Mbizmarket? Istilah e-procurement sendiri adalah proses pengadaan barang dan jasa yang pelaksanaanya dilakukan secara elektronik dan berbasis internet. Sedangkan Mbizmarket merupakan bagian dari Lippo grup dan Lippo digital, yang menjadi pionir dibidang penyediaan solusi total e-procurement di Indonesia.
Bagi sebagian besar masyarakat istilah e-procurement mungkin tidak begitu familiar terdengar. Banyak juga yang mungkin bertanya-tanya apakahMbizmarket merupakan platform marketplace B2B (business to business) pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan solusi total e-procurement secara lengkap dan menyeluruh. Mbizmarket merupakan terobosan baru untuk perusahaan dengan skala kecil, menengah maupun besar. Dengan mendigitalisasi procurement, Mbizmarket menjadi solusi cerdas untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi pada proses pembelian atau pengadaan barang. Sehingga proses pengadaan barang di perusahaan menjadi lebih transparan, efektif dan efisien.
Pentingnya Marketplace B2B
Sebagai pelaku bisnis tentu menjadi keharusan untuk mengetahui sistem marketing apa yang harus digunakan dalam mengembangkan suatu usaha. Ada beberapa dasar dari bisnis yang harus diketahui yakni konsep B2B, B2C dan C2C. Ketiganya memiliki jenis model bisnis yang berbeda.
B2B adalah istilah yang kerap digunakan untuk konsep business to business. Konsep bisnis ini merupakan transaksi bisnis yang terjadi antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Dengan kata lain B2B ialah pemasaran produk atau jasa oleh entitas bisnis satu ke bisnis lainnya. Konsep B2B berbeda dengan B2C yakni konsep yang menjual produk dan jasa dari perusahaan langsung ke customer. Sedangkan untuk C2C sendiri merupakan konsep bisnis dari customer yang menjual kepada customer lain.
Dalam dunia usaha, para pelaku usaha dikatakan berhasil jika dapat melakukan ekspansi atau mengembangkan usahanya baik didalam negeri ataupun luar negeri. Untuk melakukan perluasan ini tidak dapat hanya menerapkan model bisnis B2C saja. Disinilah kehadiran marketplace B2B menjadi sangat diperlukan. Karena B2B memiliki volume perdagangan lebih besar sehingga dapat memungkinkan pelaku usaha untuk mengembangkan impor dan ekspor bisnis mereka.
Apa yang e-Procurement Tawarkan?
Menurut Rizal Paramarta, CEO Mbiz.co.id, pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara konvensional memiliki tingkat transparansi rendah, rawan terhadap potensi ketidakpatuhan dan penyimpangan. Disamping itu, procurement membutuhkan waktu yang cukup lama dan terlalu rumit terkait proses pengadaan yang dilakukan. Proses panjang meliputi kelengkapan dokumen, pemilihan vendor, proses approval, hingga proses pengauditan. Metode procurement secara konvensional memiliki masalah pada tingkat akuntabilitas.
Dilansir dari laman Kementerian Keuangan, e-procurement bertujuan untuk menciptakan transparansi, efisiensi dan efektifitas serta akuntabilitas dalam pengadaan barang atau jasa melalui media elektronik anatara panitia dan penyedia jasa. Disinilah kemudian digitalisasi procurement atau e-procurement menawarkan proses dalam satu platform. Proses pengadaan, tansaksi dan informasi mengenai penjual, barang, harga dan lain-lain diintegrasikan dalam satu platform. Procurement digital memberikan efektifitas dan efisiensi yaitu proses pengadaan barang secara efisien, efektif, nyaman dan cepat. Procurement digital membuat proses pengadaan barang dan jasa menjadi lebih praktis dan hemat. Dengan kepraktisan inilah, perusahaan dapat menghemat anggaran sehingga baik untuk mendukung keberlangsungan suatu perusahaan.
Keunggulan Mbizmarket
Mbizmarket memberikan fasilitas untuk melakukan perbandingan harga pada satu halaman yang sama secara real time. Hal ini merupakan bentuk efisiensi yang maksimal. Terkait regulasi perpajakan, Mbizmarket juga memberikan tanda apakah vendor penyedia barang dan jasa adalah Perusahaan Kena Pajak atau bukan.
Mbizmarket juga menawarkan berbagai jenis jasa dan barang yang sangat beragam, mulai dari peralatan elektronik, kesehatan dan kecantikan, peralatan rumah tangga, perlengkapan kantor, peralatan industri, agrikultur, jasa event organizer, jasa pemeliharaan gedung atau kantor, rental kendaraan, jasa pemasangan iklan, jasa konstruksi, jasa tenaga kerja kontrak, pengadaan bahan kimia, hingga produk terkustomisasi.
Mbizmarket dapat dimanfaatkan secara gratis oleh perusahaan dari skala kecil hingga besar. Biasanya perusahaan kecil dan menengah kerap mengalami kesulitan dalam pembiayaan procurement secara digital. Mbizmarket memberikan solusi dengan membantu perusahaan yang ingin mendigitalisasi proses pengadaan barang dan jasanya sehingga menjadi transparan dan akuntabel tanpa dikenakan tarif atau biaya. Bagi perusahaan yang berlaku sebagai vendor penyedia barang dan jasa, Mbizmarket dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan serta meningkatkan produktivitas bisnisnya.
Mbizmarket dilengkapi dengan algoritma yang mampu menganalisis perilaku konsumen. Analisis tersebut akan memberikan informasi berkelanjutan tentang produk yang dibutuhkan pengguna. Dengan begitu, Mbizmarket bisa menganalisis produk seperti apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan atau pembeli. Selain itu, Mbizmarket juga menawarkan layanan konsultasi bisnis untuk perusahaan yang memerlukan pengadaan barang.
Fungsi Lengkap Mbizmarket
Pertama adalah fungsi direktori, perusahaan mendapat manfaat untuk memperluas jaringan bisnis. Mbizmarket membantu memperluas jangkauan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah. Mbizmarket menawarkan bantuan bagi UMKM yang ingin melakukan digitalisasi procurement. Mbizmarket juga memiliki akses dan jaringan yang luas sehingga mampu membuka channel penjualan ke perusahaan besar. Mbizmarket memberikan peluang bagi usaha kecil ataupun menengah untuk dapat melakukan ekspansi bisnis.
Kedua menghadirkan fungsi transaksional dimana Mbizmarket memberikan perbandingan harga langsung. Jika pembeli melihat satu produk, maka akan tampil perbandingan harga langsung dari beberapa penjual lain. Sehingga pembeli tidak perlu repot lagi mencari informasi dari penjual lain secara manual untuk membandingkan harga dengan benar. Mbizmarket juga menyediakan layanan untuk mengelola kontrak atau perjanjian ketentuan pembayaran antar kedua pihak yakni pembeli dan penjual. Mbizmarket juga menyediakan layanan negosiasi dimana negosiasi ini tak hanya sebatas harga, tetapi juga cara pembayaran, kontrak dan lain-lain. Bagi perusahaan yang awam pajak, Mbizmarket menyediakan panduan kepatuhan pajak dan fitur untuk menerbitkan faktur pajak bagi para penjual.
Ketiga fungsi total e-procurement, solusi yang mendigitalisasi seluruh proses pengadaan barang dan jasa. Fungsi ini dapat diandalkan perusahaan dari berbagai lapisan. Herdian Yoki Pradipta, selaku Chief Technology Officer (CTO) juga menyampaikan bahwa transaksi menggunakan Mbizmarket sangat transparan dan sepenuhnya dapat diaudit. Mbizmarket dilengkapi fitur e-procurement yang lengkap seperti Budget Control, Spending Report dan Analytics, Order dan Fullfilment Tracking, dan juga Digital Approval.
Mbizmarket Sebagai Solusi Total e-Procurement Bagi Bisnis
Dalam melakukan transaksi keuangan dalam pengadaan barang ataupun jasa tentu sangat dibutuhkan yang namanya keamanan dan transparansi dalam bertransaksi. Apalagi jika transaksi dana yang dilakukan adalah dana besar, keamanan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Mbizmarket tidak diragukan lagi dalam menerapkan sistem keamanan bertransaksi, karena Mbizmarket menyediakan fitur progress bar yang membuat segala transaksi aman.
Dokumentasi dan pelacakan transaksi juga sangat terstruktur, sehingga setiap tahap transaksi dapat dilacak dengan mudah dan jelas. Sedangkan untuk transparansi, melalui Mbizmarket pembeli dapat mengecek sendiri transaksi e-procurement yang dilakukan. Bahkan pembeli tidak membutuhkan waktu lama untuk melakukan dokumentasi. Dengan dokumentasi ini para vendor pun akan selalu siap diaudit kapan saja.
Sebagai pionir marketplace B2B, Mbizmarket mampu memfasilitasi berbagai keperluan perusahaan terkait barang dan jasa secara optimal dengan penerapan efisiensi. Terkadang perusahaan mengalami proses pengadaan yang terlalu rumit pada procurement yang meliputi perbandingan harga, tender dan pemutusan pemenang tender. Mbizmarket mengatasi masalah tersebut dengan proses digital sehingga proses berjalan lebih lancar dan efisien. Berbelanja di Mbizmarket juga menjadi lebih mudah dengan sistem yang terintegrasi.
Mbizmarket merupakan bentuk dari ekspansi strategis dalam bisnis dan skalabilitas. Skalabilitas untuk melayani lebih banyak tipe customer dengan segmen terbaru yaitu industri kecil dan menengah. Serta skalabilitas vendor atau penjual yang lebih bervariasi dengan jangkauan yang meluas dan harga kompetitif. Mbizmarket menjadi pilihan tepat untuk harga terbaik dan kompetitif dari ribuan penjual. Disamping itu Mbizmarket juga memudahkan pembeli untuk memesan produk secara langsung karena situs Mbizmarket telah mengadaptasi layanan marketplace. Mbizmarket adalah solusi terbaik untuk mengadakan barang secara online karena Mbizmarket memiliki pemahaman yang cukup tentang tantangan, kebutuhan dan ekspektasi penerapan e-procurement.
Mbizmarket menjadi sangat layak digunakan baik bagi pembeli ataupun para vendor karena akses yang mudah dan tidak rumit. Tidak diragukan lagi Mbizmarket merupakan solusi terbaik untuk marketplace dengan konsep B2B e-procurement. Mbizmarket menjadi solusi cerdas untuk pengadaan online perusahaan berbagai skala yang menghendaki transparansi, akuntabilitas, penghematan waktu dan biaya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H