Usaha mikro kecil,menengah (UMKM) penting sekali untuk pembangunan ekonomi indonesia. UMKM di indonesia dapat menyediakan lapangan pekerjaan untuk generasi kerja , yakni dengan mengembangkan suatu bisnis tenaga kerja juga banyak di terima dan diserap sehingga angka pengangguran semakin menurun.
 Manfaat artikel ini untuk mengetahuai bagaimana penelitian memberikan wawasan tentang tantangan yang di hadapi UMKM dalam pasar digital serta strategi yang dapat di terapkan untuk bertahan dan berkembang. Nah, tetapi dengan begitu ada juga tantangan- tantangan yang akan di hadapi oleh pengusaha yaitu tantangan di era digital. Saat ini pengusaha umkm harus dapat menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat.
Di era digital saat ini umkm menghadapi tantangan yang tak dapat di elakkan . Kemajuan teknologi mengubah cara bisnis dijalankan . Di satu sisi platfrom digital membuka akses pasar yang lebih luas . Nah, berikut ini terdapat beberapa tantangan. Namun, ada juga berbagai solusi yang dapat di terapkan para pengusaha dalam menghadapi tantangan tersebut.
Berikut ini ada beberapa tantangan utama yang dihadapi umkm dalam menghadapi persaingan di era digital :
1. Keterbatasan pengetahuan dan akses teknologi
2. Kompetisi dengan perusahaan pasarÂ
3. Modal yang terbatas ( digitalisasi bisnis sering kali membutuhkan investasi yang sangat besar di awal memulai bisnis).
4. Keamanan data ( dalam dunia digital keamanan data menjadi isu yang sangat penting ).
5. Adaptasi terhadap perubahan tren
Solusi untuk mengatasi tantanganÂ
  Meskipun tantangan dari kemajuan teknologi di atas tidak mudah , ada beberapa langkah yang dapat dilakukan umkm untuk tetap bersaing di era digital :