Mohon tunggu...
Deri Anggara
Deri Anggara Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Biologi

Awal bukanlah akhir

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pencegahan dan Penanggulangan Dampak COVID-19 di SDN Jomin Barat 2 dan Masyarakat Umum di Desa Jomin Barat

30 Desember 2020   20:20 Diperbarui: 30 Desember 2020   20:37 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi COVID-19 merupakan peristiwa memilukan yang sudah berlangsung selama satu tahun (Aji, 2020). Pandemi ini disebabkan oleh coronavirus. Coronavirus merupakan virus penyebab penyakit pada manusia dan juga hewan. Gejala peyakit yang timbul pada manusia adalah infeksi saluran pernapasan, seperti flu hingga Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) (Nahdi et al., 2020; Wax & Christian, 2020). Pada tahun 2019, muncul coronavirus jenis baru pada manusia di wilayah Wuhan, Cina dengan nama Severe Acute Resiratorry Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2) dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19). 

Pandemi COVID-19 telah memberikan perubahan pola aktivitas di berbagai aspek kehidupan bagi seluruh negara di dunia (Cahyati & Kusumah, 2020). Salah satu aspek kehidupan yang terkena oleh dampak pandemi Covid-19 yaitu di bidang pendidikan (Ariadhy et al., 2020). Sebagian besar negara memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi, dan universitas. Pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan dampak pada pendidikan di tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan juga Perguruan Tinggi (Purwanto et al., 2020). 

Semua peserta didik terkena dampak pandemi karena dipaksa untuk melakukan pembelajaran daring. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran penularan COVID-19 karena anak muda juga memiliki risiko tertular penyakit ini (Siagian, 2020). Pembelajaran daring merupakan pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet sehingga peserta didik memiliki keleluasaan waktu belajar dan dapat berinteraksi dengan pendidik melalui berbagai media pembelajaran daring (Dewi, 2020). 

Pembelajaran daring disebut juga sebagai bentuk penyampaian pembelajaran konvensional yang dituangkan pada formal digital melalui jaringan internet (Imania, 2019). Pada awalnya, banyak orang tua yang menolak pembelajaran daring dan akhirnya mereka mulai menerima pembelajaran daring (Khasanah, 2020; Shereen et al., 2020). 

Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring juga dirasakan oleh guru, seperti tidak siap dalam menentukan instrumen pembelajaran secara cepat dan tepat sebagai pengganti untuk pertemuan tatap muka, tingginya kebutuhan kuota internet bagi para guru maupun siswa, kesulitan menemukan metode pembelajaran yang tepat, dan kesulitan dalam menetapkan sistem penilaian yang objektif (Rigianti, 2020).

Program Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) hadir untuk memberikan kontribusi pada masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19. KKN Tematik pada masa pandemi COVID-19 ini difokuskan pada pencegahan dan penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan. Seluruh program kegiatan KKN harus dilaksanakan secara daring untuk menghindari adanya penularan COVID-19. Kegiatan KKN dilakukan di sekitar tempat tinggal, yaitu di Desa Jomin Barat, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat sekitar tempat tinggal. 

Sebagian orang tua siswa ada yang kurang peduli terhadap pembelajaran daring anaknya sehingga tugas yang diberikan oleh guru tidak dilaksanakan dengan semestinya. Ada siswa yang kesulitan dalam pembelajaran daring karena keterbatasan perangkat pendukung pembelajaran daring, seperti handphone dan internet. Lalu, ada juga siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Masyarakat umum di Desa Jomin Barat mengalami penurunan tingkat kewaspadaan terhadap Pandemi COVID-19 setelah pandemi ini berlangsung cukup lama. Penggunaan masker dan physical distancing pun diabaikan begitu saja seolah-olah pandemi COVID-19 ini telah berakhir.

Tujuan umum kegiatan KKN Tematik ini adalah untuk memberikan edukasi penanggulangan dampak COVID-19 di bidang pendidikan dan memberikan pencegahan COVID-19 bagi masyarakat secara daring. Adapun tujuan khusus kegiatan KKN Tematik ini adalah (1) penguatan pembelajaran daring untuk mata pelajaran matematika di SDN Jomin Barat 2, (2) pendampingan pembelajaran daring siswa untuk mata pelajaran matematika di SDN Jomin Barat 2, (3) pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, (4) mendesain, melengkapi, dan menggunakan media pembelajaran daring, (5) pembuatan media edukasi daring berupa gambar atau video pencegahan COVID-19 bagi masyarakat Desa Jomin Barat melalui media sosial, dan (6) pembuatan dan penyaluran masker dan sanitizer dalam rangka pencegahan COVID-19 untuk masyarakat Desa Jomin Barat.

Sasaran dalam kegiatan KKN ini adalah 2 guru, 10 siswa SD, 10 orang tua siswa, dan 7 masyarakat Desa Jomin Barat. Metode yang digunakan adalah Q&A method melalui Whatsapp dan pendekatan dilakukan secara individual. Kegiatan KKN di Desa Jomin Barat berjalan lancar dan menghasilkan beberapa produk kegiatan KKN berupa media pembelajaran matematika, media pendampingan orang tua, media edukasi pencegahan COVID-19 untuk masyarakat Desa Jomin Barat, 21 buah masker kain, dan 7 buah sanitizer. Kegiatan KKN ini berlangsung lancar, mendapatkan respons positif, dan memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat Desa Jomin Barat.

REFERENSI

Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i. 7 (5): 395-402.

Ariadhy, S. Y., Nurohman, S., Arkum, D., Handini, W., & Ferdiana. (2020). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Anoa. 1 (3): 220-226.

Cahyati, N. & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pndemi COVID-19. Jurnal Golden Age. 4 (1): 152-159.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1): 55-61.

Imania, K. A. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK. 5: 31-47.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia. 10 (1): 41-48.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1): 177-186.

Purwanto, A., Pramono, R., Ashari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling. 2 (1): 1-12.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School. 7 (2): 297-302.

Shereen, M. A., Khan, S., Kazmi, A., Bashir, N., & Siddique, R. (2020). COVID-19 infection: Origin, transmission, and characteristics of human coronaviruses. Journal of Advanced Research. 24. 91-98.

Siagian, T. H. (2020). Mencari Kelompok Berisiko Tinggi Terinfeksi Virus Corona dengan Discourse Network Analysis. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 9 (2): 98-106.

Wax, R. S. & Christian, M. D. (2020). Practical recommendations for critical care and anesthesiology teams caring for novel coronavirus (2019-nCoV) patients. Canadian Journal of Anesthesia. 67: 568-576.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun