Pengertian Equilibrium Output
Equilibrium output atau keseimbangan pasar adalah suatu keadaan dimana harga akan terjadi apabila permintaan jumlah barang seimbang dengan jumlah yang telah ditawarkan. Dan untuk menentukan jumlah dan harga barang terhadap keseimbangan adalah dengan menentukan titik potong terlebih dahulu pada grafik fungsi permintaan dan grafik fungsi penawaran.
Equilibrium output atau keseimbangan pasar ini memiliki keterkaitan yang sangat penting dengan pengeluaran agregat, karena jika kita sebagai rumah tangga melakukan pengeluaran agregat dengan bijak, maka akan terjadi keseimbangan pasar yang baik. Jika kita membeli barang-barang hasil produksi dalam negeri dengan harga yang seimbang atau ketersediaan di pasaran yang seimbang dengan jumlah yang diminta, atau melakukan kegiatan ekspor atau impor barang dengan jumlah yang sama dengan permintaan atau harga, maka hal ini dapat menyebabkan keseimbangan pasar yang baik.
Rumus Equilibrium Output
Qd = Qs atau Ps= Pd
Keterangan :
Qd = Jumlah harga yang diminta
Qs = Jumlah harga yang ditawarkan
Pd = Jumlah harga yang diminta oleh konsumen
Ps = Jumlah harga yang ditawarkan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Equilibrium Output
1. Jumlah demand terlalu banyak
Pada saat permintaan yang terlalu banyak atau jumlah permintaan suatu barang itu lebih banyak dari pada jumlah persediaan yang ada, maka akan berakibat harga barang yang sebelumnya di bawah titik keseimbangan pasar akan naik mendekati titik keseimbangan pasar.
2. Jumlah supply terlalu banyak
Perlu kita ketahui bahwa jika terlalu banyak persediaan barang (surplus) dapat membuat produsen menurunkan harga jual barang, karena pasti banyak produsen lain juga yang membuat barang sama, jadi jika harga nya lebih mahal dari produsen lain, pembeli pasti tidak mau membeli produk kita. Maka dari itu mari menjaga persediaan barang agar tidak surplus.
3. Adanya perubahan pada demand dan supply sekaligus
Supply dan demand ini sebenarnya adalah dua hal yang sering kali tidak berhubungan satu sama lain, tapi perlu kita ketahui terkadang ada faktor yang membuat pasar menjadi kacau dan membuat ke dua hal ini bisa berubah sekaligus. Nah ketika hal ini terjadi, tingkat keseimbangan pasar juga ikut berubah tergantung pada perubahan yang terjadi baik di supply maupun demand-nya.
4. Faktor kompetisi
Bagi suatu perusahaan, faktor kompetisi ini juga dapat memberikan pengaruh bagi keseimbangan pasar produk yang diproduksi oleh perusahaan. Contohnya, jika ada perusahaan baru yang menjual barang dengan harga lebih murah, konsumen bisa saja beralih ke produk dari perusahaan baru tersebut dan jika kita tidak menyediakan produk dengan harga yang bersaing. Akibatnya, kita dipaksa untuk menurunkan harga barang di pasar.
5. Faktor strategis
Saat bersaing di pasar, keputusan strategis perusahaan juga bisa memengaruhi produksi barang dan jasa yang ditawarkan. Contohnya, jika perusahaan baru memasuki pasar, mereka mungkin menawarkan harga yang lebih murah untuk menarik pelanggan dan memperoleh pangsa pasar. Setelah berhasil, mereka bisa menaikkan harga secara bertahap.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H