Mohon tunggu...
Dewa Ayu Putu Putri Sanjani
Dewa Ayu Putu Putri Sanjani Mohon Tunggu... Guru - guru

film, video, fotografi, traveling

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mulai Diri 3.2 - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

26 Mei 2023   13:16 Diperbarui: 26 Mei 2023   13:27 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan bahagia Bapak Ibu Guru Hebat !

Nah pada artikel saya kali ini saya ingin berbagi dengan rekan rekan semua terkait dengan Mulai Diri modul 3.2 yaitu Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

jawab : Dalam sebuah ekosisten terkait dengan interaksi faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Maka dalam sekolah terdapat faktor biotik yaitu Kepala sekolah, guru, murid, staff tata usaha (pegawai), satpam/penjaga sekolah, pengawas sekolah, komite dan masyarakat disekitar sekolah.

Sementara untuk faktor abiotik diantaranya gedung, ruangan praktek (laboratorium), sarana prasarana praktek, kurikulum, budaya, lingkungan dan lain sebagainya.

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan ?

jawab : 

Sumber Daya Manusia yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan yang berkompeten dibidangnya. Serta siswa yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahlian yang dipilih. Selain itu juga dapat dimanfaatkan dari segi sarana dan prasarana sekolah seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium, lapangan, alat praktek dan alat penunjang lainnya. Kemudian dari segi budaya, kami memiliki budaya hadir di sekolah sesuai dengan jam yang ditetapkan kemudian melaksanakan persembahyangan bersama sebelum melaksanakan kegiatan di sekolah.

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada? 

jawab : 

Kepala sekolah kami adalah kepala sekolah yang memiliki integrita syang tinggi untuk memajukan sekolah, berpihak pada murid, kreatif, berfikir untuk memberikan layanan terbaik bagi murid, memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki dan berusaha untuk membimbing pada kesejahteraan warga sekolah.

4.Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah? 

jawab : Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang dapat memanajemen potensi yang ada dalam ekosistem sekolah. Bijaksana dalam mengambil keputusan meski dalam keadaan menyulitkan, memiliki empati, dapat berkolaborasi, bertanggung jawab serta menuntun untuk mencapai tujuan bersama.

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah? 

Jawab : Posisi saya saat ini adalah sebagai guru. Peran saya dalam memanfaatkan sumber daya sekolah adalah berusaha memaksimalkan potensi diri dengan cara meningkatkan kompetensi yang saya miliki, yaitu mengikuti berbagai pelatihan. Selain itu  saya berfikir untuk memaksimalkan penggunaan teknologi dalam ekosistem sekolah terutama untuk menunjang kegiatan pembelajaran serta memaksimalkan potensi yang dimiliki siswa.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

jawab : Setelah mempelajari modul ini harapan saya : 

Untuk diri sendiri : dapat mengetahui lebih baik lagi sumber daya yang dimiliki sekolah dan memiliki strategi untuk memberikan layanan terbaik pada murid sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki murid.

Untuk murid : mendapatkan pelayanan terbaik sehingga murid nyaman dan memaksimalkan potensinya, sehingga mencapai kebahagiaan yang setinggi-tingginya

Untuk sekolah : dapat memaksimalkan dan mengelola sumber daya yang dimiliki sehingga dapat membentuk iklim kerja yang sehat dan nyaman untuk meningkatkan manajemen, pelayanan dan kepuasan kerja.

 7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?

jawab :

Yang diharapkan dalam modul ini adalah dapat mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki sebagai sebuah kekuatan, dapat merencanakan, menginisiasi serta mengorganisasikan program pengembangan sekolah untuk menuntun murid berpikir kritis berbasis data, memfasilitasi dan melibatkan orang tua/ wali dalam pengembangan kualitas murid, dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki secara efektif untuk pengembangan sekolah.

Semoga Bermanfaat !

Terima Kasih

Matur Suksma

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun