Mohon tunggu...
Deva Nico
Deva Nico Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Keluarga dan Sekolah dalam Menghadapi Resiko Transformasi Digital di Antara Siswa Pendidikan Menengah dan Dampaknya di Bidang Pendidikan

9 Juli 2024   14:29 Diperbarui: 9 Juli 2024   15:03 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pendidikan secara fundamental. Di tengah transformasi ini, siswa pendidikan menengah berada di garis depan, dihadapkan pada risiko dan peluang yang belum pernah ada sebelumnya. Dalam era yang semakin terhubung secara digital, risiko dan tantangan baru muncul di bidang pendidikan, terutama di kalangan siswa pendidikan menengah. Dalam konteks ini, peran keluarga dan sekolah sangat penting dalam membimbing siswa melalui transformasi digital ini. Tulisan ini akan membahas secara detail peran masing-masing entitas tersebut dalam menghadapi risiko ini dan dampaknya dalam konteks pendidikan.

A. Peran Keluarga dalam Menghadapi Risiko Transformasi Digital

Keluarga adalah lingkungan pertama di mana seorang anak belajar. Dalam konteks transformasi digital, peran keluarga sangat penting dalam membentuk pola pikir, perilaku, dan kebiasaan digital yang sehat pada anak. Pertama-tama, keluarga perlu memberikan pemahaman yang kuat tentang etika digital, termasuk privasi online, keamanan, dan perilaku yang sopan di dunia maya. Ini dapat dilakukan melalui pembicaraan terbuka, membagikan pengalaman pribadi, dan menetapkan aturan rumah yang jelas terkait penggunaan teknologi.

Selain itu, keluarga juga memiliki tanggung jawab untuk membatasi waktu layar dan mengelola konten yang dikonsumsi anak. Terlalu banyak paparan terhadap konten yang tidak sesuai usia atau tidak bermutu dapat berdampak negatif pada perkembangan anak. Membangun hubungan yang sehat antara orang tua dan anak juga penting. Ini membuka jalur komunikasi yang efektif di mana anak merasa nyaman untuk berbagi pengalaman digital mereka dan meminta bimbingan saat menghadapi masalah online.

Keluarga adalah lembaga pertama di mana anak-anak diperkenalkan dengan teknologi dan belajar bagaimana menggunakannya. Peran orang tua dalam membimbing anak-anak mereka melalui transformasi digital ini sangat penting dan meliputi beberapa aspek antara lain:
1. Pendidikan dan Kesadaran: Orang tua memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendidikan dan kesadaran kepada anak-anak mereka tentang risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi digital. Ini mencakup pemahaman tentang privasi online, identifikasi penipuan, keamanan data pribadi, dan penggunaan yang bertanggung jawab atas platform media sosial. Pendidikan ini harus dimulai sejak dini dan terus ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi.

2. Pengaturan dan Pengawasan: Orang tua juga harus mengatur dan mengawasi penggunaan teknologi oleh anak-anak mereka. Ini termasuk menetapkan batasan waktu layar, memilih konten yang sesuai dengan usia, dan memastikan bahwa anak-anak tidak terlalu terpapar dengan konten yang tidak sesuai atau berbahaya. Pengawasan ini dapat dilakukan melalui perangkat lunak kontrol orang tua atau pengaturan perangkat keras di rumah.

3. Model Perilaku: Orang tua harus menjadi contoh yang baik dalam penggunaan teknologi. Mereka harus menunjukkan penggunaan yang bertanggung jawab, etis, dan sehat terhadap teknologi digital. Ini termasuk menunjukkan penggunaan yang seimbang antara waktu online dan offline, serta mempraktikkan kebiasaan digital yang positif seperti berbagi konten yang bermanfaat dan mendukung orang lain secara online.

4. Komunikasi Terbuka: Penting bagi orang tua untuk menjaga saluran komunikasi yang terbuka dengan anak-anak mereka tentang penggunaan teknologi. Anak-anak harus merasa nyaman untuk mengajukan pertanyaan, mengungkapkan kekhawatiran, atau melaporkan pengalaman negatif yang mereka alami secara online. Komunikasi yang terbuka memungkinkan orang tua untuk memberikan dukungan dan bimbingan yang diperlukan kepada anak-anak mereka.
 
B. Peran Sekolah dalam Menghadapi Risiko Transformasi Digital
Sekolah memiliki peran yang sama pentingnya dalam membimbing siswa melalui transformasi digital. Salah satu cara terbaik adalah melalui integrasi teknologi dalam kurikulum. Ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa, tetapi juga membantu mereka memahami bagaimana menggunakan teknologi secara produktif dan kreatif. Pelatihan tentang literasi digital, pemrograman, dan keamanan online harus menjadi bagian integral dari kurikulum.

Selain itu, sekolah juga bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif di dunia maya. Ini melibatkan pelatihan untuk guru tentang cara mengelola perilaku online siswa, memerangi cyberbullying, dan mendukung kesehatan mental siswa dalam konteks digital. Penekanan pada pengembangan keterampilan kritis seperti pemikiran kritis, analisis, dan evaluasi informasi online juga penting.

Sekolah juga memiliki peran yang krusial dalam membimbing siswa melalui transformasi digital. Berikut adalah beberapa aspek utama dari peran sekolah dalam menghadapi risiko ini antara lain:

1. Integrasi Teknologi dalam Kurikulum: Sekolah perlu mengintegrasikan teknologi secara efektif dalam kurikulum mereka. Ini tidak hanya mencakup pengajaran keterampilan teknis seperti pemrograman atau penggunaan aplikasi produktivitas, tetapi juga literasi digital yang mencakup pemahaman tentang etika online, keamanan informasi, dan evaluasi konten digital.

2. Pelatihan Guru: Guru perlu diberikan pelatihan yang memadai tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta cara mengajar tentang etika dan keamanan online kepada siswa. Pelatihan ini harus berkelanjutan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan tren digital yang terus berubah.

3. Pembentukan Lingkungan Belajar yang Aman dan Inklusif: Sekolah harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif di dunia maya. Ini termasuk memerangi cyberbullying, mengelola perilaku online siswa, dan menyediakan dukungan bagi siswa yang mungkin mengalami masalah kesehatan mental terkait penggunaan teknologi.

4. Pengembangan Keterampilan Kritis: Sekolah harus memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan kritis seperti pemikiran kritis, analisis informasi, dan evaluasi konten digital. Ini memungkinkan siswa untuk menjadi konsumen yang cerdas dan kritis terhadap informasi yang mereka temui secara online.
 
C. Interaksi antara Keluarga dan Sekolah
Kerjasama antara keluarga dan sekolah adalah kunci dalam menghadapi risiko transformasi digital di kalangan siswa. Komunikasi terbuka dan kerja sama dalam mengembangkan strategi yang konsisten dan terkoordinasi sangat penting. Ini dapat dilakukan melalui pertemuan orang tua-guru, workshop bersama, dan platform komunikasi online.

Selain itu, membangun kemitraan dengan komunitas lokal dan lembaga lainnya juga dapat membantu meningkatkan pemahaman dan dukungan terhadap isu-isu digital di kalangan siswa. Misalnya, kolaborasi dengan organisasi non-pemerintah yang fokus pada literasi digital atau keamanan online dapat memberikan sumber daya tambahan bagi siswa, keluarga, dan sekolah.

Kerjasama antara keluarga dan sekolah sangat penting dalam menghadapi risiko transformasi digital di kalangan siswa. Orang tua dan guru harus saling mendukung dan berbagi informasi untuk memastikan bahwa siswa mendapat bimbingan yang konsisten dan holistik dalam menggunakan teknologi secara bertanggung jawab dengan cara sebagai berikut:

1. Pertemuan Orang Tua-Guru: Pertemuan orang tua-guru harus dimanfaatkan sebagai platform untuk berbagi informasi tentang penggunaan teknologi oleh siswa dan berdiskusi tentang strategi untuk menghadapi risiko yang muncul. Ini juga merupakan kesempatan bagi orang tua untuk mendapatkan saran dan bimbingan dari guru tentang cara mendukung anak-anak mereka dalam penggunaan teknologi.

2. Pelatihan Bersama: Sekolah dapat menyelenggarakan pelatihan bersama untuk orang tua dan guru tentang penggunaan teknologi oleh siswa, etika online, dan strategi pengawasan yang efektif. Pelatihan ini dapat membantu membangun pemahaman yang lebih baik dan meningkatkan kerjasama antara keluarga dan sekolah dalam mendukung siswa.

3. Platform Komunikasi Online: Sekolah dapat menggunakan platform komunikasi online untuk terus berkomunikasi dengan orang tua tentang penggunaan teknologi oleh siswa, menyediakan sumber daya tambahan, dan memfasilitasi diskusi antara orang tua tentang pengalaman dan tantangan yang mereka hadapi dalam membimbing anak-anak mereka melalui transformasi digital.
 
D. Dampak dalam Bidang Pendidikan
Pendekatan yang komprehensif terhadap peran keluarga dan sekolah dalam menghadapi risiko transformasi digital di kalangan siswa memiliki dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan. Pertama-tama, siswa menjadi lebih siap menghadapi dunia yang semakin terhubung secara digital. Mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang etika dan keamanan online, serta keterampilan teknis yang diperlukan untuk berhasil di era digital ini.

Selain itu, hubungan yang lebih kuat antara keluarga, sekolah, dan komunitas dapat meningkatkan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Dengan dukungan yang kokoh dari berbagai pihak, siswa merasa lebih termotivasi dan didukung dalam mengeksplorasi potensi mereka dalam penggunaan teknologi untuk pembelajaran dan pengembangan diri. Kerja sama antara keluarga dan sekolah dalam menghadapi risiko transformasi digital memiliki dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan antara lain:

1. Kesiapan Siswa: Siswa menjadi lebih siap menghadapi tantangan dunia yang semakin terhubung secara digital. Mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang etika dan keamanan online, serta keterampilan teknis yang diperlukan untuk berhasil di era digital ini.

2. Peningkatan Prestasi Akademik: Integrasi teknologi dalam kurikulum dan pengembangan keterampilan kritis dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Mereka dapat menggunakan teknologi sebagai alat untuk memperdalam pemahaman mereka tentang berbagai subjek dan meningkatkan keterampilan pembelajaran mereka.

3. Peningkatan Kesejahteraan Siswa: Lingkungan belajar yang aman dan inklusif di dunia maya, didukung oleh kerjasama antara keluarga dan sekolah, dapat meningkatkan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Mereka merasa didukung dan terbimbing dalam penggunaan teknologi, dan memiliki akses ke sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan.

Kesimpulan
Pendidikan menengah adalah masa yang krusial dalam pembentukan karakter, pengetahuan, dan keterampilan siswa. Namun, dengan munculnya transformasi digital yang cepat, siswa dihadapkan pada risiko dan peluang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Dalam menghadapi risiko ini, peran keluarga dan sekolah menjadi sangat penting. Melalui kerjasama yang erat dan pendekatan yang terstruktur, kedua entitas ini dapat membimbing siswa melalui transformasi digital dengan sukses.
Keluarga adalah lingkungan pertama di mana anak-anak diperkenalkan dengan teknologi dan belajar bagaimana menggunakannya. Peran orang tua sangat penting dalam membimbing anak-anak mereka melalui transformasi digital ini. Orang tua harus memberikan pendidikan dan kesadaran tentang risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi digital, serta mengatur dan mengawasi penggunaan teknologi oleh anak-anak mereka. Mereka juga harus menjadi model perilaku yang baik dalam penggunaan teknologi dan menjaga saluran komunikasi yang terbuka dengan anak-anak mereka.
Sekolah juga memiliki peran yang krusial dalam membimbing siswa melalui transformasi digital. Sekolah perlu mengintegrasikan teknologi dalam kurikulum mereka, memberikan pelatihan kepada guru tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif di dunia maya, dan menekankan pada pengembangan keterampilan kritis siswa dalam menghadapi informasi digital.
Kerjasama antara keluarga dan sekolah sangat penting dalam menghadapi risiko transformasi digital di kalangan siswa. Pertemuan orang tua-guru, pelatihan bersama, dan penggunaan platform komunikasi online adalah beberapa cara di mana kedua entitas ini dapat bekerja sama untuk memberikan bimbingan yang konsisten dan holistik kepada siswa.
Kerja sama antara keluarga dan sekolah dalam menghadapi risiko transformasi digital memiliki dampak yang signifikan dalam bidang pendidikan. Siswa menjadi lebih siap menghadapi tantangan dunia yang semakin terhubung secara digital, prestasi akademik mereka meningkat, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan meningkat.
Dalam dunia yang semakin terhubung secara digital, peran keluarga dan sekolah dalam membimbing siswa melalui transformasi ini tidak bisa diremehkan. Dengan kerjasama yang erat dan pendekatan yang holistik, kedua entitas ini dapat membantu siswa menghadapi risiko dan memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Dampaknya dalam bidang pendidikan akan terasa dalam bentuk siswa yang lebih siap menghadapi masa depan yang semakin terhubung secara digital, lebih mampu, dan lebih terampil dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran dan pengembangan diri.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun