Dengan kondisi yang saat ini dihadapi, para peserta didik diharuskan untuk tetap mengikuti dan tetap aktif dalam proses belajar. Mungkin baru sekarang ini berbeda dengan sebelumnya. Karena para peserta didik harus mematuhi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, untuk tetap melaksanakan proses belajar lewat via online (Daring). Meskipun wabah virus corona ini memberi dampak yang sangat besar pada dunia pendidikan.Â
Tidak semua dari mereka meyukai kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Salah satu kekurangan dari belajar online ialah kurang efektifnya dalam suasana pembelajaran.Â
Yang biasanya belajar dengan bertatap muka dengan Guru secara langsung. Kali ini harus dilakukan hanya bertatap dengan handphone. Dengan seperti ini, perlu dipertanyakan apakah cara seperti ini dapat  memaksimalkan kerja pada seorang pendidik?
Menurut saya pribadi dengan adanya sistem  daring kali ini membawa dampak baik dan kurang baik. Bukan berarti menyalahkan kemajuan tekhnologi yang saat ini sedang canggih, bukan.Â
Dengan berlakunya sistem daring, seorang pendidik dapat dengan mudah menyampaikan materi lewat online, dan dapat melakukan aktivitas lainnya dirumah dengan sambil memberikan materi yang sudah diunggah lewat online.Â
Dengan seperti ini bisa dikatakan dengan  mudahnya dapat belajar dimana saja, kapan saja, dan ditempat mana saja yang tidak ingin meninggalkan tempat kerja. Memang sungguh fleksibel sekali.Â
Selain itu dengan adanya sistem daring,  seorang pendidik dapat membantu  peserta didiknya untuk selalu belajar dan meningkatkan potensi IT agar tidak tetinggal oleh peserta didik lainnya yang lebih paham akan IT.Â
Juga menjadi seorang pendidik itu harus bisa memanfaatkan keadaan yang akan terjadi, dengan daring pendidik bisa mencari informasi dan bahan pembelajaran yang efektif untuk forum pembelajaran agar proses  belajar berjalan dengan menyenangkan dan memudahkan bagi pendidik itu sendiri dalam mengelola belajar.Â
Pendidik juga baiknya mengikuti latihan-latihan online, karena tidak banyak juga dari pendidik yang paham akan pengoperasian  laptop dan jejaring online. Dengan adanya pelatihan online, pendidik dapat tetap membangun suasana kelas yang efektif. Dan mudah dipahami tentunya oleh peserta didik.Â
Ternyata cukup banyak dampak baik dari  daring yang dapat memaksimalkan kerja Pendidik. Tetapi, juga ada dampak kurang baik dari daring untuk pesesrta didik. dan ini berarti tidak bisa memaksimalkan kerja guru.Â
Yaitu, yang biasanya guru lakukan ialah menyampaikan penjelasan materi dilakukan secara detail dan sampai peserta didiknya mengerti apa yang sudah dijelaskan.Â
Dengan daring pendidik tidak leluasa dalam penyampaian materi kepada peserta didik dan tentunya sedikit dari mereka yang memahami. Karena kebanyakan dari  peserta didik dapat mengerti penjelasan ketika bisa melihat, bertatap muka, dan mendengarkan secara langsung dari Guru yang sedang menjelaskan materi.Â
Hal ini sudah tidak bisa memaksimalkan kerja guru. Karena menuntut kepahaman bagi peserta didik dalam mendengarkan dan memahami materi lewat online. Pada dasarnya kepahaman peserta didik itu berbeda-beda.Â
Jadi maksimal atau tidaknya itu tergantung dari pendidik itu sendiri, Â bagaimana mengelola suasana belajar yang awalnya tidak efektif menjadi efektif kepada peserta didiknya, dan mohon untuk bersabar dalam mengajar lewat via online, karena metode belajar seperti ini juga tidak banyak dari mereka yang langsung memahami akan materi atau penjelasan yang diberikan.Â
Bagi pendidik  memaksimalkan dalam mengajar itu sangat penting. Mentransfer ilmu kepada peserta didik, membentuk karakter kepada peserta didik.Â
Tujuannya ya untuk menjadikan peserta didik itu maju dan berkembang dalam proses belajar. Yang nantinya akan memberi dampak positif untuk beberapa tahun yan akan datang sebagai generasi bangsa.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H