Mohon tunggu...
denifebriyanto
denifebriyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi futsal dan main game, suka travelling serta nongkrong

Selanjutnya

Tutup

Analisis

analisis promosi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pencucian pakaian frisma laundry

7 Januari 2025   15:38 Diperbarui: 7 Januari 2025   15:38 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Kajian Pustaka

2.1.1 Promosi

     1. Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu bentuk penilaian konsumen dalam memilih atau membeli produk dan jasa yang akan digunakan dalam suatu hal. Promosi menjadi sebuah penilaian penting bagi konsumen karena bisa membandingkan kualitas dan besaran harga yang dikeluarkan dengan apa yang akan di dapatkan dari produk atau jasa tersebut.

 Promosi juga bisa menjadi sebuah indikator penting bagi konsumen untuk membandingkan harga dan kualitas suatu produk atau jasa yang ditawarkan dari suatu tempat ke tempat yang lain. Biasanya sebuah perusahaan melakukan promosi sebagai alat untuk mencoba mempengaruhi dan meyakinkan konsumen untuk menggunakan jasa yang telah disediakan oleh perusahaan tersebut. Di era sekarang ini teknik promosi menjadi salah satu alat penting bagi sebuah perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya.

Menurut Syahputra (2019: 84) menyatakan bahwa promosi adalah: Suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah memperkenalkan sesuatu (barang/ jasa/ merek/ perusahaan) kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

 Menurut Safri dan Putri (2019: 299-300) mengungkapkan bahwa promosi adalah: Komunikasi pemasaran, artinya aktivitas pemasar yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan

Berdasarkan penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa promosi adalah aktivitas penting sebuah perusahaan dalam memperkenalkan sebuah produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan guna menarik dan memikat hati pelanggan sehingga selalu memakai dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut

2. Jenis Promosi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun