Tujuan pengadaan pembuatan tugas Media Mading Taktil 3D yakni agar peserta didik dapat merealisasikan, mengeksplorasi materi di luar teori pembelajaran. Peserta didik dapat mengkreasikan serta berimajinasi dan berinovasi dalam karyanya maupun media sehingga hal ini dapat digunakan sebagai sarana edukasi dengan mereka dapat lebih menguasai cakupan pada materi geografi. Selain itu karena pengerjaan berkelompok tujuan pembuatan mading 3D ini adalah untuk menumbuhkan rasa bekerja sama antar peserta didik, bertoleransi terhadap perbedaan pendapat maupun ide, bertukar informasi terkait materi dan melatih keterampilan.Â
Pembuatan mading taktil 3D berkelompok mendapatkan respon positif terutama dari guru pamong geografi sendiri. Dikarenakan kegiatan ini fokus terhadap kegiatan peserta didik itu sendiri, mulai dari pengerjaan hingga hasil yang di dapat juga kembali ke peserta didik baik ditinjau dari segi pemahaman materi, teori, hingga cara berpikir siswa. Selain itu juga karena termasuk pembelajaran yang menyenangkan dengan melakukan eksplorasi kegiatan selain materi saja.Â
Mading 3D sebagai bentuk dari media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru dan peserta didik. Dengan adanya media pembelajaran yang menarik, serta interaktif mampu meningkatkan minat belajar peserta didik. Mading 3D dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran apapun contohnya mata pelajaran geografi. Seperti yang telah dilakukan oleh siswa kelas 10 MAN Kota Batu, Â pada mata pelajaran geografi mereka membuat mading 3D dengan bertemakan "Dinamika Atmosfer". Pada proses pembuatan mading 3D, dalam satu kelas siswa dibagi menjadi 4 kelompok dengan 7-9 anggota. Masing-masing kelompok membuat mading 3D dengan berbagai judul mulai dari cuaca, iklim, lapisan atmosfer dan unsur-unsur cuaca.
Siswa dapat membuat mading 3D dari berbagai pilihan bahan seperti; styrofoam, kardus, dan juga karton. Bahan-bahan tersebut mereka bentuk sesuai kreatifitas dengan memberikan warna dan ornamen-ornamen yang mendukung. Bahkan beberapa dari mereka juga menggunakan bola sebagai ilustrasi dari bentuk bumi. Selain menambahkan ornamen, mereka juga memberikan keterangan pada bagian mading, contohnya pada mading 3D dengan judul lapisan atmosfer maka mereka membentuk styrofoam menjadi 5 lapisan atmosfer mulai dari troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. pada lapisan-lapisan tersebut mereka memberikan berbagai warna dan dilengkapi ilustrasi peristiwa yang terjadi pada lapisan atmosfer tersebut. Setelah proses pembuatan mading 3D selesai maka setiap kelompok dapat mempresentasikannya di depan kelas. Selain itu mading 3D yang dibuat oleh siswa kelas 10 MAN Kota Batu dipamerkan dalam acara Workshop Entrepreneurship yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang di Aula Man Kota Batu.
Diselenggarakannya pameran ini bertujuan untuk mewadahi dan mengembangkan kreativitas siswa kelas 10 MAN Kota Batu khususnya pada pengembangan media pembelajaran geografi yang digunakan untuk mendukung pembelajaran geografi baik pada kelas peminatan IPS maupun lintas minat pelajaran geografi. Pameran ini diharapkan menjadi sarana edukasi mengenai pembelajaran geografi khususnya pada materi dinamika atmosfer dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya siswa IPS yang dapat belajar mengenai dinamika atmosfer, melainkan juga siswa jurusan MIPA dan jurusan Agama. Seluruh siswa yang mengunjungi pameran bisa belajar melalui media yang dibuat oleh teman-teman mereka sendiri sebagai sarana edukasi.
Selain edukasi, pameran ini juga menjadi wadah apresiasi. Media-media mading 3d yang dipamerkan merupakan hasil karya dari jurusan IPS dan lintas minat geografi secara berkelompok. Dengan adanya pameran ini bisa memberikan apresiasi pada ide, gagasan dan kreativitas siswa yang telah dituangkan dalam bentuk mading 3d. Pameran ini juga menjadi sarana rekreasi bagi siswa. Rasa jenuh dan bosan merupakan hal yang wajar dalam pembelajaran. Dengan adanya pameran ini siswa bisa bersenang-senang, selain mereka bisa belajar sekaligus juga menikmati keindahan dari karya-karya yang telah dibuat.
Kegiatan pameran media pembelajaran 3D oleh mahasiswa jurusan geografi ini dilaksanakan bersamaan dengan pameran dari jurusan lain seperti bahasa arab dan bimbingan konseling. kegiatan pameran ini juga berkolaborasi dengan program kerja jurusan ekonomi yang berbentuk workshop ekonomi dengan tema "Get Inspiration to Set Your Innovation For Young Entrepreneurship", sehingga pameran media pembelajaran mading 3D ini dikemas dengan program kerja jurusan lain dengan skala besar menjadi program kerja Asistensi Mengajar MAN Kota Batu dengan nama WES PAHAM (Workshop Entrepreneurship Pameran Mahasiswa AM).