Mohon tunggu...
Desna Girsang
Desna Girsang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Belanja

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tantangan umkm dalam menghadapi persaingan pasar digital yang semakin ketat

27 Januari 2025   14:00 Diperbarui: 27 Januari 2025   13:51 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

   Usaha mikro kecil,menengah (UMKM) penting sekali untuk pembangunan ekonomi indonesia. UMKM di indonesia dapat menyediakan lapangan pekerjaan untuk generasi kerja , yakni dengan mengembangkan suatu bisnis tenaga kerja juga banyak di terima dan diserap sehingga angka pengangguran semakin menurun.

  Manfaat artikel ini untuk mengetahuai bagaimana penelitian memberikan wawasan tentang tantangan yang di hadapi UMKM dalam pasar digital serta strategi yang dapat di terapkan untuk bertahan dan berkembang. Nah, tetapi dengan begitu ada juga tantangan- tantangan yang akan di hadapi oleh pengusaha yaitu tantangan di era digital. Saat ini pengusaha umkm harus dapat menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.

Di era digital saat ini umkm menghadapi tantangan yang tak dapat di elakkan . Kemajuan teknologi mengubah cara bisnis dijalankan . Di satu sisi platfrom digital membuka akses pasar yang lebih luas . Nah, berikut ini terdapat beberapa tantangan. Namun, ada juga berbagai solusi yang dapat di terapkan para pengusaha dalam menghadapi tantangan tersebut.

Berikut ini ada beberapa tantangan utama yang dihadapi umkm dalam menghadapi persaingan di era digital :

1. Keterbatasan pengetahuan dan akses teknologi

2. Kompetisi dengan perusahaan pasar 

3. Modal yang terbatas ( digitalisasi bisnis sering kali membutuhkan investasi yang sangat besar di awal memulai bisnis).

4. Keamanan data ( dalam dunia digital keamanan data menjadi isu yang sangat penting ).

5. Adaptasi terhadap perubahan tren

Solusi untuk mengatasi tantangan 

   Meskipun tantangan dari kemajuan teknologi di atas tidak mudah , ada beberapa langkah yang dapat dilakukan umkm untuk tetap bersaing di era digital :

1. Pelaku umkm perlu belajar tentang teknologi dan pemasaran digital.

2. Pemanfaatan media sosial dimana media sosial sebagai alat yang murah dan efektif untuk menjangkau konsumen.

3. Bergabung dengan olatfrom e-commerce seperti shoopie,tokopedia,dan platfrom lainnya.

4. Umkm harus dapat berinovasi agar produk dan layananya tetap relevan ditengah  perubahan pasar.

Kesimpulan :

Persaingan digital yang semakin ketat memang menjadi tantangan besar bagi UMKM. namun, dengan strategi yang tepat tantangan ini dapat diubah menjadi peluang. Kunci utamanya adalah keberanian untuk belajar, beradaptasi, dan terus berinovasi. Dengan begitu, UMKM tidak hanya mampu bertahan tetapi juga berkembang di era digital ini. Di simpulkan bahwa UMKM di indonesia menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya manusia yang terampil dalam teknologi digital. Dan kesulitan dalam mengakses modal untuk berinvestasi pada teknologi serta persaingan yang semakin sengit dengan pelaku usaha besar yang menguasai pasar digital. Namun, UMKM juga menunjukkan adanya potensi besar untuk berkembang dan memanfaatkan berbagai strategi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun