Dunia balap mobil bukan barang baru bagi Toyota. Raksasa otomotif asal Jepang telah berpartisipasi dalam sederet hajatan balap kelas dunia. Dari Formula One (F1) hingga Reli Dakar. Rekam jejak itu kemudian melahirkan Toyota Gazoo Racing (TGR).
Hasilnya gemilang. TGR mampu menjelma sebagai inspirasi pengembangan mobil berjiwa sporty. All New Agya GR Sport, salah satu. Mobil itu mengadopsi teknologi mobil balap dan dipasarkan pertama kali di Ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.
Toyota dan dunia balap adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Keduanya saling berkaitan bagi tumbuh kembang industri otomotif dunia. Toyota mencatatkan diri pertama kali ikut hajatan otomotif dunia di Mobilgas Round Australia Rally pada 1957.
Mobil Toyopet Crown Deluxe jadi andalan. Pun kala itu Toyota mampu berdiri meraih podium juara ke-3. Prestasi itu membuat Toyota semakin percaya diri andil di dunia balap dunia. F1 dan Reli Dakar yang menjadi panggung utama balapan mobil kelas dunia ikut dijajalnya.
Ragam pembalap kelas dunia pun lahir. Demikian pula dengan inovasi pengembangan kendaraan bermotor dari arena balap. Rekor dan peningkatan di dunia balap terus dilanggengkan. Puncaknya, Toyota mendirikan Toyota Gazoo Racing (TGR) pada 2015.
Divisi balap motor sport global Toyota jadi yang paling ditunggu-tunggu aksinya di dunia balapan. Mereka mampu mengubah dan mengembangkan performa mobil besutan Toyota dengan cukup baik. Pengalaman dan inovasi di dunia balap itulah yang nantinya akan diadopsi untuk mengembangkan mobil produksi massal milik Toyota.
Tujuannya supaya mobil besutan Toyota memiliki entitas sekuat dan setangguh mobil balap. Akan tetapi, mobil itu nyaman dan aman digunakan untuk segala macam aktivitas sehari-hari. apalagi aktivitas yang mengharuskan bergerak cepat.
"Balap mobil lebih dari sekadar hiburan. Balap mobil sangat penting untuk pengembangan industri kendaraan penumpang. Sama seperti para atlet menguji kemampuan mereka dengan bersaing mengandalkan seluruh kekuatan di ajang Olimpiade."
"Para pembuat mobil menggunakan balap sebagai kesempatan untuk mendorong kinerja kendaraan hingga batasnya dan bersaing untuk mendapatkan supremasi. Hal itu memungkinkan mereka menemukan cara baru untuk memajukan teknologi otomotif," ungkap Pendiri Toyota, Kiichiro Toyota sebagaimana dikutip laman Toyota, 20 Agustus 2020.
All New Agya GR Sport dan GJAW 2023
Mobil-mobil besutan TGR cepat menjadi primadona di dunia. Di Indonesia, apalagi. Fakta itu dihadirkan dalam hajatan GJAW 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada 10 Maret 2023.
Alih-alih tampil biasa, PT. Toyota Astra Motor (TAM) justru tampil maksimal di GJAW 2023. Mereka mempersiapkan booth pameran dengan maksimal. Saya pun berkesempatan menyaksikan peluncuran pemasaran dua mobil andalannya. All New Agya dan All New Agya GR Sport, namanya.
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy bertindak menjelaskan acara peluncuran pemasaran keduanya mobil city car itu. Mobil besutan TAM bekerja sama dengan TGR itu digadang-gadang akan mampu merebut pasar entry level.
Kehadiran lantas membuat antusias pengunjung Toyota GJAW 2023 memuncak di booth milik TAM. Mereka menikmati seluruh layanan maksimal yang dihadirkan TAM. Empunya usaha menyebutnya sebagai Total Mobility Solution. Dari layanan penjualan hingga asuransi.
Perhatian pun teralihkan ketika melirik All New Agya GR Sport. Mobil yang dibanderol dengan harga 237 jutaan hingga 256 jutaan digadang-gadang membuat All New Agya GR Sport berada di atas segmen Low Cost Green Car (LCGC). Semua karena TGR telah melakukan pengembangan dan perombakan maksimal di setiap bagian All New Agya GR Sport.
TGR merancang All New Agya GR Sport dengan maksimal. Semua komponen yang digunakan baru supaya semua setia sama Toyota. Antara lain platform, mesin, transmisi, dan suspensi. All New Agya GR Sport juga menggunakan mesin baru 1.200 cc dengan tenaga 88 fs dan torsinya juga meningkat 113 liter meter.
Mobil itu sebagaimana diungkap Jimmi nampak lebih powerful. Sebagaimana jargon mereka Move with No Boundaries. Namun, tetap reliable dan sangat efisien. Urusan hemat bahan bakar tak perlu ditanya. Konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 1:21 KM. Alias sangat irit. Demikian pula dengan keamanan dan kenyamanan yang dihadirkan. Jarak antar penumpang lebih lega. Bahkan, mendekati level Avanza.
"Dan walaupun kedua mobil ini bisa disebut dengan model yang entry level, tetapi sensasi berkendaranya tak seperti entry level. Jadi bener-benar stabil, responsif dan juga sangat bagus. Dan khusus untuk All New Agya GR Sport kita lakukan juga spesial tuning dari sisi power steering, steering gear dan juga bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber yang lebih baik dan penggunaan bannya yang sport tire. Sehingga handlingnya akan lebih baik lagi. Lebih tinggi, lebih superior lagi, lebih sporty dibanding All New Agya biasa," terang Jimmi.
Kehadiran All New Agya GR Sport sungguh spesial. Bak memindahkan seluruh filosofi TGR yang mengembangkan mobil balap ke mobil harian. Pelajaran dari dunia balapan, jalanan, hingga kenyamanan pengemudi/pembalap jadi fokus utamanya.
Beberapa fitur canggih dan komponen premium turut disematkan ke dalam All New Agya GR Sport. Semuanya demi kepuasan pelanggan TAM yang notabene ingin mobilnya tampil sporty. Terutama, orang-orang yang menginginkan mobil kencang, punya DNA mobil balap, dan tampilan yang garang.
Daya pikat itulah yang membuat All New Agya GR Sport mendapatkan sambutan positif di GJAW 2023. Saya, apalagi. Kegirangan semakin bertambah kala menemukan dua mobil bertipe All New Agya GR Sport di area booth TAM.
Satu All New Agya GR Sport yang sudah diadopsi jadi mobil harian. Satunya lagi mobil GR Sport dalam balutan mobil balap yang akan berlaga di ajang Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) dan Slalom Autokhana Championship 2023.
Pun di arena booth pengunjung dapat langsung membeli unit All New Agya GR Sport. Pembelian itu langsung mendapatkan ragam promo menarik. Misalnya, calon pembeli akan mendapatkan langsung gratis servis dan penggantian suku cadang sebanyak tujuh kali servis. Keuntungan itu membuat calon pembeli tak perlu merogoh kocek yang banyak untuk merawat All New Agya GR Sport di tahun-tahun pertama.
"Produk Toyota Gazoo Racing itu bukan lahirnya dari mobil rumahan. Bukan dari mobil harian. Lahirnya justru dari mobil balap. Jadi ini lahir mobil balapnya duluan. Tapi setelah berjalannya waktu mulai dibikin mobil-mobil harian yang DNA diambil mobil balap."
"Ini mobil All New Agya GR Sport adalah mobil yang sudah didesain ulang, dan re-engineer ulang oleh tim TGR. Jadi tujuan Toyota di dunia balap itu ada dua. pertama, ikut balap. Kedua, mencari pelajaran untuk beberapa hal penting terkait perkembangan mobil. Mempelajari kapasitas mesin. Mempelajari durability, dan mempelajari orang butuhnya apa. Hal itu jadi bahan penting membangun All New Agya GR Sport," tutup Kepala Departemen Marketing Planning and New Business Division, Dimas Ibrahim Saleh Aska yang diwawancarai penulis di GJAW 2023.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H