Mohon tunggu...
Dede Taufik
Dede Taufik Mohon Tunggu... Guru SD

Praktisi Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Catatan PGP: Eksplorasi Konsep Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

4 November 2023   21:54 Diperbarui: 4 November 2023   22:31 7318
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan bahagia! Pada kesempatan sebelumnya Pade sudah belajar di alur Mulai dari Diri. Untuk saat ini Pade melaju belajar ke alur Eksplorasi Konsep Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Berikut ini adalah catatan pembelajaran Eksplorasi Konsep Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Pembelajaran Sosial dan Emosional merupakan pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan juga orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan, maupun juga sikap positif berkenaan dengan aspek sosial dan emosional. Hal itu agar dapat:

  • Memahami, menghayati, dan  mengelola emosi  (kesadaran diri)
  • Menetapkan dan mencapai tujuan positif  (pengelolaan diri)
  • Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran sosial)
  • Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan berelasi)
  • Membuat keputusan yang bertanggung jawab. (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab)

Tugas 2b.1

1. Melibatkan murid dalam membuat keyakinan kelas atau peraturan sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman

- Kesadaran diri: murid  memberikan  nilai yang diyakininya berkaitan dengan lingkungan  kelas dan sekolah

- Kesadaran sosial: murid mempertimbangkan pendapat temannya.

- Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab: belajar membuat keputusan yang beralasan berdasarkan logika setelah menganalisis informasi

2. Memberikan kesempatan pada murid untuk  membaca buku  pilihannya dalam suasana yang  kondusif

- Kesadaran diri: murid menghubungkan perasaan dan pikirannya terhadap isi buku bacaannya

- Manajemen Diri: murid mengelola emosi dirinya untu menuntaskan buka bacaan yang dipilihnya

- Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: belajar berfikir kritis terhadap isi buku bacaan yang dipilihnya

3. Memberikan kesempatan pada murid untuk  merefleksikan proses pembelajaran yang sudah diikuti (Misalnya; apa yang disukai/mudah/menantang/ingin dipelajari lebih lanjut sebelum melanjutkan pembelajaran berikutnya)

- Kesadaran diri: murid mengetahui tantangan yang dihadapi saat belajar, dan mencari solusi atas tantangan tersebut 

- Pengambilan keputusan yang bertanggung jawab: murid merefleksikan peran guru di dalam proses pembelajaran

4. Mengadakan dialog interaktif tentang bagaimana membangun tanggung jawab/etika dalam penggunaan media sosial

- Kesadaran diri: murid  memberikan  nilai yang diyakininya berkaitan dengan etika dalam penggunaan media sosial

- Manajemen Diri: murid mengendalikan diri untuk menggunakan media sosial secara positif

- Kesadaran sosial: murid menaati norma sosial dalam penggunaan media sosial

- Keterampilan Berelasi: murid melakukan hubungan yang positif dengan temannya di media sosial

5. Memberikan fleksibilitas pada murid untuk mengerjakan tugas yang pilihannya terlebih dahulu

- Kesadaran diri: murid mengembangkan minatnya dengan mengerjakan tugas sesuai pilihannya terlebih dahulu

- Manajemen Diri: murid berani untuk mengambil inisiatif dalam mengerjakan tugas sesuai dengan pilihannya terlebih dahulu

- Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab: murid Berlatih membuat keputusan beralasan/masuk akal, dalam mengerjakan tugas yang telah dipilih

6. Memberikan kesempatan pada murid untuk mengelola sebuah kegiatan (literasi, seni dan olahraga, dll.)

- Kesadaran diri: murid dapat mengembangkan minat dan bakatnya misalnya dalam literasi, seni, dan atau olahraga

- Manajemen Diri: murid merangcang tujuan pribadi sesuai dengan minatnya

- Keterampilan Berelasi: murid dapat berkolaborasi dengan temannya yang minatnya sama

Refleksi D.1a. Kesadaran diri

Sebelumnya saya berpikir bahwa nilai murid dapat melebihi KKM yang utama, ternyata sosial emosional murid juga harus diperhatikan. Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah: Dalam kegiatan awal melakukan praktik kesadaran penuh dengan teknik mendengarkan musik.

Refleksi D.1b. Manajemen diri

Sebelumnya saya berpikir bahwa manajemen diri dalam pembelajaran sosial emosional itu rumit, ternyata ketika melihat contoh RPP ini bisa dilakukan secara sederhana namun bermakna.
Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah: Bermain peran

Refleksi D.1c. Kesadaran Sosial

Sebelumnya saya berpikir bahwa sulit untuk mengintegrasikan kesadaran sosial di dalam RPP, ternyata dengan melihat RPP ini, nampaknya tidak begitu sulit untuk mengintegrasikannya.
Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah: melakukan latihan gerak sadar (mindful movement) sederhana, contoh: perenggangan otot leher, bahu, paha, lutut, pinggang, dan seluruh tubuh.

Refleksi D.1d. Keterampilan Berelasi

Sebelumnya saya berpikir bahwa keterampilan berelasi tidak bisa dibuat dalam RPP, ternyata dengan melihat RPP ini ada pemahaman yang baru terkait dengan keterampilan berelasi dalam RPP.
Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah: mainkan lagu-lagu yang bernuansa instrumental menenangkan dan berikan waktu yang cukup bagi murid untuk membaca.

Refleksi D.1e. Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Sebelumnya saya berpikir bahwa tidak ada cara khusus yang digunakan dalam pengambilan keputusan yang bertanggung jawab, ternyata ada salah satu strategi yaitu POOCH.
Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah: Strategi POOCH

Refleksi D.2

Sebelumnya saya berpikir bahwa mengintegrasikan 5 KSE dalam RPP itu sangat sulit, ternyata setelah melihat RPP ini, ada gambaran bagaimana ke-5 KSE itu bisa terintegrasi dalam RPP.

Ide pembelajaran baru atau menarik akan saya terapkan dalam adalah: Membuat RPP yang mengintegrasikan dengan 5 KSE.

Tugas D3.1 Apa refleksi Anda setelah menonton video  tersebut:

Sebelumnya saya berpikir bahwa menyadari emosi dapat tumbuh sendirinya, ternyata kompetensi kesadaran ini perlu dilatih dan juga ditumbuhkan.

Ide pembelajaran baru atau menarik  akan saya terapkan di kelas saya adalah: Teknik STOP
Yang ingin saya perdalam lebih lanjut adalah: Teknik STOP (Stop, Take a breath/ ambil napas, Observe, Proceed.

Refleksi D.4a

Berdasarkan penjelasan tentang langkah-langkah penguatan KSE  bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah:

1. Tentukan satu rencana yang akan Anda terapkan untuk penguatan KSE diri Anda. Berikan alasan Anda memilih langkah tersebut!

Rencana yang akan diterapkan untuk penguatan KSE adalah dengan mempelajari modul KSE dengan baik dan kolaborasi. Alasannya adalah di dalam modul 2.2 sudah dijabarkan dengan lengkap disertai contohnya. Sementara kolaboratif dengan berdiskusi dan sharing tentang pemahaman KSE.

Refleksi D.4b

Berdasarkan penjelasan tentang langkah-langkah penguatan KSE  bagi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah:

2. Manakah langkah penguatan kompetensi yang penting bagi rekan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah Anda saat ini? Berikan alasan Anda memilih langkah tersebut!

Langkah penguatan kompetensi yang penting adalah kolaborasi. Dengan adanya kolaborasi, misalnya saling berbagi praktik baik yang sudah dilakukan dan juga saling mendukung akan mempermudah dalam penguatan kompetensi.

Demikian catatan pembelajaran Pade di alur Eksplorasi Konsep Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Catatan ini sebagai pengingat diri dan juga mempermudah pencarian jika suatu saat membutuhkannya kembali.

Salam dan bahagia!

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun