Mohon tunggu...
Desy Wahyuningsih
Desy Wahyuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru

hobi saya makan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

26 Januari 2023   14:00 Diperbarui: 26 Januari 2023   14:05 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

LK 3.1 Menyusun Best Practices

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam

Pembelajaran

Nama            : Desy Wahyuningsih

NIM                : E1D222080

Lokasi

SMAN 2 Mataram

Lingkup Pendidikan

SMA

Tujuan yang ingin dicapai

PPL 1

Meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X   SMAN 2 Mataram pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris pada materi Descriptive Text dengan

menggunakan model pembelajaran PBL.

Penulis

Desy Wahyuningsih

Tanggal

10 Desember 2022 ( Tanggal Pelaksanaan PPL)

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi siswa kelas X merupakan siswa yang menjadi bagian dari peralihan pembelajaran daring selama kurang lebih dua tahun ke pembelajaran luring. Pembelajaran daring yang mereka dapatkan selama di bangku sekolah sebelumnya membuat mereka memiliki motivasi yang kurang dalam belajar, terutama pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini mengakibatkan siswa kurang memiliki minat belajar, terutama dalam menulis teks dalam bahasa inggris.

Praktik pembelajaran PPL 1 ini menurut saya mampu memberikan perubahan yang signifikan dalam proses pembelajaran siswa. Dalam proses pembelajaran, siswa lebih berperan dalam menganalisis dan menyusun descriptive text dalam

bahasa inggris.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara guru kepala sekolah dan Pakar maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu:

Siswa memiliki motivasi yang kurang dalam pembelajaran bahasa inggris

Siswa kesulitan dalam menulis teks bahasa inggris karna kekurangan pengetahuan dalam bahasa inggris

Guru belum mampu memberikan motivasi

Faktor pemilihan media ajar oleh guru

Kurangnya pemanfaatan Tehnology yang sesuai oleh guru.

Keadaan atmosphere kelas yang kurang nyaman

Dalam hal ini, keadaan siswa Siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor external, faktor external ini berupa Keadaan disekolah, guru, lingkungan, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun