Best Practice Praktik Pembelajaran 2 (PPG Daljab) Layanan Bimbingan Kelompok dengan Metode HomeRoom, Tema Membangun Rasa Percaya Diri pada Siswa Kelas X SMKN 1 Kalibagor
Tujuan Umum :
Peserta didik mampu menjadi individu yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi
Tujuan Khusus:
- Peserta didik dapat  menyimpulkan pentingnya membangun rasa percaya diriÂ
- Peserta didik dapat menunjukan ciri-ciri pribadi yang memiliki rasa percaya diri
- Peserta didik mampu mengembangkan perilaku percaya diri
Latar Belakang Masalah
Peserta didik menuturkan merasa malu karena belum mampu mengikuti materi yang disampaikan atau kurang memahami materi. Disisi lain peserta didik juga malu jika ingin bertanya kepada guru terhadap materi yang sulit karena takut dianggap bodoh oleh teman-teman sekelasnya.
     Berdasarkan latarbelakang masalah diatas, akar penyebab masalah yang muncul adalah peserta didik kurang percaya diri. Sehingga penulis melakukan analisis terhadap akar penyebab masalah melalui Analisis kebutuhan peserta didik (AKPD) terhadap kelas X yang menjadi kelas bimibingan penulis. Hasilnya ditemukan 4-8 peserta didik tiap kelas mengaku belum bisa menyesuaikan diri/adjusmnet dengan lingkungan kelasnya.
    Dari hasil AKPD diatas dan kajian literatur, akhirnya penulis memilih layanan bimbingan kelompok dengan topik membangun rasa percaya diri.
Mengapa praktik ini penting
Pada usia remaja peserta didik sudah harus memiliki pemahaman mengenai pentingnya rasa percaya diri, mengetahui manfaat percaya diri , ciri-ciri rasa percaya diri sehingga peserta didik mampu meningkatkan rasa percaya disi sehingga dapar beradaptasi dengan baik dilingkungan yang baru.
Yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini adalah