NAMA: DEVY INTAN PUJIAWATI
KELAS: A1
DALJAB : KATEGORI 2 2022
Â
Â
Â
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
LokasiÂ
TK HANDAYANI PLAOSAN
Lingkup PendidikanÂ
PAUD
Tujuan yang ingin dicapai
Menunjukkan aktivitas yang bersifat
eksploratif dan menyelidik
PenulisÂ
DEVY INTAN PUJIAWATI
TanggalÂ
24Â November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan teman sejawat terkait kemampuan menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik pada anak kelompok A, terdapat 10 anak dari 17 anak masih rendah
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini :
Proses pembelajaran yang monoton pada majalah
Motivasi peserta didik belum maksimal
Guru belum menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi. Selama ini guru hanya menerapkan metode ceramah
Guru belum memanfaatkan media pembelajaran secara optimal
Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang besar dalam proses pembelajaran yaitu:
Metode eksperimen tisu pelangi yang lebih bervariasi sehingga dapat menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik anak
Media gambar pelangi, video pembelajaran tema pelangi, dan buku cerita tema pelangi yang di kenalkan pada anak sehingga pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian anak
Proses pembelajaran lebih terstruktur dan telah di konsultasikan dengan GP dan dosen
Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus dan pembelajaran lebih menarik
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah:
Sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kemampuan menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tatangan :
Merancang kegiatan merdeka belajar yang masih baru
Merancang pembelajaran yang harus inovatif agar menarik minat anak belajar
Membangun pengetahuan anak terkait materi tema pelangi
Butuh waktu lama untuk menyiapkan media pembelajaran "pelangi"
Adapun pihak pihak yang terlibat pada praktek pembelajaran ini yakni:Â
Anak sebagai subjek praktik
Guru sebagai fasilitator
Kepala sekolah sebagai koordinator dalam praktik baik
Dosen pembimbing dan guru pamong yang memberikan pengarahan sebelum proses PPLÂ 4
Teman sejawat yang membantu dalam proses perekaman video
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah -- langkah dan strategi :
Merancang kegiatan yang inovatif dan dekat dengan anak
Merancang pembelajaran yang harus inovatif, berpusat pada anak terkait kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai agar anak mengenal warna yang ada pada pelangi
Mencari referensi sebanyak-banyaknya terkait membangun pengetahuan anak terkait materi tema pelangi
Menyiapkan media pembelajaran "pelangi" jauh-jauh hari sebelum kegiatan PPL 4
Sumber daya :
Berinovasi dalam membuat media pembelajaran, memilih model dan strategi pembelajaran yang tepat, bervariasi yang mengacu pada pendekatan pembelajaran saintifik, TPACK, model pembelajaran PBL, metode yang sesuai dengan karakteristik anak
Memanfaatkan IT untuk mencari referensi terkait media pembelajaran dan penyampaian materi
Menggunakan metode eksperimen "tisu pelangi", dan mengenalkan pada anak-anak cara menggunakan hair dryerÂ
Mengajak anak anak untuk lebih aktif bertanya saat menjelaskan materi melalui media pelangi warna
Mengembangkan kompetensi dan kreatifitas guru dalam mengembangkan RPP, LKPD dan instrumen penilaian.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi langkah-langkah yang dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat positif hal ini dapat dilihat:Â
Berdasarkan hasil PPL siklus 4, kemampuan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik dengan menggunakan metode eksperimen "Tisu Pelangi" pada kelompok A TK Handayani Plaosan memperoleh presentase penilaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan) sejumlah 1 anak, Â dan presentase nilai BSB(Berkembang Sangat Baik) sejumlah 5 anak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan dengan menggunakan menggunakan metode eksperimen "Tisu Pelangi" pada anak kelompok A TK Handayani Plaosan dinyatakan berhasil karena kemampuan anak dalam menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik sudah sesuai harapan dan memenuhi kriteria keberhasilan.
Tingkat keaktifan anak meningkat pada kegiatan pembelajaran dengan metode eksperimen "Tisu Pelangi
Motivasi dan minat belajar anak yang mulai meningkat
Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain :
Kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan strategi, media dan model pembelajaran inovatif yang dikembangkan dalam RPP yang telah dibuat.
Kondisi lingkungan sekolah sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL siklus ke 4
Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan dalam RPPH
Yang menjadi faktor ketidak berhasilan dari strategi yang dilakukan antara lain:
Pembuatan media pembelajaran "Pelangi Warna" yang memerlukan waktu cukup lama
Pengeditan video pada saat pelaksanaan proses pembelajaran PPL siklus ke 3 dari 1,5 jam yang harus dikemas menjadi 15 menit saja karena keterbatasan durasi waktu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H