Oke manteman kita akan lanjutkan membahasa tentang aliran pendidikan yang selanjutnya yaitu aliran perennialisme. Apa sih perennialisme itu? Siapa saja tokohnya?
Pengertian Perennialisme
Kata perennialisme sendiri berasal dari kata "perenial" yang artinya abadi,juga bisa diartikan tiada akhir. Aliran ini berpendapat bahwa nilai-nilai kultural masa lampau harus menjadi dasar dari sebuah pendidikan.Â
Aliran perennialisme ini mengambil jalan regresif yaitu kembali pada masa Yunani Kuno dan abad pertengahan tentang nilai dan prinsip dasar yang menjiwai pendidikan.
Ada beberapa cara mudah untuk mengenali aliran ini,yaitu:Â
1. Aliran perennialisme cenderung mengambil jalab regresif.
2. Aliran perennialisme berpendapat bahwa realita itu mengandung tujuan.
3. Aliran perennialisme ini beranggapan bahwa belajar merupakan sebuah latihan dan disiplin mental.
4. Aliran perennialisme menganggap bahwa kenyataan tertinggi itu berada dibalik alam yang penuh kedamaian dan transendental.
Tokoh-tokohnya
1. Robert M. Hutchins
Ia berpendapat mengenai aliran perennialisme bahwa pendidikan mengimplementasikan pengajaran. Sebuah pengetahuan adalah suaty kebenaran. Dan kebenaran dimapain dan kapanpun adalah sama. Selain itu,pendidikan dipandang sebagai suatu persiapan untuk hidup,bukan hidup sendiri.
2. Ortimer Adler
Menurutnya bahwa pendidikan adalah sebagai proses untuk mengoptimalkan kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Dan cara pengoptimalannya adalah dengan cara latihan dan praktek yang dilakukan secara terus-menerus
Sekian,semoga bermanfaat :)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H