RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Â
Satuan Pendidikan    :   SDIT Ar-Rahmah Islamic School
Kelas / Semester      :   VI (Enam) / 1
Tema 4 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Â Â Globalisasi
Sub Tema 2 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Â Â Globalisasi dan Manfaatnya
Pembelajaran         :   1
Alokasi Waktu        :   4 x 35 Menit (2 Pertemuan)
Hari / Tgl Pelaksanaan: Â Â .........
Â
A. Â Â Â KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 Â : Â Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Â : Â Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 Â : Â Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 Â : Â Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Â Â Â KOMPETENSI DASAR (KD)
IPA
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.6 Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik.
3.6.1 Mendeskripsikan cara menghemat energi listrik. (C4)
2
4.6 Menyajikan karya tentang berbagai cara melakukan penghematan energi dan usulan sumber alternatif energi listrik.
4.6.1 Menyajikan laporan hasil survei lingkungan tentang menghemat energi listrik. (P3)
Â
Â
Â
IPS
NO
KOMPETENSI DASAR (KD)
INDIKATOR
1
3.3Menganalisis posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
3.3.2 Menganalisis peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN. (C2)
2
4.3 Menyajikan hasil analisis tentang posisi dan peran Indonesia dalam kerja sama di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, teknologi, dan pendidikan dalam lingkup ASEAN.
4.3.2 Menyusun hasil analisis tentang peran Indonesia dalam berbagai bentuk kerja sama di bidang sosial budaya dalam lingkup ASEAN. (P4)
Â
C. Â Â Â TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar pada powerpoint, peserta didik mampu menganalisis tentang manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi dengan tepat.
Setelah mencari dan mengolah informasi, peserta didik mampu menyusun hasil analisis informasi tentang manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi dengan benar.
Dengan berdiskusi, peserta didik mampu mendeskripsikan cara menghemat energi listrik dengan tepat.
Setelah melakukan penyelidikan lingkungan, peserta didik mampu menyajikan laporan hasil pengamatan menghemat energi listrik dengan sistematis.
Karakter peserta didik yang diharapkan  :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. Â Â KEGIATAN Â PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak semua peserta didik berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
Menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional "Halo Halo Bandung". Nasionalis
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Guru melakukan Ice Breaking
Guru menggali pengetahuan yang telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya.
Menginformasikan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dibelajarkan yaitu tentang "Globalisasi".
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan pembagian kelompok, orientasi, diskusi, penyelidikan, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan. (Problem Based Learning)
15 menit
Inti
Sebagai kegiatan pembuka, guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok.
ORIENTASI
Peserta didik diminta mengamati  beberapa foto yang terdapat dalam power point tentang kegiatan manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indinesia. (TPACK)
- Guru meminta peserta didik untuk berpendapat tentang hubungan kegiatan tersebut dengan kemajuan teknologi dan perubahan dalam aspek sosial budaya, ekonomi dan pendidikan.
DISKUSI
- Guru menyajikan materi dalam bentuk powerpoint tentang manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia. (TPACK)
- Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi tetang perubahan-perubahan yang terjadi karena globalisasi.
- Perubahan IPS ke IPA
- Guru menjelaskan salah satu manfaat globalisasi diantaranya perkembangan dalam penggunaan atau pemanfaatan lampu hemat energi dan benda-benda elektronik lainnya.
- Peserta didik menyampaikan pendapatnya tentang perubahan pemanfaatan alat elektrotik yang berhubungan dengan energi.
- Guru mengajak peserta didik untuk berdiskusi tentang cara menghemat energi dalam kehidupan
- sehari-hari.
PENYELIDIKAN
Guru membagikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)
Guru menjelaskan tentang cara mengerjakan LKPD
Guru mengajak peserta didik untuk melakukan penyelidikan (Patroli Listrik) tentang kebiasaan warga sekolah dalam menghemat energi. Gotong Royong / Kerja Sama
ANALISIS
Â
Peserta didik menuliskan laporan berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan secara berkelompok. Mandiri
MENGKOMUNIKASIKAN
Setiap kelompok menyampaikan hasil penyeledikan di depan kelas.Â
(Peserta didik dibagi tugas sebagai moderator dan penyaji)
Peserta didik melakukan perenungan tentang kebiasaan hidup hemat listrik mereka dalam keseharian, serta rencana ke depan untuk menjadi lebih baik lagi.
LATIHAN SOAL INDIVIDU
Guru memberikan lembar soal latihan sumatif.
Peserta didik mengerjakan latihan soal sumatif. Mandiri
45 menit
Penutup
Bersama-sama peserta didik membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Menyanyikan lagu " Good Bye My Friend"
Mengajak semua peserta didik berdo'a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
10 menit
Â
E. Â Â Â SUMBER DAN Â MEDIA PEMBELAJARAN
Sumber :
Buku peserta didik Pemantik 6D:
Shaptorini & Wahyudi.2021.Pemantik 6D (Globalisasi).Bogor:Quadra
Media :
Powerpoint manfaat dan dampak globalisasi bagi Bangsa Indonesia
Â
Alat & Bahan :
Smart televisi
Laptop
Â
F. Â Â Â MATERI PEMBELAJARAN
Kemajuan kehidupan masyarakat dalam aspek sosial budaya, ekonomi, teknologi dan pendidikan akibat dari globalisasi.
Melakukan penyelidikan tentang penggunaan energi listrik di lingkungan sekolah.
G. Â Â Â METODE PEMBELAJARANÂ
Pendekatan    : TPACK
Metode        :  Student center
Model         : Problem Based Learning (PBL)
- Â
Mengetahui
Kepala Sekolah
LAILA MAJDA, SE
NUPTK. 1052771672230133
............, ................... 2022
Guru Kelas VI
DENIYA PUSPITARIANI, S.Pd
NUPTK. 8036774675230043
Â
Â
Â
Â
Lampiran 1
H. Â Â PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
a) Penilaian SikapÂ
No
Nama
Perubahan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Ahmad Dairobbi Ibrahim
2
Arfa Faiz Ardi
3
Azzam Askar
4
Balqis Salsabila Anwari
5
Fathiyyah Saamiyah
6
Ghya Agustin Keyla Nugraha
7
Halwa Qurrotu Aira
8
Irtiya Nisrina
9
Jaffan Ibrahim Irfan
10
Jennita Kartika
11
Mayra Huwaida
12
Mochammad Alfarezel Lubis
13
Muhammad Habib Al Katiri
14
Muhammad Izdihar Yuza
15
Muhammad Raafi Firdaus
16
Nadine Kaelynasafa
17
Nafisah Puti Okzariani
18
Narda Azka Asdia
19
Pranadipta Sastya Parameswara
20
Radithiya Julian Wardhana
21
Raja Yufamena
22
Rekhansa Fina Fauzi
23
Salma La Rossa
24
Tasahla Napisah
25
Wayunisa Maulidya Putri
26
Zahira Jannatunnajwa
27
Zanira Elvina Gusfitri
Keterangan:Â
K (Kurang) : 1, Â C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
b) Penilaian Kognitif dan Keterampilan
- IPS
Latihan soal sumatif tentang manfaat dan dampak dari globalisasi bagi Bangsa Indonesia
- IPA
Lembar kerja peserta didik (LKPD) tentang penyelidikan hemat energi listrik.
Â
PengayaanÂ
Jika memiliki waktu, peserta didik dapat menambah waktu pecarian informasi tentang teknologi dalam kehidupan sehari-hari dampak dari adanya globalisasi.
Peserta didik dapat saling berbagi informasi untuk memperkaya wawasan mereka tentang cara menghemat energi yang dapat dilakukan di rumah.
 Remedial
- Bagi peserta didik yang belum dapat memahami materi manfaat dan dampak globalisasi, akan ditingkatkan kemampuan memahami dengan bimbingan guru atau teman Peer Assistance.
Kerja Sama dengan Orang Tua
Peserta didik menceritakan kegiatan mereka hari ini di sekolah tentang pentingnya hidup hemat listrik.
Peserta didik mendiskusikan bersama orang tua tentang langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melakukan kebiasaan hidup hemat listrik.
Â
Â
KISI-KISI ASSESMEN SUMATIF
PENILAIAN INDIVIDU
No
Ranah Kognitif
Indokator
Soal
Nomor Soal
1
C1
Peserta didik dapat menyebutkan dampak positif kemajuan teknologi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari
Sebutkan 3 dampak positif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari!
1
2
C2
Peserta didik dapat memberi contoh perubahan akibat dari globalisasi dalam aspek sosial budaya
Tuliskan contoh perubahan dalam aspek sosial budaya akibat dari globalisasi!
2
3
C4
(HOTS)
Peserta didik dapat memilih pernyataan yang termasuk dapak positif dan dapak negatif dari globalisasi
Perhatikan pernyataan berikut!
3
Â
Lembar Kerja Individu Terlampir (dalam bentuk pdf)
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H