Disusun oleh : 1. Roikhatun Nurul Janah_34202200005, 2. Diah Ayu Cahyaningsih_34202200008, 3. Fitra Dewi Istiqomah_34202200042 4. Ahmad Deny Setiawan_34202200011 (Mahasiswa Prodi pendidikan matematika FKIP Unissula)
Dosen pengampu: Bu Nila Ubaidah, M.Pd. (Dosen FKIP Unissula)
Abstrak
Dalam penelitian ini penulis menganalisis tentang  kontraversi terkait materi peluang, banyak sekali orang beranggapan bahwa materi peluang mengajarkan perjudian kepada siswa.  Penelitian ini bertujuan untuk menghilangkan stigma tersebut. Pasalnya banyak sekali sisi positif dari mempelajari materi peluang, misal peluang dari bisnis, peluang dari cuaca baik atau buruk, bahkan peluang mengenai fenomena alam seperti gempa bumi dan tsunami. Indikator pada penelitian ini yaitu membahas teori-teori terkait materi peluang dalam kehidupan sehari-hari yang bernilai positif. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa diskusi, hipotesis serta analisis. Penyajian data yang penulis paparkan didalam artikel ini adalah hasil dari diskusi kelompok, yang berawal dari hipotesis penulis mengenai kontraversi materi peluang, dan selanjutnya kami analisa menggunakan teori yang sudah ada sebelumnya.
Kata Kunci: kontraversi materi peluang,perjudian,teori peluang
Pendahuluan
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh para pelajar. Siswa setidaknya belajar matematika sejak pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Dengan demikian, paling tidak selama dua belas tahun para siswa belajar matematika. Tentu saja ini menunjukkan betapa pentingnya pelajaran yang satu ini. Ini bukan saja sekedar penguasaan operasi penghitungan dan menghafalkan beragam jenis rumus yang ada dalam matematika. Kenyataanya, pelajaran matematika sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bukan saja untuk mengejar nilai, tapi pemahaman yang berusaha ditanamkan oleh para guru selama masa pembelajaran itulah yang justru menjadi hal utama, agar nantinya pengatahuan yang ada bisa digunakan dalam kehidupan nyata dan kegiatan sehari-hari. Salah satu materi dalam Matematika adalah materi Probabilitas atau peluang.
Peluang suatu kejadian dengan menggunakan berbagai objek nyata dalam suatu percobaan dan frekuensi relatif, serta menyajikan hasil penerapan konsep peluang untuk menjelaskan berbagai objek nyata melalui percobaan dengan menggunakan frekuensi relatif. Hal hal penting yang akan dipelajari terkait materi peluang ini adalah tentang percobaan, kejadian, ruang sampel, titik sampel, faktorial, permutasi, kombinasi, dan siklis.
Seringkali kita bertanya-tanya apa manfaat kita mempelajari peluang? Bahkan banyak stigma yang mengatakan bahwa peluang itu mengajarkan perjudian. Karena sering kali contoh soal-soal yang diberikan berupa peluang munculnya angka dadu, peluang mata koin, bahkan sampai peluang munculnya kartu bright. Perjudian itu umumnya tidak adil dilihat dari peluang kemenangan bagi tiap pihak yang terlibat. Bila peluangnya sama, kemenangannya akan bergiliran. Jadi untuk apa lagi mengikutinya, toh ujung-ujungnya tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah
1. Pengertian Peluang
probabilitas merupakan salah satu cabang matematika yang digunakan untuk memodelkan suatu ketidakpastian atau kejadian acak. Teori probabilitas dari ruang sampel berhingga direpresentasikan dalam sebuah bilangan riil yang disebut pembobot atau probabilitas, dengan nilai antara nol sampai dengan satu, yang memungkinkan untuk menghitung nilai probabilitas terjadinya suatu kejadian. Jika suatu kejadian memiliki kemungkinan terjadi yang besar, maka nilai probabilitas dari kejadian tersebut mendekati satu. Di sisi lain, nilai probabilitas yang mendekati nol diberikan apabila suatu kejadian memiliki kemungkinan terjadi sangat kecil atau hampir tidak mungkin terjadi[1]. Dengan mengetahui besar nilai probabilitas dari suatu ketidakpastian, akan sangat membantu dalam pengambilan keputusan.