BAB 1
PENDAHULUAN
Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat semakin berkembang. Terlebih lagi generasi millennials yang semakin terpengaruh akan gaya hidup sehat ini. Gaya hidup sehat ini sudah mulai banyak dijumpai di berbagai kalangan. Terlebih lagi mahasiswa. Akan tetapi, untuk menerapkan gaya hidup sehat ini juga tidak terlepas dari berbagai hambatan. Salah satunya adalah kesulitan untuk mencari makanan sehat di lingkungan universitas.
Usaha catering rumahan merupakan usaha penyedian aneka makanan untuk jumlah yang cukup besar. Usaha katering rumahan saat ini cukup diminati karena kebutuhan akan makanan tidak pernah ada habisnya  apalagi untuk penyedian makanan dalam jumlah besar. Selain itu bila dilihat dari sudut pandang efisiensi dan biaya, usaha ini banyak menghemat biaya investasi usaha. Seperti, tempat dan peralatan rumah tangga dapat menggunakan yang telah ada sebagai langkah awal. Selain itu, dilihat dari sisi pasar, masyarakat yang cenderung konsumtif memberikan peluang keuntungan yang besar
HOT CATERING hadir untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dalam menerapkan gaya hidup sehat. HOT CATERING menyediakan makanan vegetarian siap konsumsi untuk mahasiswa dengan harga yang terjangkau. Dalam menjaga kualitas makanan yang disajikan, makanan yang sudah siap saji langsung diantarkan kepada pelanggan. Dengan hadirnya HOT CATERING masalah kesulitan menerapkan gaya hidup sehat menjadi lebih mudah bagi mahasiswa.
BAB 2
BUSINESS MODEL CANVAS
2.1 Â Customer Segments
Bagian ini akan menjelaskan mengenai siapa target pembeli atau pun pasar manakah yang akan disasar. HOT CATERING memiliki customer segments yang mencakup berbeapa kelompok konsumen saja atau segmented. Target konsumen kami adalah mahasiswa-mahasiswi yang yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, dan Depok. Kami mentargetkan konsumen pada mahasiswa yang ingin memulai gaya hidup sehat melalui konsumsi makanan vegetarian. Akan tetapi, mahasiswa yang ingin memulai gaya hidup sehat memiliki hambatan yaitu tidak tersedianya menu makanan sehat di kantin tempat mereka belajar. Maka dari itu, HOT CATERING hadir untuk memenuhi kebutuhan yang ada.
2.2 Â Value Propositions
Bagian ini akan menjelaskan tentang manfaat atau keunggulan yang ditawarkan HOT CATERING. Selain itu, value propositions juga menggambarkan gabungan antara produk dan layanan, sehingga dapat menciptakan nilai lebih bagi pelanggan. Nilai yang dimiliki oleh HOT CATERING adalah:
- Fresh
- Makanan yang kami sajikan kepada mahasiswa adalah makanan yang baru saja masak sehingga rasa yang akan didapat maksimal. Selain itu, kami memilih bahan-bahan yang segar vegetarian dan tentunya sehat.
- Affordable Price
- Harga yang kami tawarkan untuk makanan sehat kami sesuaikan dengan harga sesuai dengan kemampuan mahasiswa. Walaupun harga disesuaikan, tetapi kami tidak menghilangkan standar kualitas dari makanan yang sudah ditentukan.
- Mix it
- Mudahnya rasa bosan terhadap satu menu, membuat kami memberikan kebabasan bagi mahasiswa untuk memilih sendiri menu yang diinginkan.