Jurusan Ilmu Komunikasi adalah studi yang mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui berbagai media. Jurusan ini belajar apa? Ilmu Komunikasi mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, hingga komunikasi media sosial.
  Jurusan ilmu komunikasi menawarkan prospek kerja yang cukup luas karena keterampilan yang dipelajari sangat relevan dengan berbagai industri. Apa saja prospek kerja dari jurusan ini? Simak pembahasan berikut.
1. Jurnalis/Reporter
 Reporter merupakan para spesialis yang bertugas untuk mencari berita dan mendeskripsikannya dalam media seperti koran, majalah, radio, atau televisi. Seorang reporter memberitakan informasi dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau situs berita online, maupun secara lisan seperti yang disampaikan pada radio atau televisi.
2. Public Relations
 Public Relations atau hubungan masyarakat adalah para pekerja yang berfungsi sebagai penghubung antara masyarakat luas dengan instansi tertentu. Peran mereka cukup penting untuk menjaga kredibilitas dan reputasi perusahaan atau brand tertentu.
 Tugas utama adalah membangun citra positif perusahaan, organisasi, atau individu di mata publik. Umumnya, staff Public Relations akan berhubungan dengan banyak platform dan pihak, seperti meluncurkan pernyataan pers melalui media sosial atau TV.
3. Content Creator
 Content Creator bisa dilakukan dari lulusan manapun, tetapi seorang lulusan ilmu komunikasi mempunyai bekal lebih ketika menjadikan content creator sebagai prospek karier. Sebab, beberapa ilmunya tentu disampaikan di bangku perkuliahan.
  Content creator bisa bekerja diperusahaan atau bisa juga kerja sendiri. Beberapa skill yang harus dimiliki content creator :
* Video dan fotografi
* Menulis dan Story Telling
* Audio Editing
* SEO dan Strategi Konten
* Marketing
4. Marketing Communication
  Marketing Communication bertugas untuk mempromosikan produk dan jasa perusahaan, baik ke exciting customer ataupun menargetkan audiens baru.
 Selain itu, mereka juga bertugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Mereka mengelola strategi komunikasi pemasaran untuk membangun merk dan menarik konsumen melalui iklan, media sosial, dan promosi.
5. Advertiser
 Advertiser merupakan seseorang yang berprofesi sebagai pengiklan, yaitu mereka yang mengurusi semua masalah periklanan dalam sebuah perusahaan. Mereka adalah orang yang membuat konsep iklan sekaligus memastikan bahwa iklan tersebut berhasil menarik perhatian target pasar atau konsumen. Tugas mereka membuat konsep iklan, memantau iklan, dan evaluasi iklan.
6. Broadcasting/Penyiar
  Broadcasting merupakan proses penyiaran konten melalui media massa seperti media cetak, radio, televisi, atau platform digital. Tujuan umum dari broadcasting adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat misalnya dalam bentuk wawancara, program berita, pengumuman, atau perkiraan cuaca.
7. Corporate Communication
 Seorang Corporate Communication bertugas memastikan komunikasi internal (ke institusi perusahaan) dan pihak eksternal (stakeholder, klien, media, dan pemerintah) berjalan dengan baik.
 Untuk internal komunikasi, seorang corporate Communication bertanggung jawab untuk menentukan strategi komunikasi, seperti pengiriman memo dan newsletter perusahaan.
 Bentuk eksternal yang dilakukan oleh seorang corporate communication antara lain website perusahaan, menyebarkan pre release, hingga mengorganisir sebuah acara perusahaan yang melibatkan pihak ketiga.
8. Event Organizer
  Event Organizer adalah sebuah perusahaan/individu yang bertanggung jawab dalam merencanakan, mengatur, dan melaksanakan berbagai acara. Tugas utama seorang EO adalah mengkoordinasikan semua aspek yang terkait dengan acara, mulai dari pengorganisasian hingga pelaksanaan. EO biasanya bekerja dengan klien atau pihak yang mengadakan acara untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dan harapan terpenuhi. Mereka berperan sebagai perencana acara, pengorganisasian, dan manajemen anggaran.
9. Digital marketing strategist
  Bertanggungjawab untuk mengembangkan strategi guna memasarkan suatu produk. Seperti SEO, SEM, kampanye media sosial, dan analisis data digital.
10. Media Analyst
 Tugas mereka melakukan riset terkait tren media, perilaku konsumen, dan efektivitas komunikasi dalam kampanye tertentu.
11. Copy Writer
  Copy Writer adalah seorang spesialis yang menyediakan teks iklan atau materi promosi untuk aset perusahaan, termasuk halaman web, blog, artikel, iklan, posting media sosial, email, dll. Mereka menggunakan media tulisan untuk menginformasikan, melibatkan, mempengaruhi, dan mempersuasi audiens.
12. Content Writer
 Content writer adalah para penulis profesional yang bertugas untuk memproduksi konten-konten menarik di media online. Tulisan yang mereka rancang berbentuk artikel dalam blog, atau apapun yang ditulis dalam platform online perusahaan.
 Mereka bertanggung jawab untuk menjaga kualitas desain, gambar, serta tulisan yang diciptakan agar selaras dan berkaitan dengan visi perusahaan.
13. Redaktur
 Pekerjaan satu ini merupakan jenis jabatan keredaksian yang berada di dunia jurnalisme. Tugas mereka adalah melakukan penyuntingan naskah dan rencana penyebaran berita.
14. Customer Service
  Seorang lulusan ilmu komunikasi yang menggeluti pekerjaan ini harus memiliki kesabaran yang tinggi karena setiap harinya harus menghadapi keluhan pelanggan. Seorang perwakilan layanan konsumen harus memiliki sikap positif terhadap segala masalah. Mereka juga harus mampu membuat setiap pelanggan yang mengajukan komplain merasa dihargai.
15. Social media specialist
 Seorang social media specialist punya tugas untuk mengembangkan dan menjalankan strategi dalam bermedia sosial.
16. Staf HRD
 Staf HRD bertanggung jawab sebagai fungsi komunikasi intensif utama dalam organisasi. Mereka ditugaskan untuk mengarahkan karyawan baru, mengembangkan program pelatihan, menyampaikan kebijakan kepada staf, dan membuat buletin karyawan.
17. Media Planner Â
 Tugas mereka adalah merencanakan dan memastikan bahwa kampanye pemasaran sudah diletakkan pada media digital yang tepat dengan cara paling efisien. Mereka juga perlu menganalisis dan memprediksi hasil yang akan diraih dari kampanye pemasaran perusahaan.
18. Editor
 Berperan untuk mengevaluasi konten yang diciptakan oleh para kreator dan writer. Pada perusahaan yang lebih besar, mereka juga ditugaskan untuk mengelola rapat editorial serta menciptakan pedoman konten dalam situs dan media sosial perusahaan
19. Tenaga pengajar
  Lulusan ilmu komunikasi juga bisa jadi guru, dengan menjadi guru les (membuka les mandiri), dan guru di bimbingan belajar. Kamu juga bisa kuliah S2 untuk menjadi dosen ilmu komunikasi.
 Jika ingin mengajar di sekolah, kamu bisa mengajar di sekolah swasta yang masih menerima guru dari luar jurusan pendidikan.
20. Brand strategist
 Bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi pemasaran brand dengan cara-cara tertentu. Mereka akan bekerja secara langsung dengan organisasi atau agensi demi mencapai tujuan penjualan brand.
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H