kali mendengar cerita dari bibiku tentang  pengalamannya naik kapal berhari-hari dari Kalimantan menuju Surabaya.  Menurutku ceritanya sungguh seru karena aku sendiri belum pernah melihat  kamar dan tidur di kamar yang ada di kapal. Meskipun berhari-hari ia  tak bosan selama perjalanan melaut dan tak mabuk laut.

Aku  mendengar cerita itu dengan kagum. Benakku melalang buana, membuang  bayangan tentang betapa sengsaranya bibiku  tidur berhimpitan di  geladak, kemudian berimajinasi tentang bibiku yang asyik di kamar di  kapal menonton teve, lalu ketika bosan ia pun membuat catatan  perjalanan.

Kapal yang pernah kutumpangi waktu masih kecil hanya  kapal penyeberangan dari Surabaya menuju pulau Madura. Kapal kami  berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak menuju Pelabuhan Kamal,  Bangkalan. Tidak ada kasur, tidak ada kamar, hanya bangku-bangku di  geladak. Selama kurang dari satu jam aku bersyukur tidak mabuk laut dan  muntah-muntah seperti yang dialami beberapa kawanku. Mungkin aku punya  bakat tidak mudah mabuk laut sehingga suatu saat bisa menikmati  perjalanan seperti yang dialami bibiku, naik kapal berhari-hari  mengarungi lautan menuju pulau-pulau yang eksotis.

Naik kapal laut di dalamnya ada tempat tidur yang berjajar. Kurang privasi sih, sebaiknya ada tutupnya (dokpri)
Naik kapal laut di dalamnya ada tempat tidur yang berjajar. Kurang privasi sih, sebaiknya ada tutupnya (dokpri)
Hingga  aku dewasa, perjalanan dengan menggunakan mode transportasi laut minim  kulakukan jika dibandingkan dengan transportasi udara, apalagi dengan  transportasi  darat. Salah satu perjalanan dengan kapal laut yang  kukenang adalah menuju kepulauan Karimunjawa. Memang perjalanannya cukup  lama jika dibandingkan dengan naik pesawat terbang, namun kenangannya  terendap di memoriku dan menjadi sebuah cerita.

Perjumpaanku  dengan PT Pelni (Persero) kembali terjadi dua tahun lalu. Saat itu aku  bersama Click, komunitas terkait transportasi umum Kompasiana diundang  buka bersama oleh Pelni. Kami diperkenalkan dengan KM Kelud yang besar  dan fasilitasnya bikin aku pengin untuk berlayar bersamanya. Di dalamnya  ada kamar-kamar nyaman seperti yang diceritakan oleh bibiku. Selain itu  juga ada restorasi, mini bioskop dan hiburan lainnya sehingga tak bakal  bosan untuk berlayar. Sayangnya aku belum ada kesempatan dan rencana  untuk menikmati liburan dengan berlayar.

Benarkah Kejayaan Pelni Telah Sirna?

Coba  tanya ke beberapa rekan kerjamu yang berasal dari luar Jawa. Naik  apakah ia pulang ke kampung halaman? Sebagian besar mungkin akan  menjawab bakal naik pesawat terbang. Lebih cepat dan terkadang lebih  murah jika dibandingkan dengan mode transportasi darat dan laut.  Namun  bukan berarti peminat kapal laut telah hilang sama sekali.

Kemunduran Pelni terjadi sejak memasuki tahun 2000-an. Dari tahun 2002 menuju tahun 2003 penumpang merosot sebanyak satu juta.  Angka penurunan yang signifikan.  Padahal pada tahun 2000, tercatat  Pelni masih mengangkut 8 juta penumpang. Pada tahun 2004 kisaran  penumpang kembali menurun, menjadi sekitar 4 juta penumpang. Setelah itu  Pelni terus berupaya bertahan. Pada tahun 2016 Pelni hanya mengangkut 3,5 juta penumpang, angka yang sangat kecil jika dibandingkan penumpang pesawat terbang yang mencapai 83 juta penumpang.

Menyikapi  semakin banyaknya warga yang berpindah ke lain hati ke mode  transportasi udara, Pelni tetap optimis dan melakukan berbagai strategi.  Ia melakukan pendekatan ke instansi pemerintah, swasta, dan BUMN  seperti mengadakan mudik gratis bekerja sama dengan BUMN. Kegiatan ini  mendapat animo positif dari masyarakat. Tahun ini Pelni bekerja sama  dengan 7 BUMN membagikan sekitar 2000 tiket mudik gratis dari Jakarta ke  Surabaya.

Pelni memilki restorasi yang cantik dan bisa disulap jadi tempat rapat atau resepsi pernikahan (dokpri)
Pelni memilki restorasi yang cantik dan bisa disulap jadi tempat rapat atau resepsi pernikahan (dokpri)
Pelni  juga kemudian menyasar ke bisnis pariwisata. Paket-paket menarik  dikembangkan selama perjalanan berlayar. Paket menarik tersebut di  antaranya rapat di atas kapal (meeting on board), tour on ship, venue pre-wedding, dan belajar di atas kapal (study on board).   Rapat di atas kapal cukup diminati oleh kalangan BUMN karena selain  rapat mereka mendapat pengalaman unik. Selama perjalanan kapal juga akan  berlabuh ke beberapa pelabuhan sehingga sambil rapat juga bisa berlibur  dengan cara berbeda.

Saat ini Pelni juga bekerja sama dengan  Garuda untuk paket wisata ke Karimunjawa. Pelni juga punya program  wisata menarik bekerja sama dengan penduduk lokal untuk paket wisata  seperti ke Wakatobi, Raja Ampat, Banda Neira dan pulau Komodo.

Promosinya Masih Kurang Gencar dan Tepat Sasaran

Saya  termasuk yang suka jalan-jalan dan mencobai hal-hal baru. Promo paket  wisata yang ditawarkan oleh Pelni ini sungguh menarik karena memberikan  sebuah pengalaman tersendiri bagi mereka yang benar-benar suka  mengeksplorasi hal-hal baru. Namun, sayangnya promosinya kurang gencar  dan terasa kurang tepat sasaran.

Saat ini bisnis wisata sangat  menjanjikan. Banyak netizen yang memajang foto-foto travelingnya ke  instagram dan media sosial lainnya. Intinya jalan-jalan itu sudah jadi  gaya hidup. Sehingga dengan strategi Pelni untuk membidik pariwisata,  terutama wisata bahari itu sudah tepat, namun perlu pendekatan yang  lebih baik dan lebih tepat sasaran.

Isi instagram Pelni masih kurang tertata dan lebih banyak acara seremonial (sumber: instagram.com/pelni162)
Isi instagram Pelni masih kurang tertata dan lebih banyak acara seremonial (sumber: instagram.com/pelni162)
Ketika  saya melihat instagram Pelni yang memiliki akun @pelni162 terasa kurang  menarik. Tidak banyak info tentang Pelni dan paket wisata yang  ditawarkan, lebih banyak acara korporasi yang formal. Akun facebooknya  juga standar, pendekatan ke pembacanya kurang terasa personal.  Begitu  juga dengan situs resmi Pelni. Layout-nya kurang tertata dan  desainnya kurang menarik. Isi kontennya juga standar. Sebaiknya Pelni  juga memiliki situs pemesanan tiket yang mudah digunakan dan menarik,  seperti yang dimiliki oleh armada pesawat dan kereta api.

Pendekatan  juga bisa diubah. Selain ke BUMN dan institusi swasta atau pemerintah,  Pelni juga bisa membidik komunitas traveler yang banyak tersebar di  tanah air. Pelni juga bisa mengadakan acara menarik seperti konser di  atas kapal, lomba masak atau fashion show di atas kapal, atau festival seni di atas kapal. Tentunya hal tersebut akan mengundang perhatian banyak kalangan.

Hemmm  jadi pengin suatu saat bisa ikut kembali melaut bersama Pelni. Sangat  disayangkan jika sebagai penduduk dari negeri kepulauan tapi jarang  berlayar. Lagu Nenek Moyangku Seorang Pelaut bisa-bisa tergusur karena anak cucunya semakin enggan melaut.

Promo wisata seperti ini sebaiknya lebih menyasar ke komunitas traveler agar lebih efektif (sumber: situs pelni)
Promo wisata seperti ini sebaiknya lebih menyasar ke komunitas traveler agar lebih efektif (sumber: situs pelni)
*Anggota Persatuan Penulis Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun