Mohon tunggu...
Deryl AhzaTaftazani
Deryl AhzaTaftazani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menjadikan Gadget untuk Menambah Pengetahuan

14 Januari 2023   10:24 Diperbarui: 14 Januari 2023   10:57 360
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menjadikan Gadget untuk Menambah Pengetahuan

Deryl Ahza Taftazani

Derylahza@gmail.com

PENDAHULUAN

 Gadjet merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi yang selalu menghadirkan teknologi terbaru dan dapat membantu aktivitas manusia menjadi jauh lebih mudah dan praktis, dengan kata lain teknologi adalah Bahasa secara umumnya dan gadjet sebagai adalah barang spesifiknya.

Manusia yang hidup jaman sekarang berada pada masa yang serba canggih, banyak informasi dari manapun bisa diakses dengan sangat mudah karena adanya internet dan alat atau barang elektronik. Sangat menguntungkan memang, bisa melakukan aktifitas seperti browsing dan mencari informasi atau berselancar di dunia maya hanya dengan sebuah perangkat canggih yang bisa dengan mudah kita operasikan. Perangkat gadjet ini pun juga sudah umum digunakan di lingkungan kita bahkan pengguna gadjet usia anak anak pun sudah bisa mengaksesnya.

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita melihat bermacam macam jenis gadjet yang hampir digunakan oleh semua kaum remaja. Gadjet sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Disamping memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi, juda dapat digunakan untuk sarana bisnis, sumber mencari informasi, penyimpanan berbagai macam data, sarana musik atau hiburan, jejaring social bahkan sebagai alat dokumentasi. Beberapa pemanfaatan gadjet selain mengakses informasi dan juga bermain adalah untuk sarana belajar mengajar. 

PEMBAHASAN

Saat ini telah diciptakan beberapa gadjet edukasi yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat proses belajar mengajar. Penggunaan gadjet dikelas seperti laptop, OHP, whiteboard interaktif, smartboard, perangat elektronik digital lainya, untuk mendorong dan memotivasi guru dan muridnya untuk membuat pelajaran lebih imteraktif. 

 Gadjet dalam pemanfaatannya juga memiliki dampak prestasi terhadap siswa. Prestasi belajar adalah hasil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dalam waktu tertentu, baik perubahan tingkah laku, keterampilan dan pengetahuan. Gadjet bukan hanya dijadikan pembantu kehidupan ataupun alat komunikasi dengan dunia luar tapi juga bisa dijadikan teman untuk mengisi waktu juga membantu untuk mencari informasi tentang pembelajaran. Adapun juga gadjet sekarang digunakan untuk mengakses ataupun mencari berita terkini. Dengan pesatnya perkembangan gadjet akses informasi, berita, media pembelajaran menjadi lebih mudah. Gadjet sangat berpengaruh pada kegiatan belajar mengajar apalagi pada saat psbb tahun lalu, kegiatan belajar mengajar bahkan dapat dilakukan secara jarak jauh via zoom meet. Entah apa yang akan terjadi apabila tidak adanya gadjet saat masa covid-19 lalu. Saat ini gadjet tidak hanya digunakan untuk pengaksesan informasi saja namun juga digunakan untuk presensi online melalui web ataupun aplikasi.

 Pada dasarnya penggunaan teknologi gadjet pada saat ini memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya, diantaranya dalam pembentukan pola pikir, karena adanya pengaruh teknologi informasi yang berkembang semakin pesat pada era 4.0 sekarang ini. Gadjet sangat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari. Dampak postif dan negative gadjet dipengaruhi oleh pengguna gadjet itu sendiri, apabila pengguna tersebut tidak dapat menggunakan gadjet sebaik mungkin maka akan berdampak negatif. Gadjet seringkali digunakan untuk mengisi waktu luang seperti bermain sosial media ataupun bermain game. Game sangat terkenal di kalangan pelajar, game terkadang digunakan untuk penghilang stres namun juga dapat menjadi lahan untuk mencari uang. Dampak positif gadjet sangat banyak seperti halnya untuk mengontrol usaha dari jarak jauh, jual beli saham, akses informasi untuk pembelajaran, mencari informasi dari segala belahan dunia, membaca jurnal ataupun artikel untuk pembelajaran untuk menambah relasi dan juga wawasan terhadap bidang yang ditekuni. 

 Kemajuan teknologi jika dilihat dari sisi positifnya juga bisa untuk menunjang Pendidikan dengan aplikasi pembelajaaran yang semakin lama semakin berkembang untuk mengembangkan kreatifitas anak juga gadjet dapat mengembangkan imajinasi dan melatih kecerdasan anak dan mengembangkan kemampuan membaca, menghitung serta rasa ingin tahu untuk menyelesaikan masalah, dengan adanya gadjet manusia dapat lebih mudah berinteraksi dengan sesama, manusia yang bergaul dengan gadjet cenderung lebih kreatif, aktif dan lebih banyak berinovasi akibat cepatnya perkembangan teknologi. Mudah mencari informasi dan lebih berani karena terlatih mengoperasikan teknologi yang baru.

  Menggunakan gadjet dengan aturan sebagaimana mestinya jangan terlalu berlebihan saat menggunakan gadjet dan jangan melakukan hal hal yang tidak berguna yang dapat merugikan diri sendiri karena dengan perkembangan jaman dan teknologi lebih maju banyak khalayak yang bermain smartphone dengan tidak mengetahui batasan. Diharapkan juga kepada pelajar untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan gadjet. Selain dilihat dari sisi positifnya dalam hal efisiensi pengembangan Pendidikan ada pengaruh negatif dari penggunaan gadjet bagi siswa sehingga akan memberikan masalah dalam proses belajar.

 Jika dilihat dari sisi negatif juga banyak yang merugikan diri sendiri seperti menjadi pribadi yang tertutup yang diakibatkan oleh kecanduan bermain gadjet, akibat dari terlalu lama menatap layer gadjet mata dapat mengalami radiasi dan kelelahan yang mengakibatkan mata menjadi minus, juga bisa sulit tidur karena bermain gadjet sampai larut malam sehingga kurangnya beraktifitas yang menyebabkan badan menjadi kurang sehat. 

 Kemajuan teknologi gadjet dalam Pendidikan jika dilihat dari sisi negatif bisa menjadikan siswa malas, dengan kurangnya kesiapan siswa dalam dalam mengatasi permasalahan dikarenakan lebih mengandalkan gadjet dalam mencari titik terang daripada mencari solusi dengan cara dan ide yang dimiliki sendiri. Dengan perkembangan buaya dan teknologi yang saat ini semakin pesat. Bila tidak mampu memanfaatkan dengan positif terlebih untuk menggunakan mencari informasi untuk perkembangan dan kebutuhan pelajar, bisa jadi akan menjadikan hal yang menggangu proses kegiatan belajar. Maka dari itu sangat diharapkan pada pengguna serta pendidik atau orang tua untuk membatasi penggunaan juga pengarahan dan pengawasan siswa dan anak dalam menggunakan teknologi secara tepat dan efektif.

KESIMPULAN

 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, dengan perkembangan teknologi yang saat ini semakin pesat bisa mempermudah proses belajar mengajar dari segala jenjang Pendidikan maupun pekerja kantoran, juga penggunaan gadjet berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa serta siswa yang berlebihan menggunakan gadjet akan mengalami kecanduan, kecanduan terhadap game itupun juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Meskipun begitu dengan adanya peningkatan pemahaman yang benar diharapkan terjadi perubahan perilaku penggunaan gadjet secara bijak, para pelajar bisa menggunakan gadjet dengan batasan penggunaan waktu yang dianjurkan agar proses belajar menjadi efektif dan tidak berlebihan.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun