PENGGUNAAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER
SMAN COLOMADU
KONSEP DASAR JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET
KELAS X / FASE E
Semester 1 (Ganjil)
I.
A.
INFORMASI UMUM
Identitas Modul
Nama Penyusun
: Desva Fitranda Majid
Nama Sekolah
Tahun Penyusunan
: SMA N Colomadu
: 2023
Jenjang Sekolah
Alokasi Waktu
: SMA
: 8 Jam Pelajaran (2 Pertemuan x 4 JP)
Elemen
: Jaringan Komputer dan Internet
Capaian pembelajaran:
Pada akhir fase E peserta didik mampu memahami konsep dasar jaringan komputer, termasuk bagaimana perangkat komunikasi antar komputer melalui jaringan, serta mampu mengidentifikasi dan mengatasi masalah umum yang terkait dengan koneksi jaringan dan masalah komputer dasar.
B. Â Kompetensi Awal
Peserta didik telah memiliki pengetahuan awal tentang:
1. Â Memiliki pemahaman dasar tentang komputer, termasuk bagaimana komputer bekerja, perangkat keras dan perangkat lunaknya, serta cara mengoperasikannya.
C. Â Profil Pelajar Pancasila
Setelah mengikuti pembelajaran ini, Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan muncul pada peserta didik adalah:
1. Â Mandiri, ditunjukkan dengan memiliki prakarsa untuk mengembangkan diri dan
tidak tergantung pada orang lain.
2. Â Kreatif, ditunjukkan dengan keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan.
3. Â Bernalar kritis, ditunjukkan dengan memproses, mengolah, menganalisis, dan merefleksi pemikirannya sendiri.
4. Â Bergotong Royong, siswa bersama kelompok secara sukarela melakukan kegiatan penyelesaian tugas dapat dikerjakan dan berjalan lancar, mudah dan ringan. Masing- masing siswa dapat dengan mudah berkolaborasi, saling peduli dan berbagi.
D. Â Sarana & Prasarana
Sarana & Prasarana yang dibutuhkan pada saat belajar dengan modul ini antara lain:
1. Â Laptop/LCD Proyektor
2. Â Media ajar/Video
3. Â Ruang Laboratorium
4. Â Perangkat komputer
5. Â Lembar Jobsheet
E. Â Target Peserta Didik
Peserta didik reguler
F. Â Model Pembelajaran yang Digunakan
* Â Ceramah
* Â Demontrasi
* Â Pembelajaran dengan Problem Base Learning (PBL)
II. Â Â Â KOMPONEN INTI
A. Â Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu:
1. Â Memahami konsep dasar jaringan komputer, termasuk bagaimana perangkat komunikasi antar komputer melalui jaringan.
2. Â Mengidentifikasi dan mengatasi masalah umum terkait dengan koneksi jaringan dan
masalah komputer dasar.
3. Â Menggunakan perangkat keras seperti komputer, laptop, smartphone, dan perangkat jaringan lain dengan baik.
B. Â Pemahaman Bermakna
Meningkatkan pemahaman peserta didik terkait konsep dasar jaringan komputer dan dapat mengatasi trouble umum yang terjadi pada jaringan komputer, sehingga peserta didik dapat menggunakan perangkat komputer dan perangkat jaringan lain dengan baik.
C. Â Pertanyaan Pemantik
1. Â Apa yang kalian ketahui tentang konsep dasar komputer? Bagaimana komputer bekerja?
2. Â Jelaskan perbedaan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer?
3. Â Apa itu jaringan komputer, dan apa perbedaan antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN)?
4. Â Berikan contoh masalah umum yang mungkin terjadi saat menggunakan internet atau komputer? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?
D. Â Persiapan Pembelajaran
1. Â Membaca materi pembelajaran, menyiapkan perangkat, materi dan modul ajar.
2. Â Menyiapkan alat dan bahan
3. Â Jobsheet.
E. Â Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1
Tahapan
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1. Kegiatan awal
a. Â Pembukaan
1) Guru menyiapkan media pembelajaran.
2) Guru mengucapkan salam.
3) Memulai dengan berdo'a secara bersama-sama.
4) Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
5) Guru melakukan presensi siswa.
6) Guru mengisi buku agenda kelas. b. Â Apersepsi
1) Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
2) Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
3) Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4) Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5) Peserta didik diminta mengerjakan pretest.
c. Â Motivasi
1) Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
2) Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Â Â Apa yang kalian ketahui tentang konsep dasar komputer? Bagaimana komputer bekerja?
- Â Â Jelaskan perbedaan antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer?
25 menit
Kegiatan Inti
2. Kegiatan Inti
a. Â Eksplorasi
a. Â Menggali dan mendiskusikan materi konsep dasar komputer
b. Â Elaborasi
1) Guru menjelaskan apa yang dimaksud dengan konsep dasar komputer.
2) Guru menjelaskan perangkat-perangkat pada komputer.
3) Guru menjelaskan cara bekerja komputer dengan video.
130 menit
4) Peserta didik mendengarkan dengan sungguh-sungguh dan mencatat poin penting materi tentang konsep dasar jaringan komputer.
5) Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya.
c. Â Konfirmasi
a. Â Peserta didik menjelaskan kembali hasil mendengarkan dan mencatat dengan sukarela.
b. Â Guru menunjuk siswa jika tidak ada peserta didik yang mau menjelaskan.
c. Â Melakukan diskusi dan koreksi dari hasil penjelasan yang disampaikan peserta didik.
d. Â Peserta didik diminta mengerjakan postest.
a. Â Peserta didik memperbaiki dan melengkapi catatan yang kurang lengkap.
Penutup
3. Kegiatan Akhir
a. Â Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan
b. Â Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi pada pertemuan selanjutnya.
c. Â Memberikan motivasi peserta didik untuk tetap semangat dalam menunut ilmu (belajar).
d. Â Mengakhiri pembelajaran dengan membaca do'a.
e. Â Guru menginstruksikan peserta didik untuk merapikan dan memebersihkan lab.
f. Â Menutup pembelajaran dengan mengucap salam.
25 menit
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 2
Tahapan
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1. Kegiatan awal
a. Â Pembukaan
1) Guru menyiapkan media pembelajaran.
2) Guru mengucapkan salam.
3) Memulai dengan berdo'a secara bersama-sama.
4) Guru mengkondisikan peserta didik untuk siap belajar dan memeriksa kerapihan diri dan bersikap disiplin dalam kegiatan pembelajaran.
5) Guru melakukan presensi siswa.
6) Guru mengisi buku agenda kelas.
25 menit
b. Â Apersepsi
1) Guru menanyakan apa yang sudah dilakukan untuk mempersiapkan pertemuan hari ini.
2) Menjajaki daya ingat siswa tentang materi sebelumnya.
3) Mengajukan pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
4) Menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
5) Guru mengaitkan kejadian sehari-hari dengan materi.
c. Â Motivasi
1) Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai dengan manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari.
2) Guru memberikan pertanyaan pemantik:
- Â Â Apa itu jaringan komputer, dan apa perbedaan antara jaringan lokal (LAN) dan jaringan luas (WAN)?
- Â Â Berikan contoh masalah umum yang mungkin terjadi saat menggunakan internet atau komputer? Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?
Kegiatan Inti
Orientasi peserta didik pada masalah.
1. Â Peserta didik diberi pemaparan masalah terkait pemahaman dasar jaringan komputer.
Seorang teman Anda bertanya, 'Apa itu alamat IP?'
Bagaimana Anda akan menjelaskan konsep ini kepadanya dengan sederhana?
2. Â Peserta didik diminta untuk:
a. Â Menganalisis penyelesaian masalah dengan mengemukakan pedapat.
b. Â Mengajukan pertanyaan terkait penyelesain masalah.
c. Â Guru bersama peserta didik menentukan penyelesaian masalah.
Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
1. Â Guru meminta peserta didik membentuk kelompok secara heterogen (laki-laki dan perempuan) setiap kelompok 3-4 orang.
2. Â Guru meminta peserta didik untuk menganalisa
permasalahan terkait materi tersebut.
Membimbing penyelidikan yang dilakukan secara individu maupun kelompok.
130 menit
1. Â Peserta didik berdiskusi dan mengerjakan jobsheet.
2. Â Guru memberi kesempatan peserta didik untuk bertanya jika kesulitan dalam mengerjakan jobsheet.
Mengembangkan dan menyajikan penyelesaian masalah.
1. Â Peserta didik melaporkan hasil diskusi melalui pekerjaan lembar jobsheet.
2. Â Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya dan mempersilahkan peserta didik yang lain untuk memberikan tanggapan, pertanyaan, atau masukan.
3. Â Guru mendampingi dan melakukan penilaian saat peserta didik sedang presentasi diskusi.
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
1. Â Guru dan peserta didik melakukan analisis dan evaluasi terhadap pemecahan masalah.
Penutup
1. Â Peserta didik dan guru melakukan refleksi pembelajaran.
Peserta didik menyimpulkan atau mengevaluasi mengenai materi yang telah disampaikan.
2. Â Peserta didik mengerjakan tes formatif.
3. Â Guru menyampaikan materi atau kegiatan yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
4. Â Guru menutup pembelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam
25 menit
F. Â Asesmen
Penilaian
Bentuk  Penilaian
Penilaian Sikap : observasi
Lembar Jurnal
Penilaian Pengetahuan : tes tulis
Pilihan Ganda / Penugasan
Penilaian Keterampilan : tes kinerja
Lembar Kinerja (proses) / praktik
G. Â Refkleksi Peserta didik dan guru
1. Â Apa ada kendala pada kegiatan pembelajaran?
2. Â Apakah semua peserta didik aktif selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
3. Â Apa saja kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran?
4. Â Apakah kesulitan yang dialami peserta didik dapat teratasi?
5. Â Apa level pencapaian rata-rata peserta didik dalam kegiatan pembelajaran ini?
6.  Apakah seluruh peserta didik dapat tuntas dalam pelaksanaan  pembelajaran?
7.  Apa strategi yang harus dipilih supaya peserta didik dapat  menuntaskan kompetensi?
Materi Ajar
Â
Â
Konsep Dasar Jaringan Komputer
Definisi Jaringan Komputer
Sebuah jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat lain yang terhubung satu sama lain untuk berbagi sumber daya, seperti data, printer, dan koneksi internet. Jaringan komputer memungkinkan komunikasi dan pertukaran informasi antara pengguna di berbagai lokasi.
Komponen Utama Jaringan Komputer
- Node/Komputer: Perangkat individu dalam jaringan yang dapat menerima, mengirim, atau memproses data.
- Media Transmisi: Medium yang digunakan untuk mengirim data, seperti kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel.
- Hub/Switch/Router: Perangkat yang digunakan untuk mengarahkan dan mengontrol lalu lintas data di dalam jaringan.
- Protokol: Aturan dan standar yang mengatur bagaimana data dikirimkan dan diterima dalam jaringan.
Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Berdasarkan Area Penyebaran
- LAN (Local Area Network): Jaringan yang mencakup area lokal seperti di dalam sebuah kantor atau sekolah.
- WAN (Wide Area Network): Jaringan yang mencakup area yang lebih luas, seperti antar kota atau antar negara.
Berdasarkan Topologi
- Bus: Semua komputer terhubung ke satu jalur utama.
- Star: Semua komputer terhubung ke satu titik pusat.
- Ring: Setiap komputer terhubung ke dua komputer lainnya, membentuk cincin.
Internet dan Protokol TCP/IP
Internet
Internet adalah jaringan global yang terhubung menggunakan berbagai teknologi komunikasi dan infrastruktur. Ini memungkinkan akses ke informasi, layanan, dan komunikasi di seluruh dunia.
Protokol TCP/IP
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah serangkaian protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi data di internet. Protokol ini terdiri dari TCP yang mengatur pengiriman data yang handal dan IP yang menangani alamat dan routing.
Keamanan Jaringan
Ancaman Keamanan Jaringan
- Malware: Perangkat lunak berbahaya seperti virus, worm, dan trojan horse.
- Serangan DoS (Denial of Service): Upaya membuat sumber daya jaringan tidak tersedia untuk pengguna yang sah.
- Phishing: Upaya memperoleh informasi pribadi dengan menyamar sebagai entitas tepercaya.
Cara Melindungi Jaringan
- Firewall: Mengontrol lalu lintas data yang masuk dan keluar dari jaringan.
- Pembaruan Keamanan: Memastikan perangkat lunak dan sistem keamanan selalu diperbarui.
- Enkripsi: Mengamankan data dengan mengubahnya menjadi format yang tidak bisa dibaca tanpa kunci enkripsi.
Tantangan dan Manfaat Jaringan Komputer
- Manfaat: Akses cepat ke informasi, berbagi sumber daya, kolaborasi, dan komunikasi yang efisien.
- Tantangan: Keamanan, privasi, ketergantungan, dan masalah teknis.
Â
Â
Kesimpulan
Jaringan komputer dan internet adalah bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Pemahaman tentang konsep dasar ini membantu dalam memahami bagaimana informasi dan komunikasi bekerja di era digital saat ini.
LKPD
Nama Siswa   :
Kelas        :
No Absen     :
Semester     :
Tahun        :
- Tujuan Pembelajaran
- Memahami prinsip dasar jaringan komputer.
- Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah umum dalam jaringan komputer.
- Memahami konsep dasar keamanan jaringan dan strategi perlindungan.
- Mampu merancang konfigurasi jaringan sederhana.
- Instruksi
- Kerjakan tugas dengan seksama dan kooperatif bersama anggota kelompok.
- Gunakan bahan referensi dan pengetahuan yang telah dipelajari sebelumnya.
- Diskusikan ide dan solusi bersama anggota kelompok.
- Tanyakan kepada pengajar jika ada pertanyaan.
- Anda diberikan waktu 60 menit untuk menyelesaikan LPD ini.
- Pembagian Kelompok
- Peserta didik dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk mendiskusikan masalah yang diberikan, menganalisis penyebab, dan mencari solusi.
- Penugasan Masalah
- Sebuah perusahaan mengalami kesulitan dalam koneksi internet. Pengguna melaporkan bahwa beberapa komputer tidak dapat terhubung ke internet. Setelah dianalisis, ditemukan bahwa satu komputer yang terhubung ke router utama tidak dapat mengakses internet sementara komputer lainnya dapat. Identifikasi dan jelaskan kemungkinan penyebab masalah ini beserta solusinya.
- Pemecahan Masalah dan Presentasi Hasil
- Setiap kelompok diminta untuk menyelesaikan masalah yang telah diberikan dengan menerapkan konsep dasar jaringan yang telah dipelajari. Lalu, setiap kelompok mempresentasikan solusi yang mereka temukan.
- Diskusi
- Setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan pendekatan yang diambil dan alasan di balik solusi yang diusulkan.
- Penilaian
- Penilaian untuk mengukur pemahaman, keterampilan, dan kemampuan kolaborasi peserta didik dalam menyelesaikan masalah terkait jaringan komputer dan internet.
Assessment
Â
Â
Bagian 1: Pilihan Ganda
Instruksi:
Pilihlah jawaban yang benar dengan mencentang kotak di depan jawaban yang sesuai.
- Jaringan yang mencakup area lokal seperti di dalam sebuah kantor atau sekolah disebut sebagai...
A. WAN
B. LAN
C. MAN
D. PAN
- Media transmisi yang sering digunakan dalam jaringan komputer untuk koneksi nirkabel adalah...
A. Kabel tembaga
B. Serat optik
C. Bluetooth
D. Kabel koaksial
- Protokol yang digunakan untuk mengatur komunikasi data di internet disebut sebagai...
A. TCP/IP
B. HTTP
C. FTP
D. SMTP
- Ancaman keamanan jaringan yang mengganggu layanan jaringan sehingga tidak tersedia untuk pengguna yang sah disebut sebagai...
A. Phishing
B. Malware
C. DoS (Denial of Service)
D. Hacking
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Bagian 2: Esai Singkat
Instruksi:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas.
- Jelaskan perbedaan antara LAN dan WAN beserta contohnya.
- Mengapa keamanan jaringan penting? Sebutkan setidaknya dua metode untuk meningkatkan keamanan jaringan.
Â
Bagian 3: Studi Kasus
Instruksi:
Bacalah studi kasus berikut dan jawab pertanyaan yang terkait.
Sebuah perusahaan kecil mengalami serangan malware yang menginfeksi beberapa komputer di jaringan mereka. Identifikasi tiga langkah yang harus diambil perusahaan tersebut untuk meningkatkan keamanan jaringan mereka.
Â
Bagian 4: Praktikum
Instruksi:
Lakukan tugas berikut di laboratorium atau menggunakan simulasi jaringan yang tersedia.
Rancanglah sebuah topologi jaringan sederhana yang terdiri dari minimal tiga komputer dan satu server. Gambarkan topologi ini beserta konfigurasi dasar yang diperlukan untuk menjalankannya.
Â
Penilaian
- Bagian 1 (Pilihan Ganda): 4 soal x 5 poin = 20 poin
Skor 5
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan tepat
Skor 0
Jika peserta didik salah menjawab soal
- Bagian 2 (Esai Singkat): 2 soal x 15 poin = 30 poin
Skor 15
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan tepat
Skor 0
Jika peserta didik salah menjawab soal
- Bagian 3 (Studi Kasus): 1 soal x 25 poin = 25 poin
Skor 25
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan lengkap
Skor 15
Jika peserta didik menjawab soal tetapi tidak lengkap
Skor 5
Jika peserta didik menjawab soal dengan jawaban yang salah
Skor 0
Jika peserta didik tidak menjawab soal sama sekali
- Bagian 4 (Praktikum): 1 soal x 25 poin = 25 poin
Skor 25
Jika peserta didik menjawab soal dengan benar dan lengkap
Skor 15
Jika peserta didik menjawab soal tetapi tidak lengkap
Skor 5
Jika peserta didik menjawab soal dengan jawaban yang salah
Skor 0
Jika peserta didik tidak menjawab soal sama sekali
Total: 100 poin
Rentang Nilai:
- Nilai
- Skor
- Sangat Baik (A)
- 80 -- 100
- Baik (B)
- 70 -- 79
- Cukup (C)
- 60 -- 69
- Kurang (D)
- Kurang dari 60
Â
- Sikap
Aspek yang dinilai
Deskripsi
Nilai
Â
Â
Teliti
Mengerjakan proyek dengan ketelitian
yang mumpuni dan dapat menjelaskan hasilnya
Â
2
Mengerjakan proyek dengan teliti tetapi masih ada yang kurang lengkap
1
Tidak mau mengerjakan proyek
Â
Tanggung Jawab
Tidak mudah putus asa
2
Mudah putus asa
1
Tidak mau mengerjakan
Â
Â
Gotong Royong
Membantu teman sekelompok dan menyelesaikan kewajibannya
2
Hanya menyelesaikan kewajibannya
1
Tidak membantu teman sekelompok dan tidak menyelesaikan kewajibannya
Â
Skor Maksimal: 2 x 3 = 6
- Nilai Sikap: skor yang diperoleh skor maksimal x 100
- Rentang Nilai:
- Nilai
- Skor
- Sangat Baik (A)
- 80 -- 100
- Baik (B)
- 70 -- 79
- Cukup (C)
- 60 -- 69
- Kurang (D)
- Kurang dari 60
LEMBAR REFLEKSI PERTANYAAN KEPADA PESERTA DIDIK
Nama
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMAN Colomadu
Mata Pelajaran
:
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Petunjuk:
Berikut ini adalah daftar pertanyaan mengenai Bapak/Ibu guru yang mengajar di kelas. Pertanyaan ini buka ujian dan tidak akan berpengaruh apa-apa kepada kalian. Jawablah dengan jujur karena ini akan sangat membantu Bapak/Ibu guru dalam proses pembelajaran yang lebih baik lagi. Kamu hanya perlu menjawab sesuai ekspresi yang ada di lembar ini yang menggambarkan perasaan kamu sangat sedih, sedih, senang atau sangat senang dengan memberi tanda ceklis ().
Keterangan Penilain Skor:
Sangat Sedih
:
Sedih
:
Biasa Saja
:
Senang
:
Sangat Senang
:
No.
Pernyataan
Skor
1.
Saya dapat mengikuti pembelajaran dengan baik
2.
Saya memahami pelajaran yang disampaikan oleh pendidik
3.
Kami boleh bertanya tentang apa saja kepada pendidik
4.
Pendidik membentuk kelompok dalam pembelajaran dengan adil
5.
Pendidik memberikan umpan balik kepada kami saat menjelaskan materi
6.
Pembelajaran yang diberikan membuat kami termotivasi untuk terus belajar
7.
Pendidik memperhatikan dan peduli kepada semua siswa di kelas
8.
Pendidik selalu memberikan motivasi
9.
Pendidik bertanya apakah kami senang atau tidak dengan pelajarannya
10.
Pendidik menyedikan materi pembelajaran secara jelas dan terstruktur
LEMBAR REFLEKSI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Kelas
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMAN Colomadu
Mata Pelajaran
:
Informatika
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Â
Jawablah pertanyaan berikut ini sesuai dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
- Apakah ada permasalah baik dalam persiapan maupun pada saat proses pembelajaran terkait dengan sarana dan prasarana?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apa hal menarik yang saya temukan selama proses pembelajaran?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apakah peserta didik telah menunjukkan antusiasme selama pembelajaran?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apa yang belum dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran ini?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
- Apa yang perlu diperbaiki dari pembelajaran yang sudah dilakukan?
- Jawab:
- . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
LEMBAR OBSERVASI KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Observer
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMAN Colomadu
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Petunjuk Pengisian:
Berilah tanda pada setiap kolom di bawah ini sesuai dengan pengamatan yang anda lakukan pada proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
Ya
:
Hasil pengamatan memenuhi aspek
Tidak
:
Hasil pengamatan tidak memenuhi aspek
Aspek Yang Diamati
Penilaian
Catatan
Ya
Tidak
Kegiatan Pendahuluan
1.
Mengucapkan salam pembuka dan beroda.
2.
Mengkondisikan suasana belajar dan memberikan motivasi dan menanyakan kondisi peserta didik.
3.
Melakukan presensi kehadiran peserta didik.
4.
Memberikan apersepsi materi yang lalu.
5.
Menyampaikan capaian pembelajaran.
6.
Menjelaskan tujuan pembelajaran.
7.
Menjelaskan bentuk penilaian.
Kegiatan Inti
Orientasi Peserta Didik pada Masalah
1.
Memberikan pertanyaan pemantik.
2.
Menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media dan video pembelajaran.
3.
Peserta ddik diberikan kesempatan untuk bertanya.
Mengorganisasi Peserta Didik untuk Belajar
1.
Pembagian tugas individu/kelompok.
2.
Menjelaskan permasalahan yang terjadi seputar algoritma pemrograman.
Â
Membimbing Penyelidikan Individu maupun Kelompok
1.
Memfasilitasi, membimbing, mengamati keterlibatan peserta didik dalam menyelesaikan dan mengerjakan LKPD.
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
1.
Mengamati dan membimbing peserta didik yang mengalami kesulitan selama proses mengerjakan LKPD.
2.
Melaporkan, menjelaskan, atau mempresentasikan hasil pengerjaan LKPD di depan kelas.
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
1.
Membimbing peserta didik untuk berdisuksi/memberi tanggapan terhadap hasil LKPD yang dikerjakan.
2.
Bersama peserta didik menyimpulkan solusi dari LKPD yang dikerjakan.
Kegiatan Penutup
1.
Melakukan evaluasi dan simpulan pembelajaran.
2.
Melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
3.
Menyampaikan materi pertemuan yang akan datang.
4.
Memberikan motivasi kepada peserta didik.
5.
Meminta peserta didik bersama-sama bedoa
6.
Mengucapkan salam penutupÂ
LEMBAR KEGIATAN SEBELUM KUNJUNGAN KELAS
TELAAH MODUL AJARNama Praktikan
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Sekolah
:
SMAN Colomadu
Kelas/Semester
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Mata Pelajaran
:
Informatika
Topik
:
Konsep Dasar Jaringan Komputer dan Internet
Hari / Tanggal
:
. . . . . . . . . . . . . . . . . . Â . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Komponen Modul Ajar
Skor
Catatan
Tidak Ada
Ada
Lengkap
Identitas Modul Ajar
Terdapat nama penyusun, nama institusi, tahun disusunnya, jenjang sekolah, kelas/fase, topik/elemen, capaian pembelajaran, alokasi waktu.
Kompetensi Awal
Kompetensi awal adalah pengetahuan dan/atau keterampilan yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik tertentu. Kompetensi awal merupakan ukuran seberapa dalam modul ajar dirancang. Mencakup kata kunci dan pengetahuan dasar
Profil Pelajar Pancasila
Di dalam modul pembelajaran, Profil Pelajar Pancasila tidak perlu mencantumkan seluruhnya, namun dapat memilih Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran dalam modul ajar. Profil Pelajar Pancasila terdiri: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
Sarana dan Prasarana
Merupakan fasilitas dan bahan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Sarana merujuk pada alat dan bahan yang digunakan, sementara prasarana di dalamnya termasuk materi dan sumber bahan ajar lain yang relevan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ketersediaan materi disarankan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik baik dengan keterbatasan atau kelebihan. Teknologi, termasuk sarana dan prasarana yang penting untuk diperhatikan, dan juga dimanfaatkan agar pembelajaran lebih dalam dan bermakna. Terdiri dari fasilitas dan Lingkungan belajar
Target Peserta Didik
Peserta didik yang menjadi target yaitu; Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. Peserta didik dengan kesulitan belajar: memiliki gaya belajar yang terbatas hanya satu gaya misalnya dengan audio. Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman materi ajar, kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.
Model Pembelajaran
Merupakan model atau kerangka pembelajaran yang memberikan gambaran sistematis pelaksanaan pembelajaran. Model pembelajaran dapat berupa model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan blended learning
Kompetensi Inti
Tujuan
Tujuan pembelajaran harus mencerminkan hal-hal penting dari pembelajaran dan harus bisa diuji dengan berbagai bentuk asesmen sebagai bentuk dari unjuk pemahaman. Tujuan pembelajaran menentukan kegiatan belajar, sumber daya yang digunakan, kesesuaian dengan keberagaman murid, dan metode asesmen yang digunakan. Tujuan pembelajaran bisa dari berbagai bentuk: pengetahuan yang berupa fakta dan informasi, dan juga prosedural, pemahaman konseptual, pemikiran dan penalaran keterampilan, dan kolaboratif dan strategi komunikasi.
Pemahaman Bermakna
Pemahaman bermakna adalah informasi tentang manfaat yang akan peserta didik peroleh setelah mengikuti proses pembelajaran. Manfaat tersebut nantinya dapat peserta didik terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertanyaan Pemantik
Pertanyaan pemantik dibuat oleh guru untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis dalam diri peserta didik. Pertanyaan pemantik memandu siswa untuk memperoleh pemahaman bermakna sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Pembelajaran
Urutan kegiatan pembelajaran inti dalam bentuk langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang dituangkan secara konkret, disertakan opsi/pembelajaran alternatif dan langkah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa. Langkah kegiatan pembelajaran ditulis secara berurutan sesuai dengan durasi waktu yang direncanakan, meliputi tiga tahap, yakni pendahuluan, inti, dan penutup berbasis metode pembelajaran aktif
Asesmen
Asesmen digunakan untuk mengukur capaian pembelajaran di akhir kegiatan. Kriteria pencapaian harus ditentukan dengan jelas sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Jenis asesmen: Asesmen sebelum pembelajaran (diagnostik) , Asesmen selama proses pembelajaran (formatif), Asesmen pada akhir proses pembelajaran (sumatif). Bentuk asesmen yang bisa dilakukan: Sikap (Profil Pelajar Pancasila) dapat berupa: observasi, penilaian diri, penilaian teman sebaya, dan anecdotal; Performa (presentasi, drama, pameran hasil karya, jurnal, dsb.); Tertulis (tes objektif: essay, pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah).
Pengayaan Remedial
Pengayaan adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan pada peserta didik dengan capaian tinggi agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal. Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang. Saat merancang kegiatan pengayaan, perlu diperhatikan mengenai diferensiasi contohnya lembar belajar/kegiatan yang berbeda dengan kelas.
Lampiran
A. Lembar Kegiatan Peserta Didik
Lembar kerja siswa ini ditujukan untuk peserta didik (bukan guru) dan dapat diperbanyak sesuai kebutuhan untuk diberikan kepada peserta didik termasuk peserta didik nonreguler.
B. Bahan Bacaan Pendidik dan Peserta DIdik
Bahan bacaan guru dan peserta didik digunakan sebagai pemantik sebelum kegiatan dimulai atau untuk memperdalam pemahaman materi pada saat atau akhir kegiatan pembelajaran.
C. Glosarium
Glosarium merupakan kumpulan istilah-istilah dalam suatu bidang secara alfabetikal yang dilengkapi dengan definisi dan artinya. Glosarium diperlukan untuk kata atau istilah yang memerlukan penjelasan lebih mendalam.
D. Daftar Pustaka
Daftar pustaka adalah sumber-sumber referensi yang digunakan dalam pengembangan modul ajar. Referensi yang dimaksud adalah semua sumber belajar (buku siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar, narasumber, dsb.)
Jumlah Skor
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI