Mohon tunggu...
Desy Hani
Desy Hani Mohon Tunggu... Lainnya - Happy reading

Hi, you can call me Desy - The Headliners 2021 - Best in Opinion Kompasiana Awards 2023 - Books Enthusiast - Allahumma Baarik Alaih

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

"Mobile Banking", dengan 3 Manfaat yang Dimilikinya

12 Agustus 2021   20:26 Diperbarui: 13 Agustus 2021   14:05 447
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi penggunaan mobile banking oleh nasabah | sumber: finansial.bisnis.com

Mobile banking, salah satu layanan yang dihadirkan oleh pihak perbankan, dimana layanan yang satu ini mampu memberikan manfaat bagi para penggunannya...

Semakin majunya suatu zaman, semakin berkembang pula berbagai macam teknologi yang hadir di dunia ini. 

Peralihan generasi pun telah membuktikan bahwa teknologi yang hadir akan terus maju di sepanjang zamannya.

Salah satunya, kemajuan teknologi nyata hadir dari dunia perbankan. Ketika mendengar kata "bank", hal utama yang akan diingat oleh sebagian besar penduduk bumi berkaitan dengan tempat "penyimpanan uang". 

Dalam catatan sejarah, asal mula kegiatan perbankan terjadi pada zaman kerajaan tempo dulu di daratan Eropa, yang selanjutnya berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang.

Apabila ditelusuri lebih jauh, sejarah dikenalnya perbankan dimulai dari jasa penukaran uang. Dimana arti dari "bank" dikenal sebagai "meja tempat penukaran uang".

Di dalam perjalanan sejarah kerajaan pada masa lampau, penukaran uang dilakukan antar kerajaan yang satu dengan kerajaan yang lainnya.

Untuk sekarang, kegiatan penukaran uang tersebut dikenal dengan money changer atau pedagang valuta asing. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, dan seiring dengan berkembanganya teknologi yang berjalan dengan begitu cepat, dunia perbankan pun semakin maju berkembang, mengikuti perubahan yang dialami dunia.

Manfaat yang dihasilkan tidak hanya sebatas pada penyimpanan, ataupun penukaran uang saja. Namun sudah lebih dari itu.

Ilustrasi penggunaan mobile banking oleh nasabah | sumber: harapanrakyat.com
Ilustrasi penggunaan mobile banking oleh nasabah | sumber: harapanrakyat.com

Dimana transaksi pengiriman, pembayaran, hingga pembelian melalui sebuah aplikasi dapat dilakukan dengan begitu mudah bagi para nasabah, yakni, dengan menggunakan layanan mobile banking. 

Mobile banking atau yang lebih dikenal dengan M-Banking merupakan sebuah layanan yang memungkinkan para nasabah di suatu bank, untuk melakukan transaksi perbankan melalui smartphone yang dimilikinya. 

Di dalam satu aplikasi, di dalam suatu layanan (pada umumnya) mobile banking, terdapat berbagai macam menu yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan para nasabah. 

Mulai dari menu pembelian yang bisa digunakan untuk pembelian voucher prabayar telepon, token listrik, paket data, Top Up pada suatu aplikasi, hingga voucher TV berlangganan. 

Tidak hanya sebatas menu pembelian saja, masih ada menu transfer yang bisa digunakan untuk melakukan transfer antar bank yang sama, ataupun antar bank yang berbeda, hingga melakukan transaksi virtual account billing. 

Selain itu, masih ada menu pembayaran yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran pasca bayar telepon, listrik, TV berlangganan, pembayaran PDAM dan IPL, tiket penerbangan, hingga tiket kereta api.

Ilustrasi mobile banking | sumber: finansialku.com
Ilustrasi mobile banking | sumber: finansialku.com

Itu baru 3 contoh menu yang hadir di dalam satu aplikasi. Sudah terbayangkan bahwa layanan aplikasi yang satu ini, faktanya, memang sangat membantu. 

Untuk mengaktifkan aplikasi mobile banking ini bisa dikatakan cukup mudah dan sangat praktis, tinggal mendatangi bank yang kamu tuju dan customer service akan siap membantu dengan senang hati. 

Selain itu, pengaktifan dari aplikasi mobile banking ini tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Kamu sebagai nasabah, hanya membutuhkan rekening yang telah terdaftar, nomor handphone dan email aktif, serta yang tidak kalah pentingnya adalah pulsa dan kuota (pada umumnya demikian). 

Ketentuan yang paling utama dari pengaktifan aplikasi mobile banking pada smartphone milik nasabah suatu bank, hanya bisa diaktifkan pada satu smartphone saja.

Sudah terlihat secara jelas, bahwa aplikasi ini sangat membantu para nasabah dalam melakukan berbagai macam transaksi yang dibutuhkan oleh para penduduk bumi. 

Berikut beberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari penggunaan aplikasi mobile banking, seperti:

Ilustrasi penggunaan mobile banking | sumber: abisgajian.id
Ilustrasi penggunaan mobile banking | sumber: abisgajian.id

Pertama, akses transaksi yang lebih cepat. Ini merupakan hal pertama dan paling utama yang akan dirasakan dari penggunaan layanan mobile banking. 

Dengan aplikasi mobile banking yang telah diaktifkan pada smartphone, para penggunannya akan mudah melakukan transaksi yang diinginkannya, kapanpun bisa dilakukannya. 

Karena smartphone yang berada di genggaman tangannya akan secepat kilat melakukan transaksi, dan masuk ke dalam aplikasi. 

Ketika jari jemari tangan telah menari-nari di atas menu mobile banking, dan telah berhasil mengisi user ID dan MPIN, secara otomatis, transaksi dalam hitungan menit bisa terjadi. 

Kedua, lebih efektif dan efisien. Sudah terlebih secara jelas, bahwa penggunaan dari aplikasi mobile banking ini akan berjalan lebih efektif dan efisien. 

Efektif dari penggunaan aplikasi mobile banking ini terletak pengaruh yang dirasakan oleh para penggunannya, yakni, sangat bermanfaat. 

Dimana pengguna aplikasi mobile banking ini akan membawa hasil dari transaksi yang diinginkan. Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama.

Misalnya, ketika kamu melakukan "jajan online", dan lebih memilih membayar melalui aplikasi mobile banking menggunakan virtual account billing.

Secara tidak langsung, kamu sebagai penggunanya telah bertindak lebih efektif dengan menjalan transaksi yang telah disediakan, karena sudah melakukan langkah yang benar sesuai dengan prosedur. 

Dan cara yang kamu pilih terbilang lebih praktis ketimbang harus membayar pada sebuah minimarket, ATM ataupun COD, karena bila COD kamu sebagai pembeli harus stay pada saat pesananmu diantarkan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Nah, itu baru satu contoh nyata dari keefektifan penggunaan aplikasi mobile banking ini. Masih banyak contoh-contoh lain yang dihadirkannya. 

Setelah efektif hadirlah efisien, penggunaan dari aplikasi mobile banking ini bisa dikatakan efisien, karena kamu sebagai penggunaannya tidak akan membuang tenaga, waktu, serta biaya. 

Sederhananya, ketika kamu telah terdaftar pada aplikasi ini, transaksi apapun yang kamu inginkan bisa dilakukan dengan cepat, dan hanya bermodalkan kuota serta smartphone saja.

Eh tunggu dulu, pastikan saldo juga tersedia ya, hihihi...

Dimanapun, kamu bisa melakukan transaksi pada mobile banking tersebut, asalkan smartphone yang berada di genggaman tanganmu telah terdaftar pada layanan tersebut.

Tanpa harus kamu pergi ke bank atau ATM terlebih dahulu untuk melakukan transaksi tersebut, dan ini sudah termasuk penghematan tenaga, waktu, serta biaya. 

Ketiga, tingkat keamanan yang sudah dijamin. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu keamanan yang hadir dari layanan mobile banking adalah akses yang dilakukan hanya bisa pada satu smartphone saja.

Sehingga para penggunanya, tidak bisa sembarangan login pada smartphone yang belum didaftarkan. Meskipun telah men-download aplikasi mobile banking. 

Meskipun dirinya telah mendaftarkan User ID, nomor handphone, hingga MPIN. Namun akses untuk masuk pada aplikasi tersebut tidak bisa sembarang dilakukan.

Seperti halnya aplikasi media sosial yang bisa diakses lebih dari satu smartphone, ketika penggunanya telah terdaftar pada aplikasi tersebut. 

Selain itu, layanan mobile banking (pada umumnya) akan log out secara sendirinya ketika kamu lupa log out pada layanan tersebut. 

Tidak hanya itu saja, jika kamu terlalu lama dalam melakukan transaksi pada layanan tersebut, dan dianggap tidak wajar oleh sistem.

Seperti halnya, ketika kamu beberapa kali salah memasukan password transaksi, secara otomatis, layanan ini bisa log out secara sendirinya. 

Perlu diingat, sebagai pengguna yang memanfaatkan layanan mobile banking yang disediakan oleh pihak bank, kamu sebagai pengguna harus mampu mengontrol diri dengan sebaik mungkin. 

Jangan sampai, karena akses transaksi yang sangat mudah membuat kamu terlena akan pembelian yang dilakukan secara online, sampai mewujudkan semua keinginanmu bukan kebutuhanmu...

Thanks for reading

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun