Mohon tunggu...
Deniya Puspitariani
Deniya Puspitariani Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Dasar

Saya merupakan salah satu gru sekolah dasar yang hobi berolahraga. Selain itu berkativitas secara sosial dan public speaking juga saya minati.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP PPL PPG Daljab Kategori 2 Tahun 2022 Problem Based Learning

10 Desember 2022   00:02 Diperbarui: 10 Desember 2022   00:20 1656
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      :     SDIT Ar-Rahmah Islamic School

Kelas / Semester           :     VI (Enam) / 1

Tema 4                            :     Globalisasi

Sub Tema 2                    :     Globalisasi dan Manfaatnya

Pembelajaran                :     1

Alokasi Waktu               :     4 x 35 Menit (2 Pertemuan)

Hari / Tgl Pelaksanaan:    .........

 

A.      KOMPETENSI INTI (KI)

KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      KOMPETENSI DASAR (KD)

IPA

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.

3.6.1 Mendeskripsikan cara menghemat energi listrik. (C4)

2

4.6 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.

4.6.1 Menyajikan laporan hasil survei lingkungan tentang menghemat energi listrik. (P3)

 

 

 

IPS

NO

KOMPETENSI DASAR (KD)

INDIKATOR

1

3.3Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

3.3.2 Menganalisis peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN. (C2)

2

4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.

4.3.2 Menyusun hasil analisis tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN. (P4)

 

C.      TUJUAN PEMBELAJARAN

Dengan mengamati gambar pada powerpoint, peserta didik mampu menganalisis tentang manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi dengan tepat.

Setelah mencari dan mengolah informasi, peserta didik mampu menyusun hasil analisis informasi tentang manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi dengan benar.

Dengan berdiskusi, peserta didik mampu mendeskripsikan cara menghemat energi listrik dengan tepat.

Setelah melakukan penyelidikan lingkungan, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan menghemat energi listrik dengan sistematis.

Karakter peserta didik yang diharapkan   :

Religius

Nasionalis

Mandiri

Gotong Royong

Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

Guru memberikan salam dan mengajak semua peserta didik berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius

Menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional "Halo Halo Bandung". Nasionalis

Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.

Guru melakukan Ice Breaking

Guru menggali pengetahuan yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.

Menginformasikan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dibelajarkan yaitu tentang "Globalisasi".

Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan pembagian kelompok, orientasi, diskusi, penyelidikan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan. (Problem Based Learning)

15 menit

Inti

Sebagai kegiatan pembuka, guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.

ORIENTASI

Peserta didik diminta mengamati  beberapa foto yang terdapat dalam power point tentang kegiatan manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indinesia. (TPACK)

  • Guru meminta peserta didik untuk berpendapat tentang hubungan kegiatan tersebut dengan kemajuan teknologi dan perubahan dalam aspek sosial budaya, ekonomi dan pendidikan.

DISKUSI

  • Guru menyajikan materi dalam bentuk powerpoint tentang manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia. (TPACK)
  • Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi tetang perubahan-perubahan yang terjadi karena globalisasi.
  • Perubahan IPS ke IPA
  • Guru menjelaskan salah satu manfaat globalisasi diantaranya perkembangan dalam penggunaan atau pemanfaatan lampu hemat energi dan benda-benda elektronik lainnya.
  • Peserta didik menyampaikan pendapatnya tentang perubahan pemanfaatan alat elektrotik yang berhubungan dengan energi.
  • Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi tentang cara menghemat energi dalam kehidupan
  • sehari-hari.

PENYELIDIKAN

Guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Guru menjelaskan tentang cara mengerjakan LKPD

Guru mengajak peserta didik untuk melakukan penyelidikan (Patroli Listrik) tentang kebiasaan warga sekolah dalam menghemat energi. Gotong Royong / Kerja Sama

ANALISIS

 

Peserta didik menuliskan laporan berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan secara berkelompok. Mandiri

MENGKOMUNIKASIKAN

Setiap kelompok menyampaikan hasil penyeledikan di depan kelas. 

(Peserta didik dibagi tugas sebagai moderator dan penyaji)

Peserta didik melakukan perenungan tentang kebiasaan hidup hemat listrik mereka dalam keseharian, serta rencana ke depan untuk menjadi lebih baik lagi.

LATIHAN SOAL INDIVIDU

Guru memberikan lembar soal latihan sumatif.

Peserta didik mengerjakan latihan soal sumatif. Mandiri

45 menit

Penutup

Bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas

Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

Melakukan penilaian hasil belajar

Menyanyikan lagu " Good Bye My Friend"

Mengajak semua peserta didik berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

10 menit

 

E.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN

Sumber :

Buku peserta didik Pemantik 6D:

Shaptorini & Wahyudi.2021.Pemantik 6D (Globalisasi).Bogor:Quadra

Media :

Powerpoint manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia

 

Alat & Bahan :

Smart televisi

Laptop

 

F.      MATERI PEMBELAJARAN

Kemajuan kehidupan masyarakat dalam aspek sosial budaya, ekonomi, teknologi dan pendidikan akibat dari globalisasi.

Melakukan penyelidikan tentang penggunaan energi listrik di lingkungan sekolah.

G.      METODE PEMBELAJARAN 

Pendekatan       : TPACK

Metode              :  Student center

Model                : Problem Based Learning (PBL)

  •  

Mengetahui

Kepala Sekolah

LAILA MAJDA, SE

NUPTK. 1052771672230133

............, ................... 2022

Guru Kelas VI

DENIYA PUSPITARIANI, S.Pd

NUPTK. 8036774675230043

 

 

 

 

Lampiran 1

H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR

a) Penilaian Sikap 

No

Nama

Perubahan tingkah laku

Santun

Peduli

Tanggung Jawab

K

C

B

SB

K

C

B

SB

K

C

B

SB

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Ahmad Dairobbi Ibrahim

2

Arfa Faiz Ardi

3

Azzam Askar

4

Balqis Salsabila Anwari

5

Fathiyyah Saamiyah

6

Ghya Agustin Keyla Nugraha

7

Halwa Qurrotu Aira

8

Irtiya Nisrina

9

Jaffan Ibrahim Irfan

10

Jennita Kartika

11

Mayra Huwaida

12

Mochammad Alfarezel Lubis

13

Muhammad Habib Al Katiri

14

Muhammad Izdihar Yuza

15

Muhammad Raafi Firdaus

16

Nadine Kaelynasafa

17

Nafisah Puti Okzariani

18

Narda Azka Asdia

19

Pranadipta Sastya Parameswara

20

Radithiya Julian Wardhana

21

Raja Yufamena

22

Rekhansa Fina Fauzi

23

Salma La Rossa

24

Tasahla Napisah

25

Wayunisa Maulidya Putri

26

Zahira Jannatunnajwa

27

Zanira Elvina Gusfitri

Keterangan: 

K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

b) Penilaian Kognitif dan Keterampilan

  • IPS

Latihan soal sumatif tentang manfaat dan dampak dari globalisasi bagi Bangsa Indonesia

  • IPA

Lembar kerja peserta didik (LKPD) tentang penyelidikan hemat energi listrik.

 

Pengayaan 

Jika memiliki waktu, peserta didik dapat menambah waktu pecarian informasi tentang teknologi dalam kehidupan sehari-hari dampak dari adanya globalisasi.

Peserta didik dapat saling berbagi informasi untuk memperkaya wawasan mereka tentang cara menghemat energi yang dapat dilakukan di rumah.

 Remedial

  • Bagi peserta didik yang belum dapat memahami materi manfaat dan dampak globalisasi, akan ditingkatkan kemampuan memahami dengan bimbingan guru atau teman Peer Assistance.

Kerja Sama dengan Orang Tua

Peserta didik menceritakan kegiatan mereka hari ini di sekolah tentang pentingnya hidup hemat listrik.

Peserta didik mendiskusikan bersama orang tua tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan kebiasaan hidup hemat listrik.

 

 

KISI-KISI ASSESMEN SUMATIF

PENILAIAN INDIVIDU

No

Ranah Kognitif

Indokator

Soal

Nomor Soal

1

C1

Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif kemajuan teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari

Sebutkan 3 dampak positif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari!

1

2

C2

Peserta didik dapat memberi contoh perubahan akibat dari globalisasi dalam aspek sosial budaya

Tuliskan contoh perubahan dalam aspek sosial budaya akibat dari globalisasi!

2

3

C4

(HOTS)

Peserta didik dapat memilih pernyataan yang termasuk dapak positif dan dapak negatif dari globalisasi

Perhatikan pernyataan berikut!

3

 

Lembar Kerja Individu Terlampir (dalam bentuk pdf)

 

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun