Mohon tunggu...
Devi Meilana Trisnawati
Devi Meilana Trisnawati Mohon Tunggu... Pengajar - Seorang Ibu Rumah Tangga, Pengajar Paruh Waktu dan Blogger

Pengagum Berat Westlife. Menaruh cinta pada dunia Ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Solusi "Smart Financial" untuk Nasabah "Millenials" yakni Kemudahan Berjelajah

24 November 2017   11:55 Diperbarui: 28 November 2017   10:26 1765
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membicarakan ekonomi, bagi sebagian masyarakat Indonesia terasa tak semasiff  ketika membicarakan politik. Ekonomi, terutama sektor keuangan memang manjadi hal vital kehidupan seseorang bahkan dalam konteks suatu bangsa dan negara. Ironisnya, masyarakat belum banyak yang berkeinginan menggali informasi lebih dalam mengenai keuangan bahkan untuk kebutuhan personalnya sendiri. Menurut survei tentang literasi dan iklusi keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2016 menunjukkan bahwa terdapat 67,8 persen masyarakat yang menggunakan produk dan layanan keuangan, namun hanya 29,7 persen masyarakat yang memiliki pemahanan yang baik dan benar tentang pengelolaan keuangan (well literate). Sebelumnya, di tahun 2013-2014, MasterCard merilis riset mengenai kemampuan well literate di Asia Pasifik. Indonesia masih berada di bawah Malaysia, Singapura Vietnam, Filipina bahkan Myanmar.

Sumber : www.masterintelligence.com
Sumber : www.masterintelligence.com
Lalu apa yang menjadi faktor penyebab? Apakah penyedia jasa produk dan layanan keuangan yang tidak mampu menyajikan informasi produk dan layanannya secara efektif? Atau masyarakat yang masih "gagal paham" dan tidak ada minat membaca produk dan layanan lebih detail? Saya sendiri selaku mahasiswa ekonomi pun juga masih sering "gagal paham" terhadap produk dan layanan perbankan yang sudah sering ditawarkan lewat brosur, pamflet bahkan dijelaskan oleh tellernya sendiri. Namun, kok tetap saja ya? Saya gagal paham!

Generasi dan Nasabah Mileni Harus "Smart Financial", Yuk Melek Finansial!

Indonesia dan sebagian negara-negara di dunia, tengah menyambut adanya tren bonus demografi yaitu bertambahnya penduduk usia produktif (15-34 tahun). Inilah yang disebut era milenial.

Maka, agar pemahaman pengelolaan keuangan (well literate) tadi terus meningkat, tentu perlu pendekatan berbeda bagi perbankan untuk memasarkan produknya sekaligus mengemban misi mulia yaitu "mengedukasi calon nasabah dan nasabah di era milenial ini. Studi baru-baru mengenai karakteristik generasi mileni, mereka cenderung lebih menyukai informasi yang didapat dalam satu genggaman. Instant!

Dahulu, berungkali mengamati beberapa website perbankan di tanah air, asumsi pertama saya adalah mengenai konten dan visualisasi yang sama. Saya ingin memahami konten produk dan layanan hingga mendalam, namun bila visualisasi yang hampir sama mengakibatkan tidak meningkatkan terbukanya pemahaman. Misalnya, di usia sekarang ini, tepatnya usia produktif, produk keuangan apakah yang saya butuhkan? Asuransi apakah yang cocok dengan kondisi keuangan saya? Investasi apakah yang sesuai dengan karakter saya? Segera ketahui!

Bank Danamon Menjawab Kegalauan (Calon) Nasabah Mileni

Riset dan studi mengenai pengguna internet telah membuktikan siapa penguasa dunia maya saat ini. Dan penguasa dunia maya itulah generasi mileni. Mereka ingin serba instan, cepat dan lugas. Silahkan simak gambar di bawah ini. Rekomendasi untuk anda yang tengah mencari produk dan layanan keuangan. Boleh direview sedikit ulasan berikut ini. Simak step-stepnya!

Step 1 : Jelajahi Produk Keuangan Dengan Website Bank Danamon

Sumber : Danamon.co.id
Sumber : Danamon.co.id

Perjalanan pertama dalam pencarian informasi (searching) di internet oleh nasabah dan calon nasabah mileni adalah website. Bila website tersaji dan terawat dengan content yang menarik dan jelas, update dan dilengkapi instrumen ilustrasi lainnya tentu adalah hal pertama yang menjadi keyakinan nasabah untuk ingin mengenal lebih jauh produk keuangan dari sebuah bank. Bila sebagian website masih stand by dengan visualisasi yang sama, tidak dengan sebagian yang lain. Corporate website milik Bank Danamon adalah salah satu website dari beberapa perbankan yang telah memahami kegalauan siapa calon nasabah dan nasabahnya. 

Ketika anda membuka situs website Bank Danamon, muncul visualisasi dengan tools-tools yang telah disederhanakan sesuai dengan konseptisasi kebutuhan nasabah dan calon nasabah. Sederhana? Iya! Karena keuangan adalah hal yang mendetail dan sulit dipahami. Danamon menyajikan sedetail dengan bahasa yang informatif dan lugas disertai ilustrasi menarik. Produk keuangan akan mudah dikenali, diidentifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan anda!!

Produk dan Layanan Keuangan Bank Danamon Tersaji dalam satu Jendela.

Baik untuk urusan personal atau bisnis, dan dimanapun tahapan kehidupan anda sekarang, Danamon menyajikan solusi dengan ilustrasi menarik sehingga anda akan mendapatkan gambaran jelas mengenai kebutuhan finansial anda saat ini dan kedepan. Anda dapat mengetahui garis besar mengenai produk keuangan tersebut.

Tekan salah satu tools, jika anda seorang pribadi yang ingin mengelola keuangan pribadi anda dari gaji bulanan anda, maka akan muncul gambar sebagai berikut :

Sumber : Danamon.co.id
Sumber : Danamon.co.id
See? Anda tinggal mengklik icon produk keuangan yang ingin anda ketahui detailnya. Misalnya, anda adalah seorang personal yang ingin mengelola gaji anda. Silahkan klik icon PERSONAL. Jendela akan segera menampilkan icon-icon yang menunjukkan informasi jenis simpanan, pinjaman, asuransi, investasi hingga pelayanan perbankan dari Bank Danamon seperti kartu transaksi. Layanan digital E-Banking pun tersaji. Silahkan, jelajahi, nikmati informasi. Tertarik menggunakan produknya? Hubungi Danamon!!
Sumber : Danamon.co.id
Sumber : Danamon.co.id

Ingin produk keuangan tambahan untuk menunjang kondisi keuangan anda saat ini? Di tahapan apakah anda sekarang? Oh, anda telah berkeluarga. Silahkan klik tools "Anda dan Keluarga Tercinta". Connecting Future,  seperti Bank Danamon yang mengerti dan tahu apa kebutuhan anda dan juga orang-orang tercinta di masa depan. Solusi ingin mendapatkan rumah? Cek layanan KPR Bank Danamon!

Step 2 : Sudah Gunakan Produk Danamon? Jelajahi Lewat Ponsel Anda!

Sumber: play.google.com
Sumber: play.google.com
Digital perbankan memang diciptakan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan aktivitas transaksi keuangannya. Saatnya Pegang Kendali lewat ponsel anda!

Aplikasi DMobile :  Membantu anda pengguna rekening Bank Danamon untuk melakukan transaksi hanya dalam genggaman ponsel anda. Fleksible kan? Dan aplikasi tersebut juga aplikasi lainnya dari Bank Danamon kompatibel bagi seluruh perangkat ponsel.

Aplikasi DCard : Membantu anda pengguna kartu kredit Bank Danamon untuk dapat memanajemen sekaligus mengakes informasi dan tranksasi.

Aplikasi DCash : Membantu anda para wirausahawan untuk bisa memastikan semua beban usaha termanajemen dan terbayar dengan tepat waktu. Bisa dicoba!

Step 3 : Update Berita dan Challenge dari IG Bank Danamon

 

Sumber : Capture Personal
Sumber : Capture Personal

Generasi Mileni, pasti tidak ada yang tidak mempunyai social media yang satu ini. semakin bijak anda, tentu akan menjadikan instagram tak hanya sekedar ajang prestise dan show up diri. Bisa juga untuk akses informasi. Follow IG Bank Danamon untuk update berita, program dan challenge dari Bank Danamon!

Step 4 : Kumpulkan Reward Point dari Bank Danamon

Tingkatkan transaksi anda melalui Bank Danamon! Danamon paham bahwa nasabah telah membantu perbankan dalam menjalankan roda ekonomi negara. Pantau terus point anda dan segeralah dapatkan program istimewa. Danamon sedang menjalankan program "Debar D-POINT Kejutan Rabu Seru Lelang". Program ini mulai dari 23 Agustus-5 Desember 2017. Caranya?

Sumber : Danamon.co.id
Sumber : Danamon.co.id
 

Tertarik?

 

Salam hangat, sekedar berbagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun