Mohon tunggu...
Desta nuzulnur
Desta nuzulnur Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mahasiswa
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

UIN MALIKI MALANG PIAUD19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bakat dan Minat Anak Usia Dini

9 Mei 2021   09:18 Diperbarui: 9 Mei 2021   09:50 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam diri setiap individu tentu memiliki bakat dan minat, namun bakat yang ada pada diri setiap individu harus di kembangkan supaya bisa mencapai tujuan yang di inginkan. Terutama pada usia dini, pada usia ini anak lebih aktif dan mudah untuk menyerap apa yang telah di sampaikan. Jadi dalam menggali bakat harus dilakukan sejak usia dini. sedangkan minat ini merupakan dorongan dari setiap diri individu, seperti contohnya anak ini sangat minat dalam kegiatan melukis, nah dengan minat ini akan bisa di olah menjadi lebih baik lagi.

1. Konsep Dasar Bakat

Bakat adalah kemampuan bawaan dari diri setiap individu yang merupakan potensi yang masih perlu untuk dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus. Bakat bukanlah  sifat tunggal, melainkan sekelompok sifat yang secara bertingkat membentuk bakat. 

Bakat baru muncul bila ada kesempatan untuk  berkembang dan dikembangkan. Sehingga mungkin saja seseorang tidk mengetahui dn mengembangkan bakatnya sehingga bakat yang ada dalam dirinya tidak bisa tersalurkan. Bakat merupakan kemampuan khusus yang berkembang secara istimewa atau menonjol di bandingkan dengan kemampuan-kemampuan yang lain, dan dapat berubah menjadi prestasi jika terus dilakukan dengan latihan-latihan yang dilakukannya dengan rutin.

2. Konsep Dasar Minat

Menurut John Holland, minat adalah aktivitas atau tugas yang membangkitkan perasaan ingin tahu, perhatian dan memberi kesenangan atau kenikmatan. Minat dapat menjadi indikator dari kekuatan seseorang di area tertentu di mana dia akan termotivasi untuk mempelajarinya dan menunjukkan kinerja yang tinggi. Bakat akan sulit berkembang dengan baik apabila tidak di awali dengan adanya minat pada bidang yang akan ditekuni.

Minat merupakan sumber motivasi yang mendorong orang utuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih. Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat, dan akan mendatangkan kepuasan. Ketika kepuasan menurun maka minatnya juga akan menurun, sehingga minat tidak bersifat permanen, tetapi bersifat sementara atau dapat berubah-ubah. ( Hurlock, 1999 )

Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa  minat ialah rasa yang timbul dalam diri setiap individu dan bersifat sementara atau dapat berubah-ubah.

3. Pengukuran Bakat dan Minat

Pengukuran bakat 

pengukuran bakat paa anak tidak bisa dilakukan jika masing-masing anak tersebut tidak mengetahui bakatnya dalam bidang apa, untuk itu ada beberapa cara mengidentifikasi bakat anak,

a. Dengan cara tes bakat

b. Dengan cara observasi terhadap minat seseorang yang punya bidang tertentu dan mempunyai minat yang kuat dalam bidang tersebut.

c. Dengan pengalaman atau latihan, contohnya seperti bakat dalam seni musik katika dirinya diberi kesempatan untuk belajar bermain musik cenderung menampakkan hasil yang lebih baik.

Pengukuran Minat

Minat dapat diketahui melalui suatu pengukuran dengan menggunakan instrumen atau alat ukur tertentu. Kecenderungan minat seorang pada suatu kegiatan dapat diketahui dengan mengukur minatnya. Minat dapat di ukur dengan tes dan bukan tes. Pengukuran dengan tes yaitu mengukur minat dengan alat ukur yang baku sedangkan pengukuran bukan  tes yaitu mengukur minat dengan menggunakan angket, daftar isian dan lembar pengamatan.

Ada beberap metode yang dapat digunakan untuk melakukan  pengukuran terhafap minat seseorang, Hurlock (2007) menyatakan bahwa pengukuran minat dapat dilakukan dengan 

a. Observasi

Pengukuran dengan metode observasi ini memiliki keuntungan karena dapat mengamati minat seseorang dalam kondisi wajar. namun juga memiliki kelemahan yaitu tidak dapat dilakukan terhadap hasil observasi yang bersifat subjektif.

b. Interview

Interviem baik digunakan untuk mengukur minat, sebab biasanya seseorang gemar memperbincangkan hobinya atau aktivitas lain yang menrik hatinya . Pelaksanaan interview sebaiknya dilakukan dalam situasi santai, sehingga percakapan dapat berlangsung secara bebas.

c. Kuesioner

Deangan kuesioner, seseorang dapat melakukan pengukiran terhadap jumlah responden sekaligus.  Indikator-indikator untuk pengukuran minat dapat dilihat dengan menganalisa kegiatan-kegiatan yang dilakukan atau objek yang di senangi.

4. Pengembangan Bakat dan Mnat

Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh para orang tua, guru dan lingkungan sekitar anak untuk mengembangkan minat dan bakat anak adalah

a. Berikan penghargaan dan pujian setiap usaha yang dilakukan oleh anak

b. Sejak anak usia dini cermati kelebihan dan ketrampilan apa yang menonjol pada anak

c. Berikan motivasi terhadap proses pengembangan dan melatih kemampuan anak

d. Bantu anak untuk tetap fokus dalam mengembangkan kemampuannya

e. Perkaya anak dengan berbagai pengetahuan serta pengalaman di berbagai bidang

f. Usahakan berbagai cara untuk meningkatkan bakat dan minat anak untuk belajar dan mau menekuni bidang keunggulannya

f. Jalin hubungan baik dan akarab antara orang tua guru dan anak

g. Sediakan sarana untuk mengembangkan bakat anak

h. Selalu dukung anak dalam mengatasi berbagai kesulitan atau hambatan dalam mengembangkan bakatnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun