Mohon tunggu...
Desrilla Ramadani
Desrilla Ramadani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1 Administrasi Pendidkan yang humble dan suka bekerja sama, dan bisa mencairkan suasana

I don't have any hobbies, but I can do anything

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Dampak Negatif Teknologi dalam Pendidikan Khususnya Indonesia

29 Mei 2022   14:19 Diperbarui: 29 Mei 2022   14:23 430
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Saat ini perkembangan teknologi informasi khususnya di Indonesia semakin meningkat. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat mempermudah kita untuk mempelajari dan memperoleh informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja dan dari siapa saja. 

Dalam dunia pendidikan, perkembangan teknologi informasi sudah mulai berdampak positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi, dunia pendidikan mulai menunjukkan perubahan yang signifikan. 

Banyak yang dirasakan dan diubah secara berbeda dari sebelumnya. Saat ini, jarak dan waktu bukanlah masalah besar untuk menimba ilmu, berbagai aplikasi diciptakan untuk memudahkan hal tersebut.

Di Indonesia yang merupakan negara berkembang yang ketersediaan infrastruktur komunikasinya masih minim, kesempatan bagi semua orang untuk memperoleh informasi dan pengetahuan masih terbatas. 

Ketersediaan infrastruktur ini terlihat di daerah-daerah yang proses pengumpulan informasinya masih terbatas. Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata, kini hanya kota-kota besar yang dapat menikmati dan dengan mudah menggunakan fasilitas yang tersedia. Akibatnya, perkembangan pendidikan terhambat dan bahkan tidak menentu.

Salah satu forum yang memegang peranan penting dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah Internet. Di Indonesia khususnya di kota-kota besar, sudah banyak masyarakat yang memiliki akses internet, sehingga pemanfaatan internet sebagai sarana belajar dan mencari informasi dan pengetahuan dapat dimaksimalkan, meskipun akses internet di Indonesia masih belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. 

Semua informasi di internet dapat menjadi salah satu kunci untuk memastikan bahwa dunia pendidikan di Indonesia memiliki standar yang sama dengan negara lain. Melalui pemanfaatan media internet, pemerintah dan lembaga pendidikan mulai menerapkan model pembelajaran yang sangat efektif untuk diterapkan kepada masyarakat yang memiliki kendala jarak dan waktu dalam memperoleh informasi khususnya informasi dalam dunia pendidikan. 

Salah satu metode yang mulai digunakan adalah pembelajaran jarak jauh. Metode pembelajaran jarak jauh merupakan metode alternatif untuk pemerataan kesempatan dalam pendidikan. Sistem ini diharapkan mampu mengatasi beberapa permasalahan yang diakibatkan oleh keterbatasan tenaga pengajar yang mumpuni. 

Metode pembelajaran jarak jauh sangat bermanfaat bagi siswa atau masyarakat untuk mempelajari hal-hal baru atau ilmu pengetahuan dengan aspek yang lebih menarik dan mudah dipahami. 

Dalam mengakses dan menggunakan metode ini peran internet sangat penting karena melalui internet seseorang dapat mengirim atau mengunggah file untuk dipublikasikan dan melalui internet seseorang juga dapat mengakses file yang ingin dicarinya. 

Selain metode pembelajaran jarak jauh, masih banyak metode lain yang sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, antara lain tersedia modul pembelajaran gratis, portal pembelajaran online, dll.

Selain dampak positif yang ditimbulkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terdapat pula dampak negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pendidikan, antara lain: 

Pertama, Siswa menjadi malas. Perangkat yang dirancang untuk memudahkan belajar siswa, seperti laptop dengan jaringan internet, seringkali membuat siswa malas, ada juga yang terkadang menghabiskan waktunya di Internet yang hanya membawa kesenangan, seperti Facebook, Twitter, Line dan lain sebagainya. lain, yang tentunya akan mempengaruhi minat belajar siswa.

Kedua, terjadinya pelanggaran asusila. Kita sering mendengar berita-berita di mana ada pelanggar asusila yang dilakukan oleh seorang siswa terhadap siswa lain, seperti tawuran siswa, prisex, pemerkosaan siswa dan lainnya. 

Ketiga, munculnya media massa, khususnya media elektronik, sebagai sumber ilmu dan pusat ilmu pengetahuan yang disalahgunakan oleh siswa. Dengan munculnya media massa yang dihasilkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hal ini dapat menimbulkan berbagai perilaku menyimpang yang dapat muncul.

Keempat, munculnya metode pembelajaran baru yang membuat proses belajar menjadi lebih mudah bagi siswa dan guru, sehingga membuat siswa menjadi malas. 

Dengan struktur yang dapat dengan mudah digunakan dalam proses pembelajaran, hal ini terkadang membuat siswa merasa malas dan manja, misalnya ketika siswa diberi tugas untuk menulis karangan, sehingga mereka tidak perlu khawatir karena cukup mencari materi di Internet. dan copy paste karya orang lain sehingga siswa malas untuk mencoba dan belajar, dan kerahasiaan alat tes pendidikan semakin terancam.

Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya teknologi dalam pendidikan kita harus berhati --hati dalam menggunakannya, karna semua yang mempunyai kelebihan pasti ada pengaruh buruknya. 

Semoga tulisan ini memberikan pemahaman pembaca. Salam dari saya mahasiswi Administrasi Pendidikan Universitas Jambi. Wassalam, Jambi Indonesia, 29 Mei 2022.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun