Okeee,Kita akan melanjutkan pembahasan mengenai aliran yang selanjutnya yaitu aliran progesivisme. Apa sih progesivisme itu? Dan siapa saja tokoh-tokohnya?
● Pengertian Progresivisme
Progresivisme berasal dari kata "proges" yang artinya kemajuan,secara harfiyah progresivisme dapar diartikan sebagai aliran yang menginginkan kemajuan-kemajuan secara cepat. Istilah progesivisme sering dikaitkan dengan kata proges yaitu kemajuan artinya prpgresivisme merupakan salah satu aliran yang menghendaki suatu kemajuan yang mana kemajuan ini akan membawa sebuah perubahan.
Progresivisme merupakan suatu aliran yang menekankan bahwa pendidikan bukanlah sekedar upaya pemberian pengetahuab tetapi juga berisi tentahg beragam akivitas yang mengarah pada kemampuan berlatih berpikir peserts didik secara menyeluruh sehingga mereka dapat berpikir secara sistematis melalui cara-cara ilmiah.
Progresivisme dalam pendidikan yaitu:
1. Pandangan progresivisme tentang anak didik dan pendidik
Aliran ini memandang bahwa peserta didik mempunyai akal dan kecerdasan dan peran guru dalam suatu kelas yang berorientasi cara progresivisme adalah berfungsi sebagai seorang pemimpin atau seorang yang menjadi sumber yang pada intinya memiliki tanggungjawab untuk memfasilitasi pembelajaran siswanya dan juga nenberi siswa pengalaman-pengalaman yang meniru keseharian.
2. Pandangan aliran progresivisme dalam belajar
Aliran ini berpandangan bahwa belajar dilaksanakan dari asumsi bahwa anak kecil bukan dekil melaibkan manusia seutuhnya yang mempunyau potensi untuk berkembang dan mempunyai kemampuab yang berbeda-beda. Dalam hal ini belajar semestinya dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai potensi yang dimiliki oleh anak didik. Jadi,padangan aliran ini mengenai belajar garus berpusat pada siswa.
3. Memberi mereka motivasi dan bukan perintah
Dalam dunia pendidikan,seorang guru harus memberikan motivasi kepada peserta didiknya agar mereka lebih giat lagi belajar.
4. Mengikutsertakan peserts didik dalam berbagai kegiatan yang memenuhi kebutuhan pokok
Maksudnya,seorang guru harus melibatkan peserta didiknya untuk berbagai kegiatan yang berdampak baik pada mereka.
Aliran ini juga beranggapan bahwa belajar adalah suatu proses yang beetumpu pada kelebihan akal manusia yang bersifat kreatif dan dinamis.
● Tokoh-tokoh Aliran Progresivisme
1. William James
Ia adalah seorang psikolog dan filsuf asal Amerika. Ia berpendapat bahwa fungsi akal dan pikiran dipelajari sebagai bagian dari mata pelajaran pokok dari ilmu pengetahuan alam.
2. John Dewey
Ia merupakan seorang profesor di Universitas Chicago dan Columbia(Amerika). Menurutnya progresivisme merupakan interperdi atau terjemahan dalam hal pendidikan dan dihubungkan dengan orientasi tahap awal munculnya masyarakat berteknologi di Amerika. Ia menulis bahwa pendidikan berlandaskan pada filsafat pengalaman. Ia menyinggung adanya kesatuan rangkaian pengalaman yang mempunyai 2 aspek penting dalam pendidikan,yakitu:
1. Hubungan kelanjutan antara individu dan masyarakat.
2. Hubungan kelanjutan antara pikiran yang ada.
Ia sejalan dengan Plato bahwa ridak ada inividu atau masyarakat yang lepas antara satu dengan yang lainnya dan juga pikiran tidak lepas dari pengalaman.
3. Hans Vailenger
Ia merupakan seorang filsuf asal Jerman yang lahir pads tahun 1852 dan meninggal pada tahun 1933. Ia berpendapat bahwa kata "tahu" hanya mempunyai arti pragtis bersesuaian dengan objeknya dan tidak bisa dibuktikan karena satu-satunya ukuran berpikir adalah gunanya untuk memengaruhi kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI