Mohon tunggu...
DESI NURFIANA CHRISTINA P
DESI NURFIANA CHRISTINA P Mohon Tunggu... Guru - GURU SD KRISTEN BINA KASIH JAMBI

GURU PEMBELAJAR :)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Audio-Visual

14 November 2023   13:30 Diperbarui: 14 November 2023   13:33 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Cerita Praktik terbaik (Best Practice)

Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi) 

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Pembelajaran

Lokasi                                           : SD Kristen Bina Kasih Jambi

Lingkup Pendidikan               : Sekolah Dasar

Tujuan yang ingin dicapai   : Meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media audio-visual.

Penulis                                          : Desi Nurfiana Christina Pardede, S.Pd.

Tanggal                                         : 12 Oktober 2023

Situasi :

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:

Saat pembelajaran, peserta didik lebih banyak diam karena saat menyampaikan materi guru hanya menggunakan ceramah dan peserta didik hanya melihat di buku yang tersedia.

Guru kurang variatif dalam penggunaan media pembelajaran.

Peserta didik kurang dilibatkan pembelajaran secara berkelompok, peserta didik dalam pembelajaran lebih banyak diberi penugasan secara individu.

Kurangnya kemampuan peserta didik mengubah soal cerita ke dalam bahasa simbol atau model matematika.

Dari permasalahan latar belakang tersebutlah perlunya adanya suatu perbaikan-perbaikan dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan motivasi hasil belajar yang maksimal.  

Praktik baik ini penting untuk dibagikan karena:

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya alami, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga diharapkan bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain.

Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik baik ini adalah:

Adapun peran saya dalam praktik baik ini adalah sebagai guru yang akan berperan aktif dan mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapkan dengan melakukan perbaikan-perbaikan terkait dengan proses pembelajaran yang dilakukan untuk dapat berjalan secara efektif, serta melakukan inovasi-inovasi dalam proses pembelajaran seperti pemanfaatan dan penggunaan media, bahan ajar, serta model pembelajaran yang tepat yang disesuaikan dengan kondisi peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar siswa bisa tercapai sesuai dengan harapan yang ingin dicapai dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tantangan:

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan pemahaman siswa menyelesaikan soal cerita antara lain:

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mengilustrasikan materi pelajaran yang bersifat abstrak.

Metode-metode pembelajaran yang digunakan oleh guru bersifat membosankan dan kurang variatif.

Model pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak inovatif.

Motivasi belajar siswa rendah.

Dari penyebab diatas tantangan yang dihadapi oleh guru adalah:

Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi siswa.

Pemilihan metode pembelajaran yang variatif sehingga siswa merasa tertarik dan antuasias dalam mengikuti pembelajaran.

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dan sesui dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa.

Guru harus bisa menumbuhkan motivasi belajar siswa melalui proses pembelajaran yang menyenangkan.

Dilihat dari keempat tantangan tersebut dapat di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi siswa adalah motivasi belajar.

Aksi   :

Langkah-langkah yang harus di lakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain:

Pemilihan Model Pembelajaran

Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Disini guru memilih model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Proses pemilihan model ini pertama guru mempelajari apa saja model-model dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku tema guru dan buku tema siswa.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

Pemilihan Media Pembelajaran

Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran juga sesuai karakteristik siswa, selain itu guru juga bisa memilih media pembelajaran yang dikuasainya baik dalam pembuatan dan juga pengoprasian. Disini guru memilih media pembelajaran audio-visual (video, power point, dan uang mainan).

Proses pemilihan model pembelajaran ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibahas, kemudian guru mencari media dari youtube dan menggunakan media yang tergolong audio visual, maka digunakan media video dan gambar pada power point.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode pembelajaran antara lain penggunaan aplikasi PPT dan uang mainan, serta alat seperti laptop, infokus, pointer, speaker, dan jaringan internet.

Pemilihan Metode Pembelajaran yang Variatif

Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan memahami karakteristirk siswa dan karakteristik materi. Disini guru memilih metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, penugasan, tanyamjawab dan diskusi.

Proses pemilihan metode ini pertama guru mempelajari apa saja metode-metode dalam pembelajaran, lalu memahami karakteristik siswa dengan melihat kemampuan dasar dan kebiasaan siswa. Lalu melihat karakteristik materi dengan mempelajari materi pembelajaran yang terdapat di buku tema guru dan buku tema siswa.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan metode-metode pembelajaran dan juga pemahaman guru akan materi pembelajaran.

Meningkatkan Motivasi Siswa

Strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa adalah dengan merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Disini guru mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa.

Proses pengembangan RPP yang berpusat pada siswa; guru menentukan kegiatan-kegiatan apa saja yang akan dilakukan dalam pembelajaran yang kegiatan-kegiatan itu berpusat pada siswa dan membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Sumber daya yang diperlukan dalam pemilihan metode ini antara lain pemahaman/kompetensi guru akan pembuatan RPP dan juga kreatifitas merancang kegiatan-kegiatan yang membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran.

 

Refleksi Hasil dan Dampak  :

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dan dapat dilihat dari;

Penggunaam media audio visual ini sangat membantu pemahaman siswa akan konsep yang abstrak, dibuktikan dengan hasil evaluasi pembelajaran siswa di atas KKM.

Pemilihan metode yang variatif sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan siswa terlihat dari kegiatan siswa saat pembelajaran.

Pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) membiasakan peserta didik untuk mengembangan keterampilan berpikir kritis.

Desain kegiatan yang berpusat pada siswa sangat meningkatkan keaktifan siswa saat proses pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar.

Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran ini adalah sangat senang, bisa dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan refleksi bahwa pembelajaran sangat menyenangkan dan media pembelajarannya menarik juga mudah dipahami.

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap media pembelajaran, metode, model dan langkah-langkah pada rencana pelaksaanaan pembelajaran yang sudah dibuat.

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah guru dilakukan adalah seyogyanya guru lebih kretaif dan inovatif dalam memilih metode, model dan media pembelajaran untuk membuat proses belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

Dok. Desi P
Dok. Desi P

Dok. Desi P
Dok. Desi P
Dok. Desi P
Dok. Desi P

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun