Mohon tunggu...
Deffin AD
Deffin AD Mohon Tunggu... Programmer - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Programmer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Literasi terhadap Rasa Percaya Diri Peserta Didik Kelas 4 SDN 016 Cipto Pajajaran - KKN Tematik UPI 2021

1 Oktober 2021   14:40 Diperbarui: 1 Oktober 2021   14:42 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan literasi dapat dilakukan dimana saja, baik di kelas maupun di luar kelas. Pada dasarnya, kegiatan literasi bertujuan untuk memperoleh keterampilan informasi, yakni mengumpulkan, mengolah, dan mengomunikasikan informasi. Kecakapan menggali dan menemukan informasi menjadi keterampilan yang perlu dikuasai oleh para peserta didik. 

Keterampilan menemukan informasi ditunjukkan melalui kemampuan mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan, kemampuan mengakses dan menemukan infromasi, kemampuan mengevaluasi informasi dan menggunakan informasi secara efektif dan etis (American Library Association). 

Kenyataan yang sangat memprihatinkan saat ini adalah bahwa kurangnya minat peserta didik dalam membaca. Padahal, membaca merupakan sumber motivasi kuat bagi seseorang untuk menganalisa dan mengingat serta mengevaluasi bacaan yang telah dibacanya. 

Minat baca mempengaruhi bentuk serta intensitas seseorang dalam menentukan citacitanya kelak di masa yang akan datang, hal tersebut juga adalah bagian dari proses pengembangan diri yang harus senantiasa diasah sebab minat membaca tidak diperoleh sejak lahir. 

Selain rendahnya minat baca, permasalahan yang sering ditemukan pada peserta didik adalah rendahnya tingkat kepercayaan diri. Peserta didik seringkali khawatir dengan apa yang ingin mereka sampaikan sehingga tidak memiiki keberanian untuk berbicara/mengutarakan pendapatnya. Rendahnya tingkat kepercayaan diri ini diharapkan dapat diatasi dengan membudayakan kegiatan literasi.

Literasi adalah kemampuan berbahasa seseorang (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya (Sari & Pujiono, 2017). Sekarang ini, literasi memiliki arti yang luas sehingga bukan lagi bermakna tunggal melainkan mengandung beragam arti (multi literacies). 

Ada bermacam macam keberaksaraan atau literasi, misalnya literasi komputer (computer literacy), literasi media (media literacy), literasi teknologi (technology literacy), literasi ekonomi (economy literacy), literasi informasi (information literacy), bahkan ada literasi moral (moral literacy) (Permatasari, 2015).

Salah satu karakter yang penting ditanamkan kepada peserta didik adalah karakter percaya diri. Percaya diri diartikan sebagai sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya. 

Peserta didik sangat penting memiliki nilai karakter percaya diri karena tanpa percaya diri mereka akan sulit untuk mencapai prestasi belajar yang optimal. 

Hal ini karena dalam setiap tahapan proses pembelajaran, seringkali mereka harus beraktivitas yang membutuhkan percaya diri, seperti berbicara mengeluarkan pendapat, menjawab pertanyaan guru, tampil presentasi ke depan, mengerjakan soal atau tugas secara mandiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun