Mohon tunggu...
Destya Ramadhan T. Saputra
Destya Ramadhan T. Saputra Mohon Tunggu... Wiraswasta - Management Trainee di PT. Catur Sentosa Adiprana

Reach People by Value

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pengalaman Tes Management Trainee PT. Catur Sentosa Adiprana tbk.

27 Maret 2023   23:21 Diperbarui: 28 Maret 2023   20:40 5770
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo readers.....

Kali ini aku mau bagiin pengalaman pribadiku saat ikut seleksi Management Trainee Batch 1 2023 di PT. Catur Sentosa Adiprana tbk. Buat kalian yang belum tau apa itu PT. Catur Sentosa Adiprana tbk. atau yang bakal aku singkat sebagai CSA. Kalian bisa baca di artikel aku yang lainnya ngebahas tentang apa itu CSA.

Sebelumnya jujur aku sendiri belum pernah tau ada perusahaan yang namanya itu CSA. Nggk seperti Mayora, Unilver, Indofood dan perusahaan sejenis lainnya yang lanngsung bersinggungan dengan konsumen end user yaitu kita. Kita lebih mudah ngenalin perusahan-perusahaan itu karena produknya kita temui sehari-hari. Berbeda dengan CSA yang merupakan perusahaan Distribusi bahan bangunan. Meskipun menjadi perusahaan distribusi bahan bangunan terbesar di Indonesia kita tidak mengenal produknya, tapi beberapa dari kita malah kenal produk-produk dari principals yang didistribusikan CSA (mis. cat Propan). 

Back to Topic

Jadi sebenernya aku lulus Agustus tahun 2022 dan udah kerja dari sebelum wisuda di salah satu instansi/perusahaan. Seiring berjalannya waktu aku ngerasa aku nggk suitable dengan industri yang waktu itu aku geluti dan emang ada niatan buat resign. Tapi aku gamau kalo resign tanpa ada backup-an. Karena emang setelah lulus, aku sama sekali udah nggk minta uang orang tua lagi. Long story short, aku ketemu loker MT CSA di Jobstreet tanggal 22 Desember 2022. Sebelumnya aku emang udah install aplikasi pencari kerja dan salah satunya jobstreet ini. Apply lah aku.

Untuk persyaratan MT CSA ini sama aja kok kayak MT di perusahaan-perusahaan lainnya dan tentunya emang nargetin FreshGraduate dengan potensi diri yang besar sebagai Future Leader of the Industry. Kalian bisa cek lengkapnya di Jobstreet ya

Setelah menunggu beberapa hari, aku lupa tanggal pastinya, tapi akhir bulan Desember aku ditelfon sm HR CSA pake nomor telfon kantor yang isinya kayak wawancara singkat gitu, kayak ngenalin diri, ceritain pengalaman selama kuliah, alasan daftar, dst. Intinya yah pertanyaan umum kalo interview lah, gak lama kok sekitar 10-15 menitan aja by phone. Kebetulan waktu itu pas angkatanku, Interview pertama yang by phone itu nggk ada konfirmasi sebelumnya, jadi kalian standby aja. Di akhir dikasih tau kalo lolos bakal dihubungi kembali 1-2 Minggu kedepan.

Sekitar 2 Minggu setelah telfon itu, aku pun dapat e-mail yang menyatakan aku lolos tes interview sebelumnya dan berhak lanjut  ke tahap berikutnya yaitu Seleksi Tahap II (One Day Test). Kita yg terpilih dimasukkan ke dalam grup WhatsApp oleh HR nya untuk koordinasi. Karena tes tahap II dilaksanakan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Jadi kita datang ke cabang-cabang CSA terdekat dari domisili kita saat itu. Waktu itu aku dapat lokasi tes di CSA Yogyakarta.

Tes tahap II ini adalah One day test yang isinya ada tes Psikotest, Excel, dan HR Interview. Jadi kita akan tes serempak di seluruh Indonesia. Kita dikumpulkan di ruang meeting tiap cabang. Kemudian akan dihubungkan dengan virtual meeting bersama teman-teman lainnya yang sedang tes di Cabang. Kita bakal bahas lebih lanjut tentang tesnya di bawah ini.

1. Test Psikotes

Nah, di test Psikotest ini sendiri makan waktu sekitar 3 jam. Kamu harus bawa alat tulis sendiri ya dari rumah, meskipun biasanya cabang udah nyiapain alat tulis buat test. Tapi jaga-jaga aja kalo misal nggk disediain. Pertama. Ada tes DISC, itu tes keperibadian buat nilai kamu itu fit and proper atau nggk dengan divisi yang kamu pilih. Lebih jelasnya tentang DISC bisa kamu cari tahu sendiri ya di Internet, banyak kok. Kedua, ada tes kemampuan verbal, Numerikal, Logika Aretmetika, Logika Penalaran, dan Soal Cerita. Jenis-jenis soal itu dijadikan dallam satu tes ya readers. Ketiga, ada tes koran atau tes Kraeplin, itu tes deret angka vertikal yang harus kita jumlahkan angka-angka yang ada dan nulis jawaban di tengah antara angka-angka itu. Yang terakhir ada tes kepribadian juga, tapi mohon maaf aku lupa namanya hehe, pokoknya banyak banget soalnya, ada ratusan soal. itu juga buat ngebaca apakah kamu fit & proper dengan budaya perusahaan atau nggk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun