Mohon tunggu...
Desy Kurnia
Desy Kurnia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Digital Marketing dalam UMKM

20 September 2023   10:05 Diperbarui: 21 September 2023   07:49 341
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1.contoh berita yang menggambarkan ekonomi mikro

2. Resume jurnal

Judul jurnal: Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen

Penulis: Ardani, W

Penggunaan internet, media sosial, aplikasi seluler, dan teknologi komunikasi digital lainnya telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Pemasaran konsumen di masa depan sebagian besar akan dilakukan melalui pengaturan digital, terutama media sosial dan seluler. Digital marketing atau pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet, memberikan peluang konsumen untuk mencari informasi tentang produk yang akan dibeli, dan memperoleh testimoni dari konsumen lain tentang pengalaman mereka setelah mengkonsumsi sebuah produk. Digitalisasi menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen, dimana penggunaan internet, media sosial, aplikasi seluler, dan teknologi komunikasi digital lainnya telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. 

Perilaku konsumen dapat dideskripsikan sebagai gambaran bagaimana individu mengambil keputusan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk membeli barang-barang yang berhubungan dengan konsumsi. Informasi yang diterima secara digital, misalnya ulasan pelanggan, tawaran lelang secara online, informasi tentang kehidupan teman, dapat memengaruhi perilaku konsumen. Internet memungkinkan proses pemasaran yang lebih efektif, respon yang lebih cepat dan biaya yang lebih murah sehingga pemasaran produk dapat lebih terbantu. 

https://sg.docworkspace.com/d/sIEbVoaCSAd6Pq6gG?sa=e1&st=0t

Judul jurnal : Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM

Penulis : Susanto, B., dkk

Digital marketing merupakan salah satu media pemasaran yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat untuk mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Masyarakat mulai meninggalkan model pemasaran tradisional sedikit demi sedikit dan beralih ke pemasaran modern, yaitu digital marketing. Melalui digital marketing, komunikasi dan transaksi bisa dilakukan setiap waktu dan bisa mengglobal atau mendunia. Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran yang memanfaatkan internet dan berbagai teknologi informasi untuk memperluas pasar dan meningkatkan volume penjualan. 

Tetapi masih banyak pelaku usaha yang tidak mengetahui penerapan digital marketing dalam usaha. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan terkait penerapan digital marketing dalam kegiatan usaha. Tahap pertama yang di lakukan adalah sosialisasi dan penyuluhan digital marketing, kemudian yang kedua pelatihan penggunaan digital marketing dan terakhir praktik dan pendampingan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi pelaku UMKM. Kegiatan yang dilaksanakan telah mampu meningkatkan kemampuan mitra dalam melakukan pemasaran.

https://sg.docworkspace.com/d/sIGzVoaCSAf-Pq6gG?sa=e1&st=0t

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun