KKN UNEJ BTV III KELOMPOK 71
“INOVASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN ANAK MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI BUKU TAMBAHAN DAN MEDIA ONLINE”
Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village kali ini saya mengambil tematik “Program Literasi Masyarakat Masa Pandemi Covid-19”. Sedangkan topik yang saya ambil yaitu berjudul “Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Masa Pandemi Covid-19 Melalui Buku Tambahan dan Media Online”. KKN dilaksanakan mulai tanggal 11 Agustus 2021 – 10 September 2021. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kegiatan pembelajaran siswa-siswi yang aktif dan inovatif pada masa pandemi covid-19 ini. Sehingga pandemik bukan halangan bagi siswa-siswi untuk tetap aktif dalam pembelajaran daring.
Berdasarkan wawancara bersama orang tua atau wali siswa, permasalahan yang terjadi antara lain : kesulitan orang tua mamahami materi dari anak, keluhan terhadap banyaknya tugas dari sekolah, kurang materi pendukung yang dapat mendorong semangat belajar dan pemahaman siswa, kurangnya pemahaman mengenai teknologi atau media online sebagai media tambahan belajar, dan kurangnya waktu orang tua menerapkan pembelajaran yang efektif kepada anak. Sesuai permasalahan-permasalahan tersebut saya merencanakan 4 program kerja yang akan dilaksanakan pada minggu-2 dan minggu ke-3 KKN.
Program kerja yang saya rencanakan yaitu : sosialisasi hidup sehat dan langkah-langkah mencuci tangan dengan benar, bimbingan belajar dan literasi sekolah melalui buku pembelajaran, pengenalan teknologi informasi dan media online sebagai media pendukung pemebelajaran, dan pembuatan website literasi online berisi link youtube pemebelajaran. Berdasarkan program kerja tersebut diharapkan dapat mencapai beberapa hasil yaitu pertama anak dapat mengerti pentingnya menjaga kesehatan dan mengatahui langkah mencuci tangan yang benar khusunya selama masa pandemi covid-19.
Kedua melalui buku pembelajaran tambahan diluar buku sekolah dapat menambah materi dan pengetahuan serta meningkatkan kegiatan literasi (membaca) pada siswa-siswi. Ketiga melalui media online diharapkan siswa dapat menambah semangat belajar karena disertai animasi menarik dan menambah suasana baru dalam belajar sehingga tidak cepat merasa bosan. Selain itu, melalui aplikasi – aplikasi seperti Brainly, Quizziz, Solite Kids (Cerdas Cermat), 1st 2nd Math, Belajar Membaca dan Permainan Matematika siswa akan latihan mengerjakan soal-soal yang disertai pembahasan yang tentunya akan menambah sikap rasa ingin tahu dan belajar yang tinggi.
Keempat yaitu pembuatan website literasi melalui blogger.com yang berisi materi pembelajaran tematik untuk sekolah dasar melalui youtube. Website ini ditujukan kepada siswa atau orang tua murid yang dapat dijadikan pedoman pembelajaran agar siswa tetap mendapatkan materi selama pembelajaran daring. Website ini sudah dikelompokkan mulai materi kelas 1 sampai dengan kelas 6.
(Delfiarina Andriani/Ns. Eka Afdi Septyono, S.Kep, M.Kep/Sumberingin, Karangan, Trenggalek/71)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H