1. Latar Belakang Proyek
Proyek Ring Road III adalah bagian dari Manado Outer Ring Road (MORR), bertujuan menghubungkan Kalasey dan Winangun sepanjang 11 km. Dibiayai oleh APBN, proyek ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan dan meningkatkan aksesibilitas.
2. Manfaat dan Dampak Ekonomi
Meskipun proyek ini menjanjikan manfaat ekonomi, seperti kemudahan transportasi dan pengembangan kawasan, terdapat potensi ketimpangan dalam distribusi manfaat tersebut.
3. Pendekatan Teori Konflik
Menurut Karl Marx, analisis ini menunjukkan bahwa pembangunan infrastruktur seringkali menguntungkan kelompok tertentu, terutama kapitalis, sementara mengabaikan masyarakat lokal.
Pembebasan Lahan: Masyarakat yang terkena dampak pembebasan lahan tanpa kompensasi yang memadai dapat merasakan ketidakadilan. Hal ini menciptakan ketegangan antara pemerintah dan warga.
Gentrifikasi: Pembangunan infrastruktur dapat meningkatkan nilai properti, yang seringkali membuat warga berpenghasilan rendah terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka.
4. Ketimpangan Sosial
Proyek ini berpotensi memperburuk ketimpangan sosial, dengan menciptakan jurang antara yang diuntungkan (misalnya, pengembang dan investor) dan yang dirugikan (masyarakat lokal). Konflik sosial bisa muncul akibat perasaan ketidakadilan dan ketidakpuasan dari warga yang merasa hak-hak mereka terabaikan.