Mohon tunggu...
desty academy
desty academy Mohon Tunggu... Wiraswasta - The only e-commerce tool you need

Di sini, melalui desty Academy, kita akan membahas beragam hal seputar bisnis, marketing, promosi, teknologi, dan banyak hal lainnya untuk mengembangkan usaha penjualan melalui media online.

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Langkah untuk Memiliki Akun Instagram Bisnis yang Sukses

25 Januari 2021   16:12 Diperbarui: 25 Januari 2021   16:20 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pada pertengahan tahun 2019, tercatat ada lebih dari 25 juta perusahaan dari seluruh dunia yang sudah memiliki akun Instagram untuk bisnis. Fitur ini berhasil menarik lebih dari 200 juta pengguna Instagram untuk "mengintip" setidaknya satu akun Instagram untuk bisnis setiap harinya.

Berawal dari hanya sekedar mengunggah foto dan video, kini Instagram menjadi "rumah" bagi para pengusaha dan brands, di mana tingkat engagement-nya tinggi, followers-nya setia, dan tujuan bisnis nyata yang tentunya sangat mungkin untuk dicapai.

Kalau kamu termasuk seseorang yang ingin tahu lebih lanjut tentang Instagram untuk bisnis, seperti baru ingin memulai atau ingin memperbaiki strategi yang sudah ada, berikut 5 langkah untuk memiliki akun Instagram untuk bisnis yang sukses. Mau tau? Lanjut scroll down, ya!

1. Membuat akun Instagram untuk bisnis

Ada 2 pilihan untuk membuat akun Instagram untuk bisnis, yaitu mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram untuk bisnis dan membuat akun Instagram baru dari awal.

Pilihan mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram untuk bisnis disarankan untuk seseorang yang sudah memiliki konten yang sudah sesuai dengan brand yang akan dibuat atau dikembangkan dan memiliki followers dan following yang mapan.

Sedangkan pilihan membuat akun Instagram baru bisa menjadi pilihan yang tepat untuk seseorang yang belum memiliki akun Instagram pribadi, atau memiliki akun Instagram pribadi yang enggak cocok untuk merepresentasikan bisnis yang dijalankan.

2. Mengoptimalkan profil

Dalam tahap awal membuat akun Instagram untuk bisnis, pasti kamu akan diminta untuk mengisi informasi dasar. Setelah itu, kamu bisa mengoptimalkan profilmu dengan menciptakan bio akun Instagram untuk bisnis yang efektif dengan cara di bawah ini:

  • Suarakan karakter dari bisnis atau brand-mu
  • Pakai hashtags atau tagar yang sesuai
  • Tambahkan emoji merupakan hal yang patut untuk dicoba!
  • Buatlah bio yang mudah dibaca dan dimengerti dengan memperhatikan spasi dan jeda baris

Selain profil dalam bentuk tulisan, foto profil juga memiliki peran penting dalam menarik audience. Kebanyakan bisnis dan brand memilih untuk menggunakan logo sebagai foto profilnya. Karena ada ukuran tertentu, pastikan foto logo yang kamu gunakan enggak terpotong dan tampak jelas.

3. Unggah konten yang menarik

Saat membuka Instagram, semua orang pasti berekspektasi untuk melihat berbagai unggahan konten yang menarik. Dalam akun Instagram untuk bisnis, karakter visual yang estetis sangatlah penting. Enggak hanya sekedar estetis, konten yang diunggah juga harus merepresentasikan karakter bisnis atau brand.

Enggak harus selalu menggunakan jasa fotografer profesional, kamu bisa mengandalkan cahaya natural, memperhatikan angle, dan mengedit foto dengan berbagai aplikasi yang gratis.

Selain unggahan dalam Instagram feeds, unggahan di Instagram stories juga Enggak boleh sampai kalah menarik!

4. Mengukur kesuksesan dan membuat penyesuaian

Setelah memilih Instagram untuk mempromosikan bisnis atau brand yang dijalankan, kamu perlu memeriksa secara berkala apakah perkembangannya mulai meningkat dan mendekati tujuan atau tidak.

Enggak hanya Instagram feeds, Instagram stories dan iklan, akun Instagram untuk bisnis secara keseluruhan perlu diperiksa secara detail. Kamu bisa menggunakan bantuan alat analitik untuk memudahkan.

Untuk mengetahui apa yang bekerja dengan baik dan apa yang Enggak pada bisnis atau brand, A/B testing merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan hasil secara konsisten dengan cara menguji strategi baru dan kinerjanya.

5. Mengembangkan dan melibatkan audience

Setiap bisnis dan brand pasti ingin semakin dikenal dan diminati oleh banyak orang, terutama audience-nya. 

Cara mengembangkan dan melibatkan audience dalam bisnis atau brand adalah dengan cara mengikuti akun Instagram yang relevan, menggunakan hashtags yang tepat, merespon comments dan mentions, dan bekerja sama dengan Instagram influencers yang memiliki karakter yang sesuai dengan industri bisnis atau brand yang kamu jalani.

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan, kamu juga bisa menggunakan iklan Instagram untuk menarik lebih banyak audience sesuai dengan target yang sudah ditentukan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun