Mohon tunggu...
Sosbud

Perkembangan kognitif AUD (3-6 tahun)

25 November 2016   07:38 Diperbarui: 25 November 2016   07:53 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

DEFINISI PERKEMBANGAN KOGNITIF

perkembangan manusia dapat didefinisikan sebagai suatu yang merujuk pada perubahan-perubahan tertentu yang terjadi dalam sepanjang siklus kehidupan manusia sejak masa konsepsi, sampai mati tidak dapat berulang, tidak dapat diputar kembali.

TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF

  • Lev Vygotsky

Vygotsky (2012) Teori ini adalah teori yang sesuai dengan model pembelajaran kooperatif, yang terjadi interkasi social antara peserta didik dengan peserta didik dan peserta didik dan pendidik. Vygotsky yakin pembelajaran terjadi saat anak mengerjakan tugas-tugas “zone of proximal development”.

  • Teori belajar Gestalt berlaku untuk semua aspek pembelajaran manusia,

seperti yang diuraikan Akhmad Sudrajat (2012) sebagai berikut:

  • Pengalaman tilikan (insight)
  • Pembelajaran yang bermakna (meaningful learning)
  • Perilaku bertujuan (purposive behavior)
  • Prinsip ruang hidup (life space)
  • Transfer dalam Belajar
  • Jean Piaget

Jean Piaget, Pengalaman adalah factor penting yang mendasari proses berfikir anak. Pengalaman yang hanya melibatkan mata berbeda dengan pengalaman yang melibatkan seluruh indera dan akan lama juga otak akan menyimpan dan akan lebih lama dan membekas dalam hati.

Setiap individu mengalami perkembangan intelektual sebagai berikut pada tahun 2012:

  • Tingkat sensori motor (lahir sampai 2 tahun)
  • Tahap pra oporasional (2-7 tahun)
  • Tahap konkrit (7-11 tahun)
  • Tahap operasi formal (11 tahun ke atas)
  • Teori Jerome S Bruner
  • Tahap informasi (tahap penerimaan materi )
  • Tahap transformasi ( tahap pengubahan materi )
  • Tahap evaluasi

PROSES KOGNITIF PADA AUD:

Anak dilahirkan dengan kecenderungan beradaptasi dan berorganisasi. Komponen adaptasi ada dua

  • Asimilasi yaitu kecenderungan organisme untuk mengubah lingkungan guna menyesuaikan dengan dirinya
  • Akomodasi yaitu kecenderungan organisme untuk merubah dirinya sendiri untuk merubah dirinya sendiri guna menyesuaikan diri dengan kelilingnya.

HAL-HAL YANG PENTING DI PERKEMBANGAN KOGNITIF

(Sugihartono, dkk 2007) proses pembelajaran yang menekankan beberapa tujuan pembelajaran dan pendidikan.

  • Memiliki kemampuan berfikir dalam menyelesaikan masalah.
  • Berfikir konstruksi dalam belajar.
  • Kurikulum yang dirancang untuk menghasilkan siswa yang dapat aktif dalam proses pembelajaran.
  • Guru sebagai perancang proses pembelajaran anak.

PENERAPAN TEORI KOGNITIF PADA AUD:

siswa bukan sebagai orang dewasa yang mudah dalam proses pembelajaranya. Anak usia pra sekolah dan awal sekolah dasar belajar menggunakan benda-benda konkrit.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun