Mohon tunggu...
Detha Arya Tifada
Detha Arya Tifada Mohon Tunggu... Editor - Content Writer

Journalist | Email: dethazyo@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Mobility Zone: Cara Toyota Manjakan Pelanggan Setia di GIIAS 2022

23 Agustus 2022   08:20 Diperbarui: 23 Agustus 2022   08:40 5062
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Toyota Safety Sense Showcase | Dok. Pribadi

Hajatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 acap kali membawa kejutan. "Future is Bright" jadi tema kesohornya. Empunya acara ingin hajatannya GIIAS 2022 menjelma bak gerbang utama edukasi dan inovasi teknologi industri otomotif.

PT. Toyota Astra Motor (TAM) menjawab tantangan itu. Toyota hadir dengan kekuatan penuh. Alih-alih hanya memamerkan deretan mobil berteknologi tinggi, Toyota juga turut memanjakan pelanggan setianya dengan kehadiran Mobility Zone (zona Mobilitas).

Apa itu? 

Tiada hal yang menggembirakan selain menjadi saksi dari perhelatan GIIAS 2022. Apalagi kedatangan ke GIIAS bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022. Suasana semangat dan jiwa merdeka yang tiada dua mengiringi langkah ke ICE, BSD, Tangerang, Banten.

Hajatan itu begitu spesial. Jauh-jauh hari empunya hajatan, Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi telah menggadang-gadangkan GIIAS 2022 sebagai pameran yang akan memberikan edukasi dan inovasi teknologi industri otomotif nasional.

Teknologi ramah lingkungan hidup khususnya. Yang mana,  penyelenggaraan GIIAS ke-29 diyakini sebagai momentum kebangkitan industri otomotif di tanah air.

Semua itu karena sebelumnya industri otomotif tanah air sempat mati suri karena merajalelanya pandemi COVID-19. Kini, kondisi telah berubah. Pandemi COVID-19 mulai tertangani dengan baik. Kabar gembira itu merangsang produsen mobil untuk terus menelurkan inovasi-inovasi terbarunya.

GIIAS pun dianggapnya jadi wabah atau etalase yang tepat. Empunya pabrik mobil dapat memamerkan kendaraan yang terbaru. Pun hajatan itu didukung banyak pihak.

Pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perindustrian,  bahkan ikut turun tangan membantu kesuksesan GIIAS 2022. Semangat kolaborasi inilah yang menjadikan daya tarik utama bagi saya bertandang ke GIIAS.   

"Terima kasih kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang telah memberikan perhatian yang sangat besar demi kemajuan industri otomotif Indonesia juga penyayang kami Kementerian Perindustrian yang senantiasa memberikan dukungan serta berbagai kebijakan yang telah membantu industri otomotif indonesia melewati masa-masa sulit juga saat ini bisa terus bertahan dan berkembang," tandas Yohanes sebagaimana dikutip laman Okezone.com (11/8).

Saya pun tak kuasa menahan hasrat mendatangi GIIAS 2022. Tujuannya untuk menikmati segala hal yang ditawarkan oleh pameran. Hall 1 dipilih sebagai gerbang masuk. Untuk menikmati pameran secara utuh, pikir saya. Bukan loncat-loncat.

Toyota jadi booth pertama yang disambangi. Pengunjung booth Toyota bejibun. Rasa skeptis meninggi. Berkeliling seputar booth Toyota jadi opsi. Jawabannya pun tersaji dengan sendirinya. Booth seluas 4.000m2 berkonsep futuristic dan advance.

Artinya Toyota ingin menunjukkan keseriusan menghadirkan mobil-mobil terbaik di masa depan. Toyota GIIAS 2022 diisi lebih dari 35 mobil selama pameran berlangsung. Tiap mobil yang ditampilkan memiliki keunggulan masing-masing. Dari sports car, kendaraan elektrifikasi, hingga model konvensional. Sesuai dengan kebutuhan mobilitas masyarakat.

Corolla Altis Hybrid | Dok. Pribadi
Corolla Altis Hybrid | Dok. Pribadi

Semuanya dihadirkan sesuai dengan perwujudan semangat "Let's Go Beyond". Produsen mobil sejuta umat itu tak melulu 'memonopoli' area pemerannya dengan deretan mobil terbaiknya saja. Sebab, Toyota juga melengkapi dengan layanan pendukung mobilitas yang lebih innovative, accessible, dan advanced. Demi memanjakan pelanggan setia Toyota. Karenanya, Mobility Happiness for All tercipta.

"Kami berupaya mewujudkan semangat Beyond Product, Beyond Service, dan Beyond Technology pada GIIAS tahun ini, dengan menghadirkan berbagai line up yang mewakili setiap kebutuhan mobilitas masyarakat dan solusi mobilitas yang beragam.

Dengan menghadirkan booth Toyota yang bersebelahan dengan Lexus, kami berharap bisa memberikan kemudahan kepada para pengunjung untuk memilih pendukung mobilitas yang sesuai dengan kebutuhan." kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Menjajal Mobility Zone

Menikmati deretan mobil baru nan canggih dari Toyota tiada habisnya. Rasanya tak bosan-bosan untuk kembali lagi mengecek dari luaran hingga 'jeroan' mobil. Namun, gelora ingin tahu akan tiap sudut booth Toyota lainnya tiada dua.

Mobility Zone (Zona Mobilitas) salah satunya. Zona Mobilitas jadi salah satu bagian yang menarik rasa penasaran semua pelanggan setia Toyota yang datang. Saya apalagi. Sepintas Zona Mobilitas memiliki empat fasilitas utama dengan keunggulan masing-masing. Toyota Safety Sense Showcase, Toyota Mobility Video, xEV Interactive Education (Eco Hero), hingga T Intouch.

Saya yang dalam posisi penasaran mencoba semuanya. Langkah itu diambil sebagai bagian dari pelanggan setia Toyota. 

Toyota Safety Sense Showcase. Inilah layanan yang pertama kali saya coba di Zona Mobilitas. Toyota Safety Sense nyatanya adalah fitur keselamatan aktif yang pertama kali dipasang di Toyota Avanza dan Toyota Veloz terbaru di Indonesia.

Toyota Safety Sense Showcase | Dok. Pribadi
Toyota Safety Sense Showcase | Dok. Pribadi

Pelanggan setia Toyota yang ingin membeli mobil varian Toyota Avanza G CVT TSS dan Toyota Veloz Q CVT TSS dapat melihat lebih dulu fitur keamanan yang ditawarkan. Toyota Safety Sense Showcase akan memberikan gambaran keamanan dari mobil.

Mulai dari pencegahan tabrakan depan, tabrakan saat parkir, menjaga mobil tetap di jalurnya, hingga peringatan kepada pengemudi ketika ada mobil yang berada di zona blind spot (tidak terlihat). Fitur canggih itu digadang-gadang sebagai bukti dari Toyota yang terus menelurkan inovasi.

Toyota Mobility Video. Layanan ini memberikan pengunjung banyak gambaran terkait mobilitas dan inovasi Toyota di masa depan. Video itu dilengkapi pula oleh ragam studi kasus yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui alur solusi Toyota memecahkan masalah.

Toyota Mobility Video | Dok. Pribadi
Toyota Mobility Video | Dok. Pribadi

xEV Interactive Education (Eco Hero). Layanan ini cukup menarik. Isinya adalah edukasi interaktif yang mengumpulkan jawaban dari pelanggan setia Toyota dari aktivitas sehari-hari.

Jawaban yang diberikan nantinya akan diakumulasi jadi karakter dengan Eco Hero tertentu. Alias pelanggan setia Toyota dielu-elukan laksana pahlawan peduli lingkungan hidup.

Toyota Eco Hero | Dok. Pribadi
Toyota Eco Hero | Dok. Pribadi

Eco Hero yang bisa didapatkan antara lain Active Adventurer, Free Sprited, dan Smart City Guy. Masing-masing Eco Hero akan mendapatkan rekomendasi mobil ramah lingkungan yang sesuai dengan aktivitas pelanggan Toyota.

kepribadian yang didapat | Dok. Pribadi
kepribadian yang didapat | Dok. Pribadi

Saya pun tak lupa mencobanya. Akumulasi jawaban yang saya berikan menunjukan kepribadian seorang Active Adventurer (petualang aktif). Karenanya, mobil yang cocok untuk saya gunakan adalah kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) yang mengandalkan penggerak elektrik pertama di Indonesia, C-HR Hybrid.

"Anda adalah petualang aktif. Sama seperti spirit dari toyota HEV (Hybrid Electric Vehicle), kamu suka mencampur hal-hal terbaik dan hidup dengan penuh. Kamu suka menjelajah dan melihat dunia secara keseluruhan," ucapan yang terpampang di layar.

T Intouch. layanan T Intouch ini memberikan pengunjung sebuah pandangan paru terkait kemudahan hidup yang ditawarkan oleh Toyota. Bagaimana tidak, fitur yang dulunya hanya disematkan kepada sedan premium New Camry, mulai dapat digunakan untuk All New Avanza dan All New Veloz.

Artinya, mobil kesayangan yang kita miliki dapat dikontrol lewat aplikasi M Toyota via telepon genggam. Akses T Intouch akan membawakan pelanggan setia kepada semua layanan mobilitas Toyota.  Keunggulannya ada banyak. Fitur-fitur mutakhirnya apalagi.

Fitur Find My Car misalnya: Tiada lagi kisah-kisah menyedihkan ketika tak kelamaan menemukan mobil yang diparkir di pusat perbelanjaan. Sekali akses fitur itu akan memberi tahu secara akurat posisi mobil. Pelanggan pun merasakan nyaman dan aman karenanya.

Fitur Geofencing:  Fitur ini memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pelanggan setiap saat.

Fitur Inquiry & Support Center: Fitur ini menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

Fitur E-Care (Maintenance): Fitur ini akan akan banyak membantu pelanggan setia Toyota untuk mengatur pengingat dalam rangka perawatan kendaraan secara berkala. Tujuannya jelas. Supaya kendaraan pelanggan selalu dalam performa terbaiknya.

Rasa ingin tahu saya terpuaskan. Kalaupun ada kebingungan seputar fasilitas yang terdapat di Zona Mobilitas, saya langsung meminta bantuan petugas dari Toyota. Mereka siap sedia dalam membantu. Karenanya, segala macam yang ada di Zona Mobilitas mengarahkan pelanggan setia beberapa fakta. Toyota mampu menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan rasa aman.

Tak hanya itu, kehadiran xEV Interactive Education juga mampu mengajak pelanggan setia sama Toyota untuk jadi pahlawan bagi lingkungan hidup di masa depan. Tentu saja, hal itu senada dengan agenda Toyota mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon dengan berkendara lewat ragam kenderaan elektrifikasi dari Toyota.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun