Mohon tunggu...
Ikwan Setiawan
Ikwan Setiawan Mohon Tunggu... Dosen - Kelahiran Lamongan, 26 Juni 1978. Saat ini aktif melakukan penelitian dan pendampingan seni budaya selain mengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember

Dosen dan Peneliti di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

Puisi-puisi dari Dusun (Beberapa Hari Menjelang Lebaran)

29 April 2022   23:05 Diperbarui: 30 April 2022   03:23 1342
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gapura di perbatasan Lamongan Gresik. Dokumentasi pribadi

Kalau kita sudah sampai di batas kota, dusun itu tak lama lagi akan tersenyum. Bersama sajak-sajak ikhlas melepaskan kata-kata, ia menyiapkan jamuan kecil untuk kita yang selalu menikmati rindu dan cinta dalam setiap perjalanan pulang. Di sanalah, ada dongeng dilipatgandakan orang-orang yang selalu ingin menemani cucu-cucu mereka, membelai dan menyuapi anak-anak mereka. 

Siang di batas kota, tak perlu kita titipkan bisikan kepada angin dari tambak-tambak membentangkan sejarah pengabdian manusia. Karena, tak lama lagi, dusun akan tersenyum dan memuaskan cerita perjalanan dari masa kini menembus masa lalu senantiasa terjaga, meskipun ribuan purnama bukanlah kebohongan.

Dusun Sambiroto, Lamongan, 28 April 2022

Jalan di tengah hutan jati sebelah selatan Dusun Randubolong, Lamongan. Dokumentasi pribadi
Jalan di tengah hutan jati sebelah selatan Dusun Randubolong, Lamongan. Dokumentasi pribadi

SENYAP DI TENGAH HUTAN JATI

Ini bukan tentang jalan makadam di kala hujan, ketika para pencari kayu bakar harus memperjuangkan sepiring nasi untuk keluarga mereka. Ini bukan tentang pidato di mimbar suci, ketika para pencuri kayu jati tak ingin anak-anak mereka tak bisa bersekolah. Ini bukan tentang kepasrahan mencekam sebuah nasib, tetapi impian yang dibawa berlari bersama hujan dan kulit-kulit jati mulai melapuk. 

Orang-orang di ujung dusun merawat sepenuh kasih, permintaan demi permintaan para penguasa, meskipun kurang adalah dongeng lama selalu saja diulang demi kebahagiaan secuil manusia katanya berderajat, terhormat dalam jejak-jejak kereta kencana yang ingin selalu dibawa ke dalam catatan masa kini. 

Namun, orang-orang di ujung dusun adalah senyap tak pernah diam dalam kekalahan demi kekalahan, karena permainan di garis tepi mengalirkan energi sang bumi yang selalu memeluk kesetiaan dan keberanian. 

Hutan jati selatan Dusun Randubolong, Lamongan, 29 April 2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun