Saat ini gue sedang sibuk menuntut ilmu di London School of Public Relations Jakarta. Sekarang gue udah berada di akhir semester 3.
Ada yang menarik di semester 3 ini, ada mata kuliah yang judulnya Creative Marketing. Awalnya gue rada bingung nih mata kuliah bakalan bahas apa yah kira-kira. Mata kuliah yang kaya gimana sih creative marketing ini? Sampai akhirnya tiba saatnya buat gue masuk di kelas itu. Seperti biasa kalau awal semester pasti pada ngeri-ngeri sedap gitu kan bakalan dapat dosen yang kaya gimana nih, dosennya enak gak yah? Baik gak ngasih nilai? Killer gak? dan lain sebagainya. Trus tiba-tiba muncullah seorang dosen perempuan yang bertubuh mungil. Tersenyum manis ke arah seluruh mahasiswa yang hadir malam itu. Kemudian ia memperkenalkan dirinya, namanya IRA LATHIEF.
Ira Lathief adalah seorang penulis buku dan juga memiliki pekerjaan sambilan sebagai tour guide. Bukunya yang cukup fenomenal berjudul "NORMAL IS BORING". Dari cerita dan berita yang gue baca langsung launching bukunya juga unik loh, acara launching bukunya mengambil lokasi di tempat pemakaman umum di daerah Petamburan, Slipi, Jakarta Barat.
Mungkin biar sesuai dengan judulnya "NORMAL IS BORING" kali yah, secara launching buku di toko buku mah udah biasa, di mall udah biasa, ya udah deh di kuburan aja biar unik.
Nah lanjut ke cerita gue untuk kelas creative marketing ini..
Kelas pun dimulai, bu Ira menceritakan pengalamannya selama ini dari menjadi wartawan, penulis, hingga saat ini menjadi dosen. Dia menjelaskan bagaimana awalnya dia bisa berkarya menulis buku. Menjelaskan cara-cara yang bisa kita lakukan agar bisa lebih creative. Secara jurusan yang gue ambil ini kan Marketing. jadi dia ceritain deh gimana dia memikirkan cara kreatif apa yang harus dia lakukan saat launching bukunya itu. Sampai akhirnya tercetus ide di kuburan.
Banyak kegiatan dan tugas-tugas menarik yang kami lakukan sepanjang semester ini.Â
Pertama-tama didatangkan Guest Lecturer untuk berbagi pengalaman apa saja yang mereka lakukan selama ini, bagaimana cara menjadi kreatif, bagaimana memasarkan sesuatu secara kreatif. Jadi kita bisa tahu nih cerita langsung orang-orang yang kerja secara kreatif kaya gimana.
trus kita juga dikasih tugas untuk nulis blog. beberapa ditentuin temanya biar omonganya gak ngalur ngidul. Jadi dari tema tersebut kita harus nulis blog semenarik mungkin. Boleh mengenai kegiatan kita sehari-hari juga mengenai apa yang terjadi akhir-akhir ini di sekitar kita. Ada tema yang paling menarik itu pas kita disuruh review restoran yang pernah kita datangi atau yang paling kita sukai. Akhirnya gue review soal Flip Burger. Restorannya masih baru dan burger nya enak bangetttttt....
Intinya adalah apa pun yang akan kita lakukan di luar sana, kita harus berpikir kreatif, agar orang tertarik. Seperti halnya iklan-iklan yang kita sering tonton di televisi, yang kita lihat di media sosial, majalah, bilboard, dan di mana pun. itu adalah hasil kreatif seseorang untuk memasarkan produk. Semakin unik dan heboh akan membuat orang lain lebih tertarik mencoba atau menggunakan produk atau jasa kita.Â
Dan di kelas ini kita di latih untuk itu, untuk lebih kreatif, thinking out of the box, kreatif bisa berawal dari meniru, tapi tidak 100% meniru, harus dikembangkan, harus diolah kembali agar pesan yang disampaikan lebih menarik.Â
Segitu aja tulisan gue soal kelas creative marketing gue selama semester 3 ini.
Semoga bermanfaat.
SALAM KREATIF!!!!!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H