Mohon tunggu...
Dessy Kushardiyanti
Dessy Kushardiyanti Mohon Tunggu... Dosen - No Limit, No Regret, No Excuse

Dosen Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Syekh Nurjati - Master of Arts, Universitas Gadjah Mada

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Headline Berita Lucu Seperti Apa Yang Kamu Temui Akhir-Akhir Ini?

10 Mei 2021   10:55 Diperbarui: 10 Mei 2021   11:39 1981
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Credit: Penelusuran #babingepet via Twitter

Sebagai bagian dari unsur media, judul berita atau headline merupakan bagian penting sebagai penerapan trik dalam memikat mata pembaca. Kemampuan dalam teknik kepenulisan, wawasan dan emosi tentu akan menjadi nilai tambah bagi para jurnalis dan redaktur media.

Flashback, bagi para penikmat media cetak pasti tak asing pada tiap headline pada koran harian lampu hijau yang melulu antimainstream dalam menampilkan judul berita dengan bahasa nonformal, lucu, dan agak frontal.

Dari sisi pemasaran, hal ini justru berimbas baik pada tingkat exposure yang diberikan antar media lain baik pada media online hingga akun media sosial yang me-repost headline berita ‘kocak’ pada koran harian lampu hijau.

Credit: Portal Berita Lampu Hijau
Credit: Portal Berita Lampu Hijau

Di era konvergensi media cetak ke online, perubahan dalam dunia komunikasi massa semakin masif tak terkecuali dalam aktivitas jurnalistik. Termasuk peralihan yang dilakukan oleh koran lampu hijau yang kini terdapat dalam versi digital.

Credit: Kumpulan berita lucu via penelusuran Google
Credit: Kumpulan berita lucu via penelusuran Google

Kehadiran media sosial juga menuntut para pembuat konten dalam mengadopsi pemberitaan yang intinya “netijen banget”, berdasarkan temuan MarkPlus Insight dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini, kebanyakan netizen Indonesia menunjukkan rendahnya produktivitas dalam perilaku online dalam menggunakan media sosial, rata-rata netizen Indonesia masih sebatas untuk aktivitas yang sifatnya menghibur saja. Inilah celah bagi para redaksi berita, salah satunya dalam menyusun strategi dalam membuat headline berita.

Sebagai pengguna media sosial, pasti tak jarang juga banyak akun di media sosial khususnya akun-akun hiburan yang me-repost pemberitaan dari media online yang dianggap lucu dan menghibur para pengguna media sosial.

1. Keterlibatan tokoh masyarakat kadang bikin Netizen juga ikutan ngelawak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun