Mohon tunggu...
Dewa Ayu Putu Putri Sanjani
Dewa Ayu Putu Putri Sanjani Mohon Tunggu... Guru - guru

film, video, fotografi, traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Diri Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

26 Mei 2023   18:29 Diperbarui: 26 Mei 2023   18:31 421
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat 

Mari kita berbagi mulai diri modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid, berikut uraiannya:

Pertanyaan Pemantik

  1. Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?

  2. Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?

JAWABAN : 

  1. Program yang dibuat, disusun dan disepakati oleh sekolah dari data hasil analisis kebutuhan peserta didik dijadikan sebagai rujukan seperti minat. Pengembangan potensi/kekuatan/sumber daya manusia khususnya murid menjadi sasaran utama program sekolah yang berdampak murid.

  2. Program berdampak pada murid dapat membuat murid supaya mampu mengarahkan pembelajaran mereka sendiri, membuat pilihan-pilihan, menyuarakan opini, mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan rasa ingin tahu, berpartisipasi dan berkontribusi pada komunitas belajar, mengkomunikasikan pemahaman mereka kepada orang lain, dan melakukan tindakan nyata sebagai hasil proses belajarnya.

Program/kegiatan yang berdampak pada murid dapat berupa program/kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler.

 Refleksi

Nah, sekarang kami ingin Ibu/Bapak mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Apa kegiatan/programnya?

  2. Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut?

  3. Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?

  4. Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?

  5. Mengapa pengalaman tersebut berkesan untuk Ibu/Bapak?

  6. Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?

  7. Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

jawaban : 

1. Mengikuti kegiatan ulang tahun sekolah, 2. Yang memprakarsai atau menggagas kegiatan tersebut adalah kepala sekolah dan manajemen sekolah. 3. Saya berperan sebagai panitia sie acara dari perwakilan siswa. 4. Saya sangat senang dan antusias menjadi bagian dari acara yang luar biasa. 5. Hal tersebut saya rasakan karena pada kegiatan tersebut saya belajar bekerja sama untuk membuat acara berjalan lancar dan sukses. Selain itu saya dapat bertemu dan mengenal banyak alumni sekolah saya yang sukses baik sebagai dosen, pegawai dan lainnya. Saya banyak belajar dengan mereka karena mereka menceritakan bagaimana pengalaman mereka dalam memperjuangkan apa yang mereka cita-citakan. 6. Pembelajaran yang saya dapatkan adalah bahwa setiap kesuksesan harus diperjuangkan dengan doa , usaha, dan niat yang mulia, tidak ada salahnya juga kita berkolaborasi untuk mendapat hal yang lebih baik lagi. 7. Maka pengalaman tersebut berdampak sangat positif bagi saya, saya mulai berusaha mengembangkan potensi/kekuatan yang saya miliki berkolaborasi dan mencari banyak teman untuk mendapatkan informasi terkait apa yang saya cita-citakan berdoa serta berusaha. 

Yang Diharapkan Dipelajari

Setelah melakukan refleksi dan kemudian membaca judul modul ini, apa yang tergambar di benak Ibu/Bapak? Apa yang Ibu/Bapak harapkan dapat dipelajari pada modul ini?

jawaban : 

Setelah melakukan refleksi dan kemudian membaca judul modul ini, yang tergambar di benak saya adalah nantinya ada sebuah ide program sekolah yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency) didukung dengan potensi/karakter yang sesuai dengan murid. Harapan saya program tersebut dapat memberikan cara serta strategi terbaik agar progra tersebut benar benar terwujud dan terlaksana sehingga menjadi bermakna dan menyenangkan bagi murid.

semoga bermanfaat 

Terima Kasih

Matur Suksma

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun