siswa kelas 1, 2, dan 3. Melalui permainan ular tangga numerasi, program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar, menawarkan pengalaman edukatif yang menyenangkan dan bermakna.
Di SDN 27 Cakranegara, mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 telah meluncurkan program inovatif bernama 'Ular Tangga Numerasi untuk Pembelajaran Menyenangkan'. Program ini dirancang untuk membuat metode pembelajaran lebih interaktif dan menarik, dengan fokus padaMengenal Ular Tangga Numerasi
Ular tangga numerasi merupakan sebuah permainan yang didesain khusus untuk membantu anak-anak meningkatkan kemampuan matematika mereka. Permainan ini menggabungkan konsep tradisional dari permainan ular tangga dengan elemen edukatif yang menekankan pada numerasi. Numerasi sendiri adalah kemampuan memahami dan bekerja dengan angka, yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah kami, permainan ini telah dibawa keluar kelas dan dicat di lapangan sekolah untuk membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
Ular tangga numerasi mengambil konsep dasar dari permainan ular tangga tradisional, namun menambahkan elemen matematika di dalamnya. Dalam permainan ini, setiap petak yang dilalui pemain berisi pertanyaan atau tantangan matematika yang harus dijawab atau diselesaikan sebelum pemain dapat melanjutkan. Untuk membuatnya lebih menarik, permainan ini dicat di lapangan sekolah, memberikan suasana belajar yang segar dan berbeda dari dalam kelas.
Pelaksanaan Program
Program "Ular Tangga Numerasi untuk Pembelajaran Menyenangkan" di SDN 27 Cakranegara adalah sebuah inovasi yang diinisiasi oleh mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7. Program ini bertujuan untuk mengubah metode pembelajaran matematika yang konvensional menjadi lebih interaktif dan menyenangkan melalui permainan ular tangga yang dicat langsung di lapangan sekolah.
Pelaksanaan program dimulai dengan persiapan yang matang. Mahasiswa merancang papan permainan ular tangga numerasi yang sesuai dengan kurikulum kelas 1, 2, dan 3. Setiap petak diberi nomor dan tantangan matematika yang harus diselesaikan. Dengan izin sekolah, mahasiswa mengecat lapangan sekolah dengan desain ular tangga yang besar dan warna-warni. Papan ini bukan hanya menarik secara visual, tetapi juga mengundang anak-anak untuk bermain dan belajar di waktu yang sama. Selain itu, pion besar dan dadu besar disediakan agar mudah digunakan oleh anak-anak. Pion tersebut dibuat dari bahan yang aman dan mudah dipegang.
Setelah persiapan selesai, mahasiswa melakukan sosialisasi kepada guru dan siswa. Guru-guru diberikan penjelasan tentang cara kerja permainan ini dan bagaimana mereka bisa mengintegrasikannya ke dalam kurikulum harian. Mahasiswa Kampus Mengajar memberikan pelatihan singkat dan contoh cara bermain. Siswa juga diperkenalkan dengan permainan ini melalui demonstrasi langsung di lapangan. Anak-anak diajak untuk bermain bersama dan memahami aturan serta cara menyelesaikan tantangan matematika di setiap petak.
Setiap hari, siswa diberikan waktu khusus untuk bermain ular tangga numerasi di luar kelas. Mereka bermain secara individu, bergiliran melempar dadu dan memindahkan pion mereka sesuai dengan angka yang muncul. Saat siswa mendarat di sebuah petak, mereka harus menyelesaikan soal matematika yang ada sebelum bisa melanjutkan. Soal-soal ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan masing-masing kelas, dari penjumlahan sederhana hingga soal cerita yang lebih kompleks. Guru atau mahasiswa Kampus Mengajar selalu siap membantu jika siswa mengalami kesulitan dengan soal matematika, memastikan bahwa setiap anak mendapatkan pemahaman yang diperlukan.
Manfaat Program
Program ini tidak hanya membawa perubahan pada cara belajar matematika, tetapi juga memberikan berbagai manfaat bagi siswa. Meningkatkan kemampuan numerasi adalah salah satu manfaat utama dari program ini. Siswa berlatih menyelesaikan berbagai soal matematika dalam konteks permainan, yang membantu memperdalam pemahaman mereka terhadap konsep-konsep dasar. Tantangan yang diberikan dalam permainan juga mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah secara kreatif.