Mohon tunggu...
Devita Azzahra
Devita Azzahra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FIP UNJ

Tertarik pada dunia anak usia dini dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PG-PAUD FIP UNJ: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan P5

8 Agustus 2024   23:06 Diperbarui: 8 Agustus 2024   23:16 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Pemaparan Materi Oleh Mahasiswa (Dokpri)

Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen PG-PAUD FIP UNJ: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat

Diklat yang mengusung tema “Workshop: Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat” merupakan bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan ini ditujukan untuk mitra Prodi PG-PAUD UNJ, khususnya bagi pendidik anak usia dini atau guru di Taman Kanak-Kanak dan Satuan PAUD Sejenis yang berada di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat

Gambar Dosen bersama Mahasiswi PG PAUD FIP UNJ (Dokpri)
Gambar Dosen bersama Mahasiswi PG PAUD FIP UNJ (Dokpri)

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kompetensi guru PAUD dalam merancang kegiatan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” sebagai bagian dari implementasi kurikulum Merdeka yang dilakukan dalam bentuk workshop.

Rangkaian Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat diselenggarakan secara luring atau tatap muka langsung antara narasumber, fasilitator, dan peserta diklat yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 8-9 Juli 2024 di Kantor Kuwu Bulak, Kecamatan Jatibarang. 

Pada hari pertama, di tanggal 8 Juli 2024 diawali dengan pemberian materi oleh Dosen PG-PAUD FIP UNJ yaitu Dr, Sri Wulan, M.Si mengenai Konsep Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka pada Tema Imajinasi dan Kreativitasku. Materi tersebut disampaikan melalui presentasi yang berisikan Pengertian Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pengenalan 6 Dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila, Kedudukan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan PAUD, Manfaat dari penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD, Prinsip-prinsip Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Miskonsepsi Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Alur Perencanaan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Pengenalan tema besar dalam Profil Pelajar Pancasila dalam satuan PAUD, Matriks Tema Kegiatan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta Program-program Penerapan  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Gambar Pemaparan Materi Oleh Dosen (Dokpri)
Gambar Pemaparan Materi Oleh Dosen (Dokpri)

Gambar Pemaparan Materi Oleh Dosen (Dokpri)
Gambar Pemaparan Materi Oleh Dosen (Dokpri)

Pada sesi selanjutnya, terdapat pemberian materi oleh mahasiswi PG-PAUD FIP UNJ mengenai Pembedahan Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Materi tersebut disampaikan melalui presentasi yang berisikan Pengertian, tujuan, contoh pemetaan, contoh sub tema dan sub-sub tema, tahapan kegiatan projek Mengenai Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”.

Gambar Pemaparan Materi Oleh Mahasiswa (Dokpri)
Gambar Pemaparan Materi Oleh Mahasiswa (Dokpri)

Gambar Pemaparan Materi Oleh Mahasiswa (Dokpri)
Gambar Pemaparan Materi Oleh Mahasiswa (Dokpri)

Setelah pemberian materi oleh Dosen dan Mahasiswi PG-PAUD FIP UNJ dilanjutkan dengan kegiatan workshop yaitu berupa sesi praktik, peserta diklat secara berkelompok dengan  didampingi oleh mahasiswa fasilitator. Kegiatan Workshop berupa Penyusunan Program  Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Penyusunan rancangan program tersebut berisikan penurunan tema, pemilihan sub tema, sub-sub tema, serta topik, matriks projek, breakdown topik, dan tahapan pengembangan projek.

Gambar Diskusi Kelompok (Dokpri)
Gambar Diskusi Kelompok (Dokpri)

Gambar Diskusi Kelompok (Dokpri)
Gambar Diskusi Kelompok (Dokpri)

Pada hari kedua, ditanggal 9 Juli 2024 peserta workshop dapat melanjutkan tugas praktiknya jika dihari sebelumnya belum selesai. Setelah itu akan ada sesi presentasi yang dilakukan peserta workshop oleh masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan review hasil kerja kelompok peserta diklat oleh Dosen PG-PAUD FIP UNJ.

Gambar Presentasi Peserta Diklat (Dokpri)
Gambar Presentasi Peserta Diklat (Dokpri)

Gambar Presentasi Peserta Diklat (Dokpri)
Gambar Presentasi Peserta Diklat (Dokpri)

Gambar Review Hasil Kerja Kelompok Oleh Dosen (Dokpri)
Gambar Review Hasil Kerja Kelompok Oleh Dosen (Dokpri)

Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias dengan menanyakan lebih detail mengenai Konsep Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka, serta bagaimana cara Menyusun Program Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema “Aku Sayang Bumi”, “ Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreatifitasku”. Mahasiswa sebagai fasilitator memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta diklat untuk membuat rancangan program pengembangan proyek P5 khususnya pada tema Imajinasi dan Kreativitasku.

Gambar Pengarahan oleh Fasilitator Mahasiswi (Dokpri)
Gambar Pengarahan oleh Fasilitator Mahasiswi (Dokpri)

Gambar Pengarahan oleh Fasilitator Mahasiswi (Dokpri)
Gambar Pengarahan oleh Fasilitator Mahasiswi (Dokpri)

Gambar Foto Bersama Dosen dan Mahasiswi (Dokpri)
Gambar Foto Bersama Dosen dan Mahasiswi (Dokpri)

Diharapkan dengan adanya kegiatan workshop yang diselenggarakan oleh Program Studi PG-PAUD FIP UNJ yang mengusung tema “Workshop: Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bertema “Aku Sayang Bumi”, “Aku Cinta Indonesia”, “Kita Semua Bersaudara”, “Imajinasi dan Kreativitasku” Bagi Pendidik PAUD di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat” dapat meningkatkan kompetensi pendidik/guru anak usia dini yang berada di Wilayah Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat khususnya dalam Menyusun program pembelajaran PAUD yang menarik, menyenangkan, serta relevan dengan kebutuhan anak sesuai dengan amanat kurikulum Merdeka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun