Mohon tunggu...
Denalia Puspita Ayu
Denalia Puspita Ayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

TETAP SEMANGAT SAMPAI TAMAT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Anak, Budaya, dan Pembelajaran Perspektif Vygotsky

19 November 2024   00:41 Diperbarui: 19 November 2024   00:43 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mataram- Semua anak anak berkembang dengan keunikannya sendiri.Perkembangan yang anak alami dipengaruhi oleh pola asuh pendidikan,dan lingkungan tempat anak bertumbuh.Perkembangan anak anak harus sangat diperhatikan baik secara fisik maupun fsikologi anak.

Perkembangan pemerolehan juga penting bagi anak.Jadi orang tua harus memperhatikan perkembangan kognitif anak karena pasti hal tersebut penting untuk perkembangan pengetahuan dan pengalaman anak.

Vygotsky menerapkan atau menekankan pentingnya lingkungan sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif.lingkungan sosial dan budaya memberikan konteks untuk pembelajaran memengaruhi cara individu memahami dan menafsirkan dunia.konsep "alat budaya" vygotsky juga menerapkan fasilitas pembelajaran contohnya buku peralatan matematika dan teknologi.

Peran Bahasa: Bahasa adalah alat utama dalam membentuk pikiran dan kognisi. Melalui bahasa, anak belajar berinteraksi dengan orang lain, memahami konsep-konsep abstrak, dan mengkonstruksi pengetahuan.

Interaksi Sosial: Interaksi dengan orang dewasa dan teman sebaya sangat penting dalam mendorong perkembangan kognitif. Melalui interaksi ini, anak belajar keterampilan baru, nilai-nilai, dan cara berpikir

Budaya: Budaya memberikan kerangka kerja untuk berpikir dan bertindak. Alat, simbol, dan praktik budaya membentuk cara anak memahami dunia.

Pembelajaran Berbasis Masalah: Siswa diajak untuk memecahkan masalah nyata dengan bekerja sama dalam kelompok.

Tutor Sebaya: Siswa yang lebih mahir membantu siswa yang masih kesulitan dalam suatu materi.

Diskusi Kelas: Siswa berbagi ide dan pendapat mereka dalam diskusi kelas yang dipandu oleh guru.

peran sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif anak. Dengan memahami teori ini, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan membantu siswa mencapai potensi penuh mereka.

Pembelajaran anak tidak hanya sebatas kognitif, tetapi juga melibatkan aspek sosial dan budaya. Budaya, sebagai nilai, norma, dan cara hidup yang diwariskan dari generasi ke generasi, memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun