Mahasiswa kelompok 42 yang beranggotakan Siti Mutiara Indah Swari, Divka Fauziah Putri, Farah Ghina Nisrina, Santi Kurnia, Vahni Reskia Azani, dan Devita Rizki Ramdani dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) melaksanakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Persekolahan 2 (PLP 2) di SDN Susukan 03 PG, yang beralamatkan di Jl. Batu Tumbuh, RT.4/RW.6, Kramat Jati, Jakarta Timur dengan kode POS 13510.
Kegiatan PLP 2 ini dilaksanakan dari tanggal 2 Oktober 2024 hingga tanggal 4 Desember 2023. Pada hari pertama kami melaksanakan kegiatan PLP 2, kami bertemu langsung dengan kepala sekolah (Dra. Ermi Yuniarti, M.Pd) dan wakil kepala sekolah (Amelia, M.Si), serta guru pamong kami yaitu (Amelia, M.Si) SDN Mramat Jati 02. PLP 2 ini bertujuan sebagai bekal mahasiswa sebelum terjun langsung ke dunia persekolahan.Â
Selama kegiatan PLP 2 di SDN Kramat Jati 02, saya memperoleh pengalaman berharga yang membuka mata terhadap dunia pendidikan dasar. Sekolah Dasar (SD) menjadi landasan penting dalam pembentukan karakter anak-anak, dan pengalaman ini memberikan wawasan mendalam tentang dinamika proses belajar-mengajar di lingkungan tersebut.
1. Selayang Pandang Tentang SDN Kramat Jati 02
SDN Kramat Jati 02 terletak di tengah komunitas yang beragam. Sekolah ini menjadi tempat di mana siswa-siswa belajar, tumbuh, dan berinteraksi. Keberagaman budaya dan latar belakang siswa menciptakan lingkungan yang kaya akan nilai-nilai pluralisme.
2.Belajar Tantangan dan Kegembiraan dalam Proses Belajar
Proses belajar-mengajar di SDN Kramat Jati 02 tidak terlepas dari tantangan. Terbatasnya sumber daya dan fasilitas menjadi kendala, tetapi semangat guru dan siswa untuk belajar tetap membara. Melalui metode kreatif dan inovatif, para guru berusaha menjadikan pembelajaran lebih menarik dan mudah dipahami.
3. Peran kegiatan PLP 2 dalam Pengembangan Pendidikan
Kegiatan ini memberikan saya kesempatan untuk terlibat langsung dalam proses pendidikan. Mulai dari merencanakan dan menyampaikan materi hingga berinteraksi dengan siswa, saya merasakan tanggung jawab besar yang dimiliki oleh seorang guru. Hal ini memberikan pemahaman mendalam tentang tantangan dan kegembiraan dalam dunia pengajaran.
4. Hubungan Guru-Siswa dan Keterlibatan Orang Tua
Dalam menjalankan peran mereka, para guru di SDN Kramat Jati 02 membangun hubungan yang erat dengan siswa. Keterlibatan orang tua juga menjadi faktor kunci dalam kesuksesan pendidikan. Komunikasi aktif antara guru, siswa, dan orang tua menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan akademis dan sosial siswa.
5. Pelajaran yang Diambil dari Pengalaman kegiatan PLP 2
Pengalaman ini mengajarkan saya tentang pentingnya kesabaran, adaptabilitas, dan kreativitas dalam mengajar. Setiap anak memiliki potensi unik, dan sebagai pendidik, kita perlu mengakomodasi perbedaan tersebut. Kegiatan PLP 2 di SDN Kramat Jati 02 menjadi cerminan bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang dalam pembentukan generasi yang tangguh.
Kesimpulan
PLP 2 di SDN Kramat Jati 02 memberikan pengalaman mendalam tentang dinamika sekolah dasar. Dari keberagaman siswa hingga tantangan dalam proses belajar-mengajar, setiap aspek mencerminkan kompleksitas dunia pendidikan. Dengan pemahaman ini, saya merayakan peran penting sekolah dasar dalam membentuk masa depan anak-anak, dan saya meninggalkan pengalaman ini dengan rasa hormat yang mendalam terhadap para pendidik yang berdedikasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H